Logo Jagobahasa

Home » blog

Adverb of Manner: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya

Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, peran adverb of manner sulit buat diabaikan. Kamu memerlukan pemahaman seputar adverb of manner agar bisa menyampaikan informasi mengenai suatu tindakan yang dilakukan secara tepat.

Pengertian Adverb of Manner

Adverb of manner merupakan kata keterangan atau biasa disebut dengan adverb yang menginformasikan tentang cara atau bagaimana suatu tindakan maupun peristiwa dilakukan. Fungsi utamanya adalah menjawab pertanyaan “bagaimana?” dalam konteks kalimat.

Pentingnya adverb of manner terletak pada kemampuannya dalam memberikan gambaran secara detail mengenai konteks peristiwa atau tindakan. Ini membantu pembaca atau pendengar lebih memahami maksud yang diutarakan karena tidak mengandalkan keterangan tentang apa yang terjadi, tapi juga bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Pada sebuah struktur kalimat, penggunaan adverb of manner biasanya terletak setelah kata kerja yang mendeskripsikan suatu tindakan yang dimaksud. Misalnya dengan menggunakan kata, seperti “hati-hati”, “dengan cepat”, atau “dengan  tergesa-gesa”.

Memiliki pemahaman yang baik tentang adverb of manner membantu kamu menyampaikan informasi dengan lebih akurat sekaligus memperkaya kosa kata saat berkomunikasi. Kemampuanmu dalam memilih paduan kata yang tepat akan terus terasah buat menggambarkan suatu tindakan dilakukan.

Mempelajari adverb of manner dan menerapkannya dalam penggunaan komunikasi setiap harinya membantu kamu jadi lebih kreatif. Kemampuanmu dalam menyampaikan informasi secara tepat juga didukung oleh penggunaan rumus yang disesuaikan dengan konteks kalimat yang dimaksud. 

Rumus dari Adverb of Manner

Kamu perlu mempelajari dengan benar bagaimana penggunaan rumus adverb of manner agar pemahamanmu mengenai konsep kata keterangan bisa diterapkan dalam komunikasi setiap harinya. Berikut penggunaan rumus adverb of manner yang perlu kamu pelajari:

1. Kata Keterangan Cara + Verb (Kata Kerja)

Dalam rumus ini adverb of manner diletakkan langsung sebelum kata kerja dan memberikan informasi mengenai sebuah cara atau tindakan yang dilakukan. Misalnya, he sings beautifully, kata “beautifully” merupakan bagaimana sebuah tindakan tersebut dilakukan.

2. Kata Keterangan Cara + Verb (Kata Kerja) + Objek

Dalam rumus ini adverb of manner juga bisa ditempatkan setelah objek dalam kalimat buat membantu kamu memberikan informasi lebih detail mengenai cara suatu tindakan dilakukan. Misalnya, he sing the song beautifully, kata “beautifully” merincikan bagaimana sebuah lagu tersebut dilakukan.

Cara Penggunaan Adverb of Manner

Selain mempelajari rumus mengenai urutan yang tepat penggunaan adverb of manner, kamu juga perlu memahami cara penggunaannya sesuai konteks. Hal ini membantumu menghindari kesalahan persepsi saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasan mengenai cara penggunaan adverb of manner sesuai konteks yang tepat:

1. Adverb of Manner di Awal Kalimat

Penggunaan kata keterangan di awal kalimat merupakan sebuah cara menekankan atau menyoroti bagaimana sebuah tindakan dilakukan. Ini membantu memberikan fokus pada suatu tindakan yang dimaksud agar tidak terdistraksi dengan ungkapan lain saat berkomunikasi.

Pembicara atau penulis bisa menekankan suatu tindakan dan membuat kalimat menjadi lebih hidup dengan mendefinisikan nada atau suasana sehingga apa yang diungkapkan menjadi lebih variatif.

Teknik ini bisa kamu gunakan buat memberikan kejelasan sekaligus ekspresi yang lebih dalam menginformasikan suatu tindakan. Namun, tetap perlu diperhatikan penggunaannya agar tidak mengganggu tatanan kalimat yang ingin disampaikan.

2. Adverb of Manner di Tengah Kalimat

Penggunaan adverb of manner di tengah kalimat membantu memberikan informasi tambahan mengenai cara suatu tindakan dengan menambahkan detail pada kalimat. Ini juga memberikan penekanan atau fokus pada tindakan yang dimaksud.

Penggunaannya di tengah kalimat bisa mengurangi kesan monoton dan informasi yang disampaikan jadi lebih ekspresif dan menarik dengan menambahkan nuansa dan warna khas pada kalimat.

3. Adverb of Manner di Akhir Kalimat

Adverb of manner yang berada di akhir kalimat juga memiliki fungsi yang sama, yaitu menekankan cara suatu tindakan. Meski penggunaan jenis ini jarang ditemui, tapi memiliki efek khusus dalam menarik perhatian pada aspek tindakan yang dimaksud.

Kamu bisa meletakkan adverb of manner di akhir kalimat buat mengarahkan perhatian pembaca maupun pendengar ke bagian akhir kalimat. Sehingga membantu mereka lebih memperhatikan informasi penting bagian mana yang berniat disampaikan.

Melalui rumus dan cara penggunaan adverb of manner yang tepat kamu bisa menerapkan langsung saat berkomunikasi. Ini sangat membantumu menyampaikan informasi dengan lebih detail melalui gambaran langsung dari tindakan yang dimaksudkan dalam konteks.

Contoh Kalimat Adverb of Manner

Buat membantu kamu lebih mudah memahami seperti apa penggunaan adverb of manner yang tepat sesuai dengan konteks yang ingin disampaikan dalam informasi, berikut beberapa contoh yang bisa kamu pahami:

1. Adverb of Manner di Awal Kalimat

  • Quickly, she finished her homework (dengan cepat, dia menyelesaikan pekerjaan rumahnya).
  • Loudly, the music played in the background (dengan keras, musik diputar di latar belakang).
  • Gracefully, the ballerina danced across the stage (dengan anggun, penari balet menari di atas panggung).
  • Happily, they celebrated their anniversary (dengan gembira, mereka merayakan ulang tahun pernikahan mereka).
  • Suddenly, the cat jumped off the table (dengan tiba-tiba, kucing melompat dari meja)
  • Beautifully, the flowers bloomed in the garden (dengan indah, bunga-bunga mekar di taman).
  • Clearly, she explained the instructions to the students (dengan jelas, dia menjelaskan petunjuk kepada para siswa).
  • Warmly, she greeted her long-lost friend (dengan hangat, dia menyambut temannya yang sudah lama tidak bertemu).
  • Confidently, he presented his research findings (dengan percaya diri, dia menyajikan temuan penelitiannya).
  • Admiringly, she looked at the breathtaking view from the mountaintop (dengan kagum, dia melihat pemandangan yang memukau dari puncak gunung).

2. Adverb of Manner di Tengah Kalimat

  • She sings beautifully in the choir (dia menyanyi dengan indah di paduan suara).
  • The athlete ran swiftly across the finish line (atlet itu berlari dengan cepat melewati garis finish).
  • The students worked diligently on their assignments (para siswa bekerja dengan tekun pada tugas mereka).
  • The children played happily in the park (anak-anak bermain dengan gembira di taman).
  • The flowers in the garden bloomed vividly in the sunlight (bunga-bunga di taman mekar dengan tajam di bawah sinar matahari).
  • The team worked cooperatively to achieve their goals (tim bekerja dengan kerjasama untuk mencapai tujuan mereka).
  • He apologized sincerely for the misunderstanding (dia meminta maaf dengan tulus atas kesalahpahaman).
  • The student answered the question correctly without hesitation (siswa itu menjawab pertanyaan dengan benar tanpa ragu-ragu).
  • The train arrived punctually at the scheduled time (kereta api tiba tepat waktu sesuai jadwal).
  • The rain fell softly on the roof of the house (hujan turun dengan lembut di atap rumah).

3. Adverb of Manner di Akhir Kalimat

  • He speaks softly (dia berbicara dengan lembut).
  • The car moved slowly (mobil itu bergerak dengan lambat).
  • She writes neatly (dia menulis dengan rapi).
  • They laughed loudly (mereka tertawa dengan keras).
  • The chef cooked the dish perfectly (koki itu memasak hidangan dengan sempurna).
  • She answered the question confidently (dia menjawab pertanyaan dengan percaya diri).
  • They spoke fluently in English (mereka berbicara lancar dalam bahasa Inggris).
  • She smiled warmly (dia tersenyum dengan hangat).
  • The flowers smelled fragrantly (bunga-bunga itu berbau harum).
  • The sun rose beautifully (matahari terbit dengan indah).

Mempelajari adverb of manner membantu kejelasan informasi tersampaikan secara detail. Kamu bisa mempraktikkannya saat berkomunikasi melalui rumus dan cara penggunaan yang tepat. Buat membantu eksplorasi skill-mu dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan skill secara on the track bersama Jagobahasa.

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo