Logo Jagobahasa

Home » blog

Berlatih Membuat Teks Prosedur Bahasa Inggris dan Contohnya

Ayo berlatih membuat procedure text

Pernahkah Anda mengikuti tutorial? Misalnya, cara mudah belajar tata bahasa Inggris. Soal yang berkaitan dengan langkah persiapan adalah contoh membuat procedure text dalam bahasa inggris.

Hal ini tentunya juga cukup berbeda dari teks sejenis misalnya desktiptif. Teks deskriptif bertujuan untuk menjelaskan sesuatu secara khusus dengan cukup detail, sedangkan procedure text ini lebih pada memaparkan langkah dan prosesnya.

Apa Itu Procedure Text?

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa procedure text adalah teks yang berisi petunjuk atau langkah untuk melakukan sesuatu. Teks ini dirancang untuk mengilustrasikan bagaimana melakukan sesuatu melalui langkah-langkah berurutan.

Judul teks prosedur sangat mudah dikenali. Biasanya dimulai dengan kata “Bagaimana …”. Misalnya, “Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat”, “Cara berkomunikasi dalam bahasa Inggris” dan banyak lainnya.

Setiap jenis teks pasti memiliki fungsinya masing-masing. Sesuai dengan konsepnya, tujuan utama dari teks ini adalah untuk menjelaskan langkah demi langkah bagaimana sesuatu dapat dilakukan atau dicapai.

Teks prosedur ini memudahkan untuk memahami dan membaca instruksi tentang cara melakukan langkah-langkah dalam urutan yang benar. Itu sebabnya struktur teks prosedur juga sangat rinci dan jelas menunjukkan tujuan atau tugas utama dari teks ini.

Ciri-Ciri Procedure Text Yang Perlu Diketahui!

Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks prosedur yang perlu Anda ketahui. Adapun beberapa ciri di bawah ini akan membantu Anda mengidentifikasi perbedaan antara teks prosedur dan jenis teks lainnya.

  • Penggunaan simple present, teks prosedur harus ditulis dengan simple present tense. Hal ini karena teks prosedur berisi kalimat-kalimat petunjuk cara melakukan atau melakukan sesuatu.
  • Penggunaan kalimat imperatif, contohnya: tambahkan dua sendok, masak dengan api kecil, campur bumbu, dan lain sebagainya. Apa itu imperatif atau keharusan dalam teks proses?

Kalimat imperatif selalu diawali dengan kata kerja 1 dari kata kerja tindakan atau kata kerja dengan tindakan fisik, jadi kita tidak perlu menggunakan subjek di awal kalimat. Contoh: Tambahkan 3 bawang bombay dan aduk rata.

  • Penggunaan konjungsi, contoh: selanjutnya, kemudian, kapan. Dalam teks prosedur, konjungsi digunakan untuk menghubungkan langkah sehingga daftar instruksi menjadi konsisten dan mudah dipahami.
  • Menggunakan kata keterangan (adverbs) untuk menjelaskan tahapan transport. Contoh: dengan benar, hati-hati, perlahan, 2 menit, dan lainnya.

Kata keterangan digunakan untuk memberikan informasi tentang waktu. Dalam procedural text digunakan dua jenis adverbs atau kata keterangan, yaitu:

  • Adverbs of time atau kata keterangan waktu, yang menunjukkan berapa lama kita harus melakukan sesuatu. Contoh: Dalam 10 menit, 1 jam.

  • Keterangan cara atau deskripsi tentang bagaimana sesuatu dilakukan. Contoh: perlahan, baik, mantap.

Jenis-Jenis Procedure Text Yang Perlu Diketahui!

Setelah mengidentifikasi ciri-cirinya, Anda juga harus membiasakan diri dengan jenis-jenis teks prosedur. Secara umum, ada tiga jenis teks prosedur yang mungkin Anda kenali, berikut adalah penjelasannya.

  • Teks prosedural yang menjelaskan cara mengoperasikan/menggunakan sesuatu. Misalnya menggunakan kamera, penanak nasi.
  • Teks prosedur yang memberikan instruksi untuk melakukan operasi tertentu. Misalnya cara bermain gitar, cara membuat brownies, cara menyalakan speaker, cara membuka kemasan kaleng dan lain sebagainya.
  • Teks prosedur yang berkaitan dengan nasihat hidup. Misalnya, bagaimana berhasil dalam hidup, bagaimana membahagiakan diri sendiri.

Struktur Procedure Text

Anda mungkin tidak sering membaca jenis teks ini. Tapi tahukah Anda struktur apa yang membuat teks prosedural? Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan hati-hati memeriksa struktur teks prosedur berikut.

  • Aim/Purpose : berisi maksud dan tujuan dari procedural text yang bersangkutan. Biasanya tujuan ini ada pada judul yang mengungkapkan tujuan teks. Contoh: Membuat kopi Dalgona
  • Bahan: Berisi bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan langkah-langkah dalam teks proses. Selain bahan verbal, Anda juga bisa menggunakan bahan verbal.

Penulisan ingredients/material berguna untuk menjelaskan bahan atau alat apa saja yang digunakan  dalam teks proses. Contoh: Bahan Dalgona Coffee adalah kopi dan gula. Anda juga membutuhkan sendok dan air panas.

  • Langkah : daftar langkah berurutan untuk menyelesaikan langkah teks dalam suatu proses. Biasanya angka atau kata digunakan untuk mewakili langkah (misalnya pertama, kedua, terakhir, dan lainnya).

Bagian ini berisi  langkah-langkah  yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari teks prosedur. Contoh pernyataannya adalah seperti saat akan menyatakan perintah seperti, cuci tomat terlebih dahulu.

  • Hasil: hasil ini berupa salah satu bagian dari proses atau langkah-langkah yang dilakukan saat menyatakan sebuah procedure text. Hal ini karena strukturnya akan semakin lengkap dan jelas serta bisa dipresentasikan dengan baik.

3 Contoh Procedure Text

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan procedure text secara rinci, langkah berikutnya Anda tentu perlu mengetahui contoh dari penggunaan text ini. Adapun 3 contoh procedure text yang praktis dan bisa Anda coba antara lain adalah:

Making a Korean sandwich

A sandwich is a food made from bread with various variations or fillings. This time we make a Korean-style sandwich with a special filling. Prepare the ingredients and follow the steps below.

Ingredients: bread, smoked meat, egg, salad, cheddar, honey and margarine serta tomato sauce.

Preparation:

  • First put margarine in heated Teflon. Then bake the bread with Teflon.
  • After that, it’s time to fry the omelet with Teflon. When the egg is almost cooked, cover with the bacon and bread.
  • Then put the omelette, bacon, cheese, lettuce, honey and sauce on the bread. Cover the sandwich by filling with bread. Now you can enjoy your Korean sandwiches.

Using the Printer

Ingredients is printer, some papers and notebook.

Steps:

  • First, connect the power cord to the printer and turn it on.
  • Second, go to your laptop and find “printer setting”.
  • Third, click “Add printer” and follow the on-screen instructions.
  • Fourth, it is ready to use.

Connecting a Wireless Mouse

  • First, connect the mouse receiver to the USB port of the computer. The mouse driver will then be automatically installed to detect the wireless mouse. (Pertama, tancapkan receiver mouse ke port USB computer).
  • Second, make sure the mouse has batteries or is charged. To do this, turn the mouse over and remove the battery. (Kedua, pastikan mouse memiliki batrei atau sudah dicharge sebelumnya. Nyalakan the mouse dan lepas cover baterainya).
  • Third, turn on the mouse then usually the on/off switch is on the back of the mouse. (Ketiga, pastikan mouse sudah menyala yang biasanya terdapat tombol on/off yang perlu menyala untuk bisa menggunakannya).
  • Finally, the wireless mouse is ready for use. (Terakhir, mouse anti kabel tersebut sudah siap untuk digunakan dengan baik).

Sekian ulasan terkait cara membuat procedure text yang perlu Anda ketahui dengan baik. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk lebih mengenal procedure text tersebut untuk bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Ada kabar gembira nih buat kalian yang mau belajar bahasa Inggris. Kini kamu bisa belajar secara komprehensif cukup dari rumah. 

Buat kalian pelajar SD-SMP, di JagoBahasa ada program English for Kids

Kamu bisa dapatkan materi-materi bahasa Inggris di sekolah plus ilmu baru buat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. 

Tunggu apa lagi? Cek promo terbarunya dan daftar sekarang!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo