Logo Jagobahasa

Tips Belajar Bahasa Inggris Biar Jago Sejak SD

Penting gak sih Belajar Bahasa Inggris Sejak SD

Bahasa Inggris sudah diajarkan di Indonesia, bahkan dimulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD).  Walaupun mata pelajaran tersebut sudah ada selama puluhan tahun di Indonesia, tetapi hasil pembelajaran dan pengajarannya masih belum tampak memuaskan sebagaimana disampaikan berdasarkan hasil penelitian.

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Penting Sejak Usia Dini?

Padahal, ada beberapa alasan mengapa belajar bahasa Inggris sangat penting sejak usia dini, yaitu:

  1. Menurut laporan British Council yang berkolaborasi dengan University of Aston pada tahun 2011, menyebutkan jika terdapat 144 negara mempunyai sistem pendidikan yang memasukkan mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Artinya, tanpa belajar bahasa Inggris, anak-anak di Indonesia tidak akan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang sama, seperti anak-anak dari 144 negara tersebut sehingga akan menjadi bangsa yang tertinggal.
  2. Saat ini, jumlah pelajar yang kuliah di luar negeri terus meningkat jumlahnya dan tren tersebut akan terus meningkat selama beberapa dekade ke depan. Di Eropa, ada lebih dari 4.000 pelajar muda dan mereka merupakan para pelajar yang berasal dari negara di luar EU dan data tersebut merupakan data per tahun. Apalagi, Eropa punya program yang sangat berhasil terkait pertukaran pelajar, yaitu Erasmus Student Exchange Program.
  3. Belajar menggunakan bahasa kedua atau ketiga ketika masih muda dapat meningkatkan kemampuan intelektual seorang anak. Menurut hasil studi belakangan ini, kemampuan berbahasa asing akan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kapasitas ingatan sehingga dapat memicu IQ anak lebih tinggi.
  4. Apakah kamu pernah melihat lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan akhir-akhir ini? Sangat jarang kalau bahasa Inggris tidak dijadikan sebagai salah satu syarat utama. Jadi, dapat disimpulkan jika pekerjaan yang ditawarkan di media sosial profesional sekalipun pasti membutuhkan keterampilan bahasa Inggris.

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak

Ada banyak cara belajar bahasa Inggris untuk anak-anak, seperti melalui musik, film, ataupun internet.  Pengetahuan pasif yang diperoleh anak-anak akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara alami tanpa usaha apapun.

Berikut adalah bagaimana metode pembelajaran yang sesuai untuk anak-anak SD saat belajar bahasa Inggris:

1. Percakapan

Anak-anak bisa belajar berbagai percakapan sederhana yang juga mengandung nilai penting dalam bermasyarakat.  Contohnya, anak-anak bisa belajar bagaimana memberikan sapaan, memperkenalkan diri, bertemu orang baru, atau mengungkapkan suatu ekspresi.

2. Bermain Peran

Tidak sedikit anak yang suka bermain sambil berbicara sendiri.  Mereka berceloteh dengan memanfaatkan daya imajinasi.  Contohnya, saat mereka sedang bermain menjadi dokter dan memeriksa boneka-bonekanya yang dijadikan sebagai pasien.  

Kegiatan seperti ini bisa diajarkan kepada anak-anak, dengan menggunakan percakapan dalam bahasa Inggris.  Sehingga, mereka terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehari-hari.

3. Bercerita

Anak-anak juga dapat belajar bahasa Inggris sambil bercerita.  Ada banyak cerita menarik, seperti menanyakan kepada anak apa pengalaman mereka hari ini atau membaca dongeng klasik bersama sebelum tidur.

4. Bernyanyi

Metode paling menyenangkan untuk anak belajar bahasa Inggris adalah dengan bernyanyi. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai lagu anak atau disebut nursery rhymes.

Biaya Program

Semua metode belajar di atas ditawarkan oleh JagoBahasaPara orang tua tidak perlu khawatir dengan berapa besar biaya untuk mengambil program tersebut.

Program English Whizz Kids

Jago Bahasa menyediakan program untuk anak dengan pilihan dua kelas, yaitu kelas reguler dan kelas privateUntuk program reguler, biaya yang ditawarkan mulai dari Rp149.000 dan untuk kelas private, yaitu mulai dari Rp1.490.000.

Program English for Kids

Program ditawarkan dengan biaya mulai dari Rp299.000 pada kelas reguler dan Rp895.000 untuk kelas private. Perbedaannya dari program English Whizz Kid adalah umur, untuk mengikuti program English for Kids dimulai dari umur 6 tahun hingga 14 tahun. 

Fasilitas Yang Didapatkan

Selain belajar intensif pada hari Senin – Jumat, semua program, baik English Whizz Kids atau English for Kids dengan kelas private atau reguler menawarkan pembelajaran dengan durasi yang sama per pertemuan, yaitu 60 menit. Fasilitas lainnya adalah peserta akan mendapatkan gratis lebih dari 50 video pembelajaran dengan akses selamanya, didukung silabus, modul pembelajaran, dan guru yang berpengalaman serta sudah punya sertifikat.

Untuk kelas private punya fasilitas lebih. Peserta akan mendapatkan akses bisa pilih teacher dan belajar secara eksklusif, 1 kelas untuk 1 orang saja. Walaupun demikian, pada kelas reguler, peserta juga tetap bisa belajar secara nyaman karena didukung dengan konsep kelas kecil.

Saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa official bagi 53 negara dan digunakan sebagai first language bagi lebih dari 400 juta orang.  Namun, jumlah pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa kedua lebih banyak dan terus meningkat jumlahnya. Untuk itu, para orang tua, sudah saatnya belajar bahasa Inggris bagi anak-anak sejak SD.

Dunia kini menjadi tempat tinggal global, di mana siapa saja bisa berhubungan dengan orang lain di tempat berbeda.  Komunikasi jadi lebih efektif dan bahasa Inggris merupakan bahasa yang memerankan peran penting sebagai bahasa universal.

Yuk, tunggu apa lagi? Agar belajar bahasa Inggris semakin efektif dan menyenangkan, segera daftarkan anak Anda di program Jagobahasa  English Whizz Kids.

Jangan tunda anak untuk bisa belajar dan mahir bahasa Inggris, ya Bund!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan