Logo Jagobahasa

Ini Perbedaan Possessive Adjective dan Possessive Pronoun

possessive pronoun

Dalam bahasa Inggris, terdapat dua konsep yang berkaitan dengan kepemilikan atau kepunyaan, yaitu Possessive Adjective dan Possessive Pronoun. Meskipun keduanya seringkali membingungkan, pemahaman tentang perbedaan di antara keduanya sangat penting dalam menguasai tata bahasa. Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai Possessive Adjective dan Possessive Pronoun beserta contoh penggunaannya. 

Pengertian Possessive Adjective

Possessive Adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau kepunyaan atas suatu benda oleh seseorang. 

Dalam susunan grammar, possessive adjective selalu mendahului atau berada di depan kata benda (noun) yang dinyatakan kepemilikannya. Possessive adjective ini di antaranya adalah: my, your, his, her, their, our, dan its. 

Pengertian Possessive Pronoun

Possessive Pronoun, di sisi lain, adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan benda yang dimiliki oleh seseorang. Possessive Pronoun menggantikan Possessive Adjective beserta kata benda yang dinyatakan kepemilikannya.

Personal pronoun ini merupakan bentuk kedua dari bentuk possessive dalam menyatakan kepemilikan. Misalnya saja seperti kalimat “Your outfit today so colorful, but Mine is darker” Kata mine disini bisa menggantikan “my outfit” dan disebut sebagai possessive pronoun. 

Perbedaan Possessive Adjective dengan Possessive Pronoun

Pada semua possessive adjective dapat digunakan bersama singular maupun plural noun. Ketika noun yang berperan sebagai subjek kalimat berupa singular, maka diikuti verb berbentuk singular, dan juga berlaku sebaliknya.

Namun jika pada pronoun berfungsi menggantikan noun yang dapat berupa singular (mine, yours, hers, his, its) atau plural (ours, yours, theirs). Jika pronoun yang berperan sebagai subjek kalimat berupa singular, maka verb yang mengikuti berbentuk singular, begitupun sebaliknya.

Sederhananya Possessive Adjective digunakan sebelum kata benda untuk menunjukkan siapa yang memiliki benda tersebut. Sedangkan Possessive Pronoun menggantikan kata benda yang dimiliki tanpa perlu disertai dengan kata benda tersebut.

Contoh Kalimat Possessive Adjective dan Artinya

Untuk memudahkan pemahamanmu terkait possessive adjective, simak beberapa contoh kalimat di bawah ini!

  • The dog’s bed is comfortable. (Tempat tidur anjing itu nyaman)
  • Our house is located near the park. (Rumah kami terletak dekat dengan taman)
  • Your painting is beautifull (Lukisanmu sangat cantik)
  • His name is Andrew (Namanya dia adalah Andrew)
  • Their house is located near those river (Rumah mereka berada di dekat sungai itu)

Contoh Kalimat Possessive Pronoun dan Artinya

Untuk memudahkan pemahamanmu terkait possessive adjective dan possessive pronoun, simak beberapa contoh kalimat di bawah ini!

  • The blue car is mine. (Mobil biru itu adalah milik saya)
  • The backpack is yours. (Ransel itu adalah milikmu)
  • Our water is as clean as theirs (Air kita sama bersihnya dengan milik mereka)
  • This book is not mine but hers (Buku ini bukan punyaku tetapi miliknya)
  • That thing is yours now (Benda itu milikmu sekarang)

Bagaimana, sekarang sudah paham terkait possessive adjective dan possessive pronoun? Dengan memahami perbedaan antara Possessive Adjective dan Possessive Pronoun, Kamu akan lebih percaya diri dalam menggunakan tata bahasa bahasa Inggris. Pastikan untuk berlatih dan memahami konteks penggunaannya agar kemampuan berbahasa Anda semakin baik.

Belajar bahasa Inggris, apalagi grammar butuh waktu. Untungnya, belajar grammar tak lagi sulit di Jago Bahasa dengan tutor yang asyik. Kamu juga bakal belajar dan praktik langsung sehingga proses belajar akan jadi lebih aplikatif.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan