Logo Jagobahasa

Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Untuk Anak SD Kelas 3

Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan Untuk Anak SD Kelas 3

Memberikan kesempatan untuk belajar bahasa Inggris pada anak merupakan waktu terbaik, terutama ketika berada di jenjang SD kelas 3. Sebab, belajar bahasa Inggris akan semakin mudah jika sudah terbiasa sejak dini.

Namun, perlu diingat bahwa para orang tua harus konsisten dalam mengajarkan bahasa ini. Mengapa bahasa Inggris harus diajarkan sedini mungkin?

  1. Alasan pertama adalah karena pada saat ini anak masih dalam usia emas yang mana otak mengalami flexibility yang berarti waktu tersebut manusia lebih mudah menjajaki kehidupan baru. Maka tak heran pada masa ini sering juga disebut sebagai masa kritis.
  2. Alasan kedua adalah untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Mengenalkan bahasa Inggris pada anak sejak dini akan membuatnya familiar sehingga lama-lama menjadi terbiasa. Saat sudah terbiasa, anak akan mudah belajar bahasa Inggris ke level berikutnya yang jauh lebih tinggi.

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris

Agar anak tidak mudah bosan saat belajar bahasa Inggris, tentu saja metode pembelajarannya harus bisa membuat anak-anak merasa senang. Seperti kita tahu anak-anak mudah sekali merasa bosan dan jika hal ini sampai terjadi maka proses belajar akan dianggap sebagai beban.

Saat ia merasa bahwa belajar bahasa Inggris merupakan sebuah beban, maka tidak menutup kemungkinan materi-materi yang diajarkan hanya akan berlalu begitu saja tanpa diserap oleh otak. Berikut ini adalah beberapa metode mengajarkan bahasa Inggris untuk anak SD kelas 3.

1. Belajar Menggunakan Lagu

Belajar kosa kata baru dalam bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan yaitu dengan menggunakan lagu.  Ada banyak sekali lagu-lagu bahasa Inggris yang bisa dibawakan dengan cara interaktif seperti disertai gerakan atau tari-tarian.

Dengan sering menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris, maka anak akan terbiasa melatih pelafalan kosakata dalam bahasa Inggris disamping menghafal arti-artinya dalam bahasa Indonesia. Selain menyanyikan langsung, kamu juga bisa memutar lagu-lagu tersebut di televisi atau smartphone agar anak bisa sekaligus belajar membaca kata-kata dalam bahasa Inggris.

2. Menonton Film Atau Video Animasi Berbahasa Inggris

Selain menggunakan lagu, menonton film dan video animasi anak berbahasa Inggris juga sangat efektif untuk dijadikan sarana untuk belajar bahasa Inggris secara menyenangkan.  Melalui film, anak-anak bisa melatih aksen dan juga pelafalan kata yang benar.

Di internet ada banyak sekali video dan film animasi dengan visual yang keren dan cocok untuk dipilih sebagai sarana belajar.  Setelah selesai menonton, anak-anak bisa diajak untuk melafalkan beberapa kata dalam percakapan yang ada di film sekaligus mengartikannya dalam bahasa Indonesia.

3. Buku Cerita Bahasa Inggris

Kebanyakan anak akan sangat suka sekali jika dibacakan cerita. Untuk memperkaya kosakata, kamu bisa membacakan cerita anak dalam bahasa Inggris supaya kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan dan bahkan anak tidak akan merasa bahwa dirinya sedang belajar melainkan sedang bermain.

Jangan lupa pilih buku cerita dengan ilustrasi yang menarik sehingga anak-anak tertarik untuk membacanya juga.  Saat ini sudah banyak tersedia buku cerita anak dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan membaca anak.

4. Memanfaatkan Gadget untuk Belajar

Biasanya anak-anak menggunakan gadget untuk menonton video-video Youtube atau bermain gameSebenarnya gadget bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Arahkan anak untuk mengakses video, game edukatif, film, maupun e-book dalam bahasa Inggris supaya secara tidak langsung anak belajar bahasa Inggris melalui instruksi-instruksi atau percakapan. Dengan begitu anak akan tetap merasa senang dan terhibur saat sedang melakukannya.

5. Menggunakan Bahasa Inggris untuk Percakapan

Belajar bahasa Inggris akan menjadi lebih cepat jika bahasa tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Saat orang tua terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, maka anak-anak juga akan mengikutinya.

Keterbatasan orang tua untuk menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian sebenarnya bukan menjadi hambatan karena bisa menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dipahami seperti time to go bed atau let’s read a book.

Biaya Program English For Kids

Biaya program English for Kids sangatlah bervariasi tergantung dari kelas yang diambil. Biasanya kelas tersedia dalam dua pilihan yaitu private atau regularPerbedaan dari kedua layanan tersebut terletak pada fasilitas yang disediakan.

Misalnya untuk kelas reguler dengan biaya lebih murah kamu bisa belajar bahasa Inggris sebanyak lima kali dalam seminggu dengan durasi waktu 60 menit dan berisi 9 orang peserta. Sedangkan untuk kelas privat dengan biaya jauh sedikit lebih mahal anak bisa mendapat fasilitas berupa kursus sebanyak 5 kali selama 60 menit dalam seminggu secara privat (sendiri) sehingga perhatian bisa sepenuhnya untuk satu orang anak.

Itulah cara belajar bahasa Inggris secara menyenangkan untuk anak kelas 3 SD. Selain cara di atas, masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih keterampilan bahasa Inggris anak seperti pergi ke lingkungan yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Inggris atau mengikuti kursus bahasa Inggris melalui platform online, seperti di Jagobahasa. 

Tunggu apalagi Bunda, yuk gabung sekarang juga di program English for Kids Jagobahasa!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan