Logo Jagobahasa

Home » blog

Contoh Cerita dalam Bahasa Inggris untuk Belajar Vocabulary

Ayo Temukan Vocabulary Baru dengan Membaca Cerita

Kosa kata atau Vocabulary dalam Bahasa Inggris menjadi salah satu elemen penting ketika belajar bahasa Inggris sehingga setiap orang harus menguasainya. Semakin usia bertambah, semakin berkembang pula penguasaan vocabulary. Banyak cara untuk memperkaya vocabulary, salah satunya dengan membaca cerita.

Berikut ini cerita yang dapat membantu penguasaan vocabulary kamu!

Goldilocks and the Three Bears

Dalam bahasa Inggris, cerita Goldilocks and the Three Bears merupakan salah satu pilihan populer.  Goldilocks adalah karakter utama dalam cerita tersebut.  Dia pergi ke sebuah rumah milik keluarga beruang.

Masalah muncul ketika Goldilocks tidak dapat menemukan bubur, kursi, dan kasur yang sesuai dengan seleranya. Pesan moral dari cerita tersebut adalah pentingnya memperhatikan privasi dan barang-barang milik orang lain serta bagaimana tindakan kamu agar tidak menyakiti orang lain.

Apa yang dilakukan oleh Goldilocks dengan masuk ke rumah orang lain dan menggunakan barang-barang mereka bukanlah tindakan yang baik.  Dia tidak memahami betapa tindakan tersebut dapat menyakiti pemilik rumah. Seharusnya Goldilocks menunggu pemilik rumah jika benar-benar ingin masuk ke dalam rumah tersebut.

Ketika Goldilocks masuk ke rumah beruang, dan menyantap makanan serta menggunakan furniturnya adalah tindakan egois.  Faktanya, dia mencoba semua barang di dalam rumah tersebut, termasuk tiga mangkuk bubur, tiga kursi, dan tiga kasur. Pada akhir cerita Goldilocks and the Three Bears mengilustrasikan pentingnya menghargai privasi dan barang-barang orang lain.

Berikut adalah cerita tentang Goldilocks and the Three Bears yang telah JagoBahasa rangkum.

Ayo Temukan Vocabulary Baru dengan Membaca CeritaBerikut adalah beberapa vocabulary baru dari membaca cerita Goldilocks and the Three Bears:

  1. Porridge = Bubur
  2. Hungry = Lapar
  3. Hot = Panas
  4. Cold = Dingin
  5. Big = Besar
  6. Small = Kecil
  7. Hard = Keras
  8. Soft = Lunak, Lembut, Empuk
  9. Rude = Tidak sopan, Kasar

Ungkapan:

  • Knock on the door= Mengetuk pintu
  • Just right = Pas
  • Break into pieces = Hancur berkeping-keping
  • Lay down= Berbaring
  • Wake up = Bangun

Little Red Riding Hood

Setiap anak tahu cerita tentang seorang gadis kecil mengenakan jubah merah yang menyusuri hutan untuk berkunjung ke rumah neneknya.  Cerita anak klasik tersebut berasal dari Eropa pada abad ke-20, dan dipublikasikan pertama kali di Prancis oleh the Brothers Grimm, sebagai versi terbaiknya.

Saat mendengarkan cerita Little Red Riding Hood, maka anak-anak akan mengalami momen seperti rasa ingin tahu, rasa terkejut, rasa takut, atau bahkan rasa gembira.  Karakter-karakter dan berbagai kejadian tersebut dapat diinterpretasikan sebagai metafora dalam situasi kehidupan nyata. Ada beberapa moral value atau pesan moral dari cerita Little Red Riding Hood.

Apa aja sih?

1. Jangan percaya orang asing

Tokoh asing diperankan oleh Big Bad Wolf, seekor serigala yang jahat yang sudah mempunyai niat buruk, tetapi menunjukkan sikap baik hati karena ingin berteman dengan Little Red Riding Hood.  Jadi, jangan percaya orang asing walaupun sudah menampakkan sisi baiknya.

2. Jangan mengungkapkan informasi pribadi kepada orang lain

Serigala yang jahat tersebut bertanya kepada gadis kecil berjubah merah terkait kemana ia akan pergi, dan apa yang akan ia lakukan.  Informasi tersebut membuat Serigala akhirnya bisa mengatur siasat untuk berkunjung dan sampai lebih dulu di rumah neneknya.

3. Jangan membantah perintah orang tua

Gadis kecil tersebut mempunyai seorang ibu yang memintanya agar tidak berbicara kepada orang asing.  Namun, si gadis kecil justru tidak mendengarkan nasehat tersebut dan membuat kondisinya serta kondisi neneknya dalam bahaya.  Jadi, anak-anak dapat belajar bahwa ketika mereka tidak mendengarkan nasehat orang tua, maka dapat menyebabkan mereka dalam kesulitan.

4. Penampilan bisa saja menipu

Keempat, cerita ini juga mendidik anak-anak bahwa walaupun ada sosok yang tampak ramah, sangat membantu, pada akhirnya merupakan sosok yang berniat buruk, seperti halnya seekor Serigala yang memangsa nenek si kecil dalam cerita Little Red Riding Hood.

Dalam cerita, disebutkan jika, agar serigala dapat memangsa gadis berjubah kecil, maka ia memangsa neneknya terlebih dahulu. Lalu, menyamar menjadi sang nenek.

5. Peduli kepada orang yang lebih tua

Dalam cerita, gadis kecil berjubah merah tinggal bersama kedua orang tuanya dan terpisah dari rumah neneknya.  Sehingga, berkunjung dan membawakan beberapa keranjang makanan kepada sang nenek merupakan tindakan mulia yang dapat mengajarkan anak-anak tentang rasa peduli.

Berikut JagoBahasa telah merangkum cerita tentang Little Red Riding Hood:

Ayo Temukan Vocabulary Baru dengan Membaca Cerita

Berikut adalah kosakata atau vocabulary yang mungkin baru kamu temukan dari teks Little Red Riding Hood:

  1. Visit = Mengunjungi
  2. Loud = Keras
  3. Scream = Menjerit/ Jeritan
  4. Shout = Teriak
  5. Where are you going? = Kamu mau pergi kemana?
  6. Reach the House = Sampai Rumah

Tidak hanya melalui melalui cerita, kamu bisa mengembangkan penguasaan vocabulary bareng Jago Bahasa. Yuk gabung sekarang di Jago Bahasa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo