Logo Jagobahasa

Personal Letter: Penjelasan, Struktur dan Contohnya!

Dalam era digital yang serba canggih, manusia kerap sekali mengirimkan Personal Letter kepada siapapun sebagai lawan bicara yang dikehendakinya. Personal letter, pada saat ini lebih banyak dikirimkan melalui e-mail, atau media komunikasi digital lainnya, namun tidak sedikit pula yang masih menggunakan pos untuk mengirimkan surat tersebut. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, struktur, dan beberapa contoh personal letter (surat pribadi) dalam bahasa Inggris. Simak yuk!

Pengertian Personal Letter

Surat pribadi atau Personal letter adalah pesan atau bentuk komunikasi tertulis antara dua individu atau lebih yang memiliki hubungan pribadi. Mengirimkan personal letter menjadi cara untuk berbagi perasaan, pikiran, atau informasi secara lebih mendalam daripada komunikasi sehari-hari.

Meskipun teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi, personal letter masih memiliki penggemar. Hal ini karena personal letter dapat memberikan sentuhan personal dan mendalam yang sulit dicapai oleh pesan singkat atau email.

Personal letter berfungsi untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu yang bersifat pribadi (private), kepada lawan bicara yang kita anggap memiliki hubungan yang dekat. Surat ini dapat dikirimkan dalam berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, pernikahan, atau hanya sebagai ungkapan perhatian dan dukungan.

Tujuan Personal Letter

Tujuan Personal Letter secara umum adalah untuk memperkuat hubungan (relationship) antara si pengirim dan penerima pesan. Hal ini dikarenakan, personal letter memungkinkan kamu untuk mengungkapkan sesuatu secara intim dan mendalam melalui surat tersebut. Berikut beberapa tujuan dari personal letter:

1. Memberi Informasi

Melalui personal letter, kita bisa membahas hal-hal informal, dengan maksud memberi tahu atau menginformasikan terhadap suatu hal kepada orang yang kamu tuju. Misalnya informasi kabar terbaru, atau kamu akan pergi ke suatu tempat, dan lain sebagainya.

2. Menjaga Hubungan

Menulis Personal Letter memungkinkan kita untuk terus menjalin hubungan dengan orang tertentu, seperti kerabat, teman, atau kekasih. Surat ini secara sederhana dapat menyampaikan pesan dan saling berkabar.

3. Memberi Ajakan/Bujukan

Selain tujuan-tujuan di atas, kamu juga bisa membuat personal letter untuk membujuk atau mengajak orang lain akan sesuatu hal. Misalnya kamu sedang ada di sebuah kota dan berencana mengajak salah satu temanmu untuk berlibur bersama.

Struktur Personal Letter

Agar kamu mudah dalam menulis personal letter, berikut merupakan struktur personal letter yang dapat kamu jadikan sebagai panduan: 

1. Address & Date (Alamat dan Tanggal)

Surat tidak dapat memberikan informasinya dengan lengkap, jika tidak menautkan informasi alamat dan tanggal penulisan surat. Ini bertujuan agar pengirim pos dapat menyampaikan surat kamu dengan tepat, serta penerima mengetahui kapan surat tersebut dibuat. 

Untuk peletakannya alamat dan tanggal surat, kamu bisa menempatkan pada pojok kiri atau kanan atas dari surat tersebut. 

2. Salutation (Salam Pembuka)

Pada personal letter gunakan salam pembuka dengan kata yang lebih akrab, dekat, hangat atau dan menggambarkan pribadimu, serta biasa kamu gunakan.

Menuliskan salam pembuka ini bertujuan agar penerima nyaman menerima surat darimu, serta membuka pembicaraan dengan lebih santai dan intim. Misalnya dengan menambahkan “Hello”, “Hi”, “Hai Dear“, dan lain sebagainya.  

3. Introduction (Pembuka)

Gunakan kalimat atau ungkapan pembuka pada personal letter yang kamu tulis. Dalam hal ini kamu dapat menuliskan apapun yang kamu mau, misalnya menanyakan kabar, memberikan informasi, atau memberikan awalan dari inti pembicaraanmu nantinya.

4. Body (Isi Surat)

Saatnya menuliskan isi atau inti pembicaraan pada bagian body personal letter. Kamu bisa menyampaikannya dengan sesuka hati, namun yang terpenting adalah tetap buat kalimatmu mudah dipahami, sehingga tidak timbul kesalahpahaman dalam mengartikan pesan yang kamu sampaikan.

Dalam penulisan isi surat ini juga tidak ada batasan format, kamu dapat menyesuaikan dengan kemauan dan kebutuhan kamu dalam menyampaikan pesan.

5. Conclusion (Kesimpulan/Penutup)

Jangan lupa untuk menambahkan penutup surat berupa kesimpulan informasi tambahan lainnya mengenai surat yang kamu tuliskan. 

Bagian ini bertujuan untuk menambahkan pesan apapun sebagai penegas atau informasi tambahan untuk penerima sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Signature (Tanda Tangan)

Agar penerima mengetahui bahwa surat ini secara pribadi dituliskan olehmu, maka kamu bisa menambahkan tanda tangan pada bagian paling bawah atau paling akhir dari surat tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan salam penutup dan nama kamu sebagai pengirim. 

 

Contoh Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Contoh Personal Letter 1

 

18 January, 2023

Abadi Street, No.12, Jakarta Utara.

 

Dear Gerhart,

I hope this letter finds you in good health and high spirits. It has been quite some time since we last met, and I wanted to take this opportunity to catch up and share some news.

Firstly, I wanted to let you know that I recently started a new job at Tokopedia. The role is challenging, but I’m excited about the opportunities it offers for growth and learning. The team is great, and I’m already learning a lot from my colleagues.

On a personal note, my family and I went on a vacation to Ancol last month. It was a much-needed break, and we had an amazing time exploring new places and trying different cuisines. I’ve attached some photos from the trip that I thought you might enjoy.

I also wanted to hear about what’s new in your life. How have you been? Have you taken any exciting trips or started any new projects? Please share the details; I’m eager to know.

In closing, I hope we can plan a meet-up soon to catch up properly. Your friendship has always meant a lot to me, and I value the memories we’ve created over the years.

Take care, and looking forward to hearing from you.

 

Sincerely,

[Signature]

Edward

 

Contoh Personal Letter 2

 

[11 February, 2018]

[Mulrorejo Street No.15, Surabaya.]

 

Dear Fyna,

I hope this letter finds you well. It’s been a while since we last spoke, and I wanted to catch up.

Firstly, I wanted to congratulate you on your recent promotion. I was thrilled to hear the news and wanted to express my heartfelt joy for your success.

I also wanted to share that I recently took a trip to Balekambang Beach. The scenery was breathtaking, and I thought of you and how much you would have enjoyed it.

On a personal note, my family is doing well. My youngest started kindergarten, and the house suddenly feels much quieter!

Please let me know how you’ve been and any exciting updates in your life. I’m looking forward to hearing from you.

Take care and talk soon.

 

Sincerely,

[Peggy]

 

Personal Letter atau surat pribadi adalah cara yang istimewa untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat dalam hidup kita. Meskipun dunia telah berubah dengan teknologi, keintiman dan kehangatan surat pribadi masih disukai oleh penggemarnya. So, jangan ragu untuk mengekspresikan perasaanmu melalui kata-kata dalam surat pribadi.

Kamu juga bisa belajar bareng tutor profesional dan teman-teman lainnya dengan belajar bareng secara online di Jagobahasa. 

Kapan lagi bisa belajar kapanpun dan di manapun kamu mau?

Daftar Jagobahasa sekarang juga yuk, ada banyak promo dan program menarik spesial untukmu!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan