Logo Jagobahasa

Pendapat Tentang Belajar Online Bahasa Inggris

Pendapat tentang belajar online dalam bahasa Inggris

Berkat adanya perkembangan teknologi, belajar apa saja jadi semakin mudah termasuk mempelajari bahasa Inggris. Meskipun saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, tidak menjadi halangan belajar karena dapat dilakukan secara online (daring).

Berdasarkan beberapa pendapat tentang belajar online secara umum, ditemukan beberapa manfaat dan keuntungannya:

  • Belajar daring lebih praktis dan fleksibel dengan waktu. Tidak membutuhkan biaya transportasi.
  • Ada beragam pilihan program, materi dan sertifikasi, bahkan yang tidak diajarkan di sekolah konvensional.
  • Mudah diakses, tidak perlu harus datang ke lokasi belajar.
  • Memberi kemudahan bagi orang yang terbatas kemampuan fisiknya, misal penyandang disabilitas.
  • Dapat menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan setiap orang.
  • Tidak membatasi usia, mulai anak-anak hingga dewasa bisa mengikuti.
  • Para pekerja tetap dapat mengikuti kursus online di luar waktu kerja.
  • Lebih hemat daripada pendidikan atau pembelajaran secara tatap muka.

Kendala Belajar Online Bahasa Inggris

Di era globalisasi seperti sekarang ini, mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang cukup penting. Apalagi belajar bahasa Inggris pun dapat dilakukan secara online. Dibalik manfaatnya, ternyata belajar online memiliki beberapa kendala, di antaranya:

  • Kurang konsentrasi

Tidak seperti saat sedang belajar secara tatap muka di kelas, kamu mungkin akan merasa lebih sulit berkonsentrasi ketika belajar online. Penyebabnya bisa dari berbagai hal seperti gadget, rasa bosan atau karena ada interaksi lain dengan orang di rumah.

  • Tidak ada partner untuk praktek

Bahasa Inggris kurang lengkap rasanya jika tidak disertai dengan praktek langsung dengan seorang teman atau partner untuk melatih kemampuan speaking (berbicara). Jika belajar secara online tentunya hal ini tidak bisa dilakukan.

  • Akses internet yang terbatas

Salah satu pendapat tentang belajar online, yaitu secara umum kendala yang ditemui adalah karena akses internet yang terbatas. Ini tentu berlaku tak hanya untuk pembelajaran bahasa Inggris saja melainkan juga semua materi. Tidak semua daerah di Indonesia memiliki jaringan internet yang bagus dan lancar terutama di wilayah-wilayah pelosok.

  • Keterbatasan fasilitas untuk mengakses internet

Selain jaringan internet yang kurang baik, keterbatasan fasilitas gawai untuk mengakses materi pembelajaran secara online juga tentu merupakan kendala umum lainnya. Tidak memungkiri bahwa tidak semua orang mempunyai fasilitas yang mumpuni untuk belajar secara online. Selain itu, belajar online juga membutuhkan kuota internet yang cukup besar.

  • Sulit berinteraksi dengan mentor atau guru

Pendapat tentang belajar online lainnya ialah kurangnya interaksi antara guru atau mentor dengan para siswa. Berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka, kamu tentu akan sulit berinteraksi dengan guru atau mentor selama pembelajaran bahasa Inggris. Interaksi secara langsung tentu membuat kamu lebih cepat paham karena dapat melihat gestur dan mendengar penjelasan mentor secara gamblang.

Kekurangan Belajar Online Bahasa Inggris

Selain kendala yang mungkin kamu akan hadapi saat memutuskan untuk belajar bahasa Inggris secara online, adapun risiko lain yang dapat menjadi pertimbangan. Berikut beberapa kekurangan belajar online bahasa Inggris:

  • Harus ada komitmen yang kuat untuk belajar

Dikarenakan kursus online merupakan jenis pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning), maka kamu juga harus memiliki komitmen dan kemauan belajar yang kuat. Jika kamu adalah orang yang sering bermalas-malasan atau sering menunda waktu belajar, maka tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.

  • Bimbingan pendidik / mentor tidak 100% maksimal

Sama seperti pendapat tentang belajar online lainnya, belajar bahasa Inggris secara online tidak akan mudah karena bimbingan dari mentor atau guru tidak bisa 100% sama maksimalnya dengan belajar secara tatap muka.

  • Kurang cocok dengan kepribadian ekstrovert

Bagi orang yang ekstrovert atau orang yang gemar berinteraksi sosial dengan orang lain tentu akan lebih semangat belajar tatap muka dan bertemu banyak orang. Akan beda rasanya jika mereka harus belajar secara online, tentu akan cenderung lebih cepat bosan dan kehilangan minat.

Kelebihan Belajar Online Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris secara online memang memiliki kendala dan kekurangan. Namun jangan khawatir, meskipun pembelajarannya online tetap saja memiliki manfaat dan kelebihan. Apa aja sih?

  • Cocok diterapkan saat ada wabah penyakit (pandemi)

Meski sedang pandemi, belajar itu tetap merupakan hal yang wajib. Bahkan ketika kamu sedang menjalani isolasi mandiri, tidaklah menjadi suatu halangan untuk tetap melatih kemampuan bahasa Inggris. Ini tentu sangat menguntungkan karena kamu tidak akan kehilangan waktu belajar meski harus berada di dalam rumah berhari-hari.

  • Ada beragam platform pendukung belajar

Memang dari pendapat tentang belajar online kendala umum yang sering dihadapi adalah kurangnya interaksi antara mentor atau guru dengan siswa, tetapi saat ini sudah tersedia berbagai platform yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran.

Sebut saja Zoom, Google Meeting, dan Microsoft Team—aplikasi-aplikasi ini membantu kamu untuk tetap berinteraksi melalui fitur video face to face yang disediakan. Hal ini tentu membuat belajar online sama menyenangkannya dengan belajar offline atau tatap muka.

  • Cocok untuk para introvert

Orang-orang dengan kepribadian introvert atau orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah tentu akan sangat terbantu dengan adanya program belajar bahasa Inggris secara online. Dengan tidak harus bertemu dengan orang lain, mereka juga bisa lebih leluasa belajar tanpa takut merasa terdistraksi oleh orang lain.

  • Lebih efisien waktu

Bagi para pekerja atau mahasiswa dengan jadwal kuliah yang padat tentu akan cukup repot jika harus pergi ke lokasi kursus apalagi jika jaraknya cukup jauh sementara jadwal kelas sudah mepet. Dengan belajar online bahasa Inggris tentu hal ini dapat dihindari.

Waktu belajar jadi semakin efisien karena kamu bisa melakukannya di mana saja—entah itu di kantor setelah jam kerja berakhir, di kampus, di rumah bahkan di tempat umum seperti kafe atau taman, tidak harus berada di kelas. Pendapat tentang belajar online itu ribet dan tidak efisien tentu tidaklah benar.

  • Lebih nyaman dan santai

Karena tidak perlu tergesa-gesa untuk segera ke lokasi kursus, kamu tentu akan lebih santai jika jadwal kelas tiba. Hanya tinggal menyiapkan laptop saja atau pergi ke warung internet (warnet) ketika sedang tidak membawa laptop. Jika sedang di rumah, tentu kamu akan merasa lebih nyaman dan santai karena suasananya mendukung.

Nah itu dia tadi beragam pendapat tentang belajar online bahasa Inggris maupun materi lainnya. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, perlu digarisbawahi bahwa pendidikan itu sangat penting. Belajar juga tidak dibatasi usia maupun status, jadi tetap semangat menimba ilmu.

Jika belum menemukan tempat kursus belajar online bahasa Inggris, kamu bisa mencobanya di Jagobahasa. Kursus satu ini memiliki banyak pilihan program yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi, yuk gabung sekarang juga di Jagobahasa dan dapatkan manfaatnya!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan