Logo Jagobahasa

Dependent Clause: Pengertian, Macam, Contoh

Dalam bahasa Inggris, terdapat berbagai elemen tata bahasa yang membentuk struktur kalimat yang lebih kompleks. Salah satunya adalah dependent clause atau klausa subordinatif. 

Dalam struktur kalimat bahasa Inggris terdapat istilah independent clause dan juga dependent clause. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, hal ini memiliki hubungan dengan klausa, yang merupakan gabungan dari dua kata atau lebih. Syarat terbentuknya sebuah clause adalah adanya subject (subjek) dan verb (kata kerja).

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu dependent clause, jenis, dan contohnya dalam bahasa Inggris. 

Pengertian Dependent Clause

Sebelum memahami dependent clause, penting untuk memahami perbedaan antara dependent clause dan independent clause. Independent clause dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utuh, sementara dependent clause tidak bisa dan memerlukan independent clause untuk memiliki makna. 

Dependent clause adalah sekelompok kata yang terdapat subject dan verb, tetapi tidak dapat mengungkapkan suatu makna atau kalimat yang utuh. Penggunaan dependent clause harus dibersamai dengan independent clause, agar menjadi suatu kalimat yang utuh (complex sentence), serta memiliki arti dan dapat dimengerti. 

Ciri-ciri Dependent Clause

Dalam Dependent Clause, terdapat ciri-ciri yang bisa kamu kenali, di antaranya:

  • Menggunakan conjunction atau kata penghubung, seperti: but, and, or, so, for, atau yet
  • Mempunyai dependent marker word, seperti: because, however, after, before, in order to, when, whole, although, since, wherever, though, even if, whenever, even though, dll

Macam-macam Dependent Clause

Terdapat beberapa macam-macam Dependent Clause, berikut ini di antaranya: 

1. Adjective Clause

Jenis Adjective clause berfungsi sebagai adjective (kata sifat) dan menjelaskan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang berada pada main clause (klausa utama) dalam suatu kalimat utuh (complex sentence). Noun atau pronoun yang dimaksud tersebut dapat merupakan subject, object, atau subject complement. 

Contoh: The girl who is reading the magazine is my sister. (Perempuan yang sedang membaca majalah itu adalah saudariku). Adjective clause di sini menjelaskan subjek “the girl” atau kata benda (noun) yaitu who is reading the magazine. 

2. Adverbial Clause

Adverbial clause berfungsi sebagai adverb (kata keterangan) yang memberikan informasi atau keterangan tentang verb, adjective, atau adverb lain pada suatu kalimat yang utuh. 

Contoh: We have to set it, before gets dark, here the lighter. (Kita harus menyalakannya sebelum hari menjadi gelap, ini korek apinya). Dalam kalimat ini, adverbial clause menerangkan verb “set it”.

3. Noun Clause

Jenis Noun clause berfungsi sebagai noun (kata benda) baik sebagai subjek maupun objek dalam suatu kalimat. 

Contoh: She went out to buy some snacks. Dalam kalimat ini noun clause merupakan “snacks”, sebagai direct object dari verb “when out”.

Contoh Dependent Clause

Agar lebih mudah dalam memahami penjelasan terkait Dependent Clause ini, alangkah lebih baik simak beberapa contohnya dalam bahasa Inggris berikut ini: 

  1. What did she said, when I went to Australia? (Apa yang dia katakan, saat saya pergi ke Australia?)
  2. The book that I read is a best seller from Gramedia. (Buku yang aku baca itu adalah yang terlaris dari Gramedia.)
  3. I will talk to him, after he finish his work. (Aku akan berbicara dengannya, setelah dia menyelesaikan pekerjaannya.)
  4. This is the guy, i talked to you yesterday. (Ini orangnya, yang aku bicarakan denganmu kemarin.)
  5. My mother was going to the beach, when i went shopping yesterday. (Ibuku pergi ke pantai, saat aku sedang pergi berbelanja kemarin.)
  6. He didn’t like my dress, he said it’s too baggy for me. (Dia tidak suka gaunku, dia bilang ini terlalu longgar untukku.)
  7. Rima is my friend, who is the smartest in my class. (Rima adalah temanku yang paling pintar di kelasku.)

Itu tadi merupakan penjelasan lengkap terkait Dependent Clause. Dependent clause adalah elemen penting dalam tata bahasa bahasa Inggris yang membantu kita membangun kalimat, serta memungkinkan kita untuk menggabungkan ide-ide yang lebih kompleks dan berarti. Ini membantu kita menghindari kalimat yang terlalu singkat dan monoton.

Dengan memahami jenis-jenis dependent clause dan cara penggunaannya, kita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris dengan lebih baik. 

Jangan lupa untuk pelajari beberapa struktur kalimat dalam bahasa Inggris lainnya bareng Jago Speaking by JagoBahasa, siap tingkatkan kemampuan speaking bahasa Inggris kalian jadi lebih PRO. Daftar sekarang yuk, lagi ada PROMO NIH!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan