Logo Jagobahasa

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Surat Lamaran Kerja di Tempat Kursus Bahasa Inggris

Di era globalisasi, banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris. Tidak jarang surat lamaran kerja bahasa Inggris makin marak digunakan. Kebutuhan perusahaan terhadap karyawan dengan keahlian bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan  juga semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Kecakapan dalam bahasa Inggris biasanya akan di tes ketika seseorang melamar pekerjaan. Contohnya dengan melampirkan sertifikat kecakapan bahasa Inggris berupa skor TOEFL atau IELTS

Tidak hanya itu, biasanya CV dan surat lamaran pekerjaan juga harus dibuat dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasan mengenai penulisan surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Tips Menulis Surat Lamaran Dalam Bahasa Inggris Yang Baik & Benar

Untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tentu terdapat beberapa kiat yang harus diperhatikan agar tampilan lebih menarik. Tidak hanya itu, surat lamaran yang ditulis dengan baik maka akan membuat pihak perusahaan merasa tertarik dan terkesan sehingga bersedia membuka kesempatan untuk bekerja sama.

Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Lakukan Riset Terhadap Perusahaan Yang Dituju

Sebelum melamar pekerjaan, lebih baik lakukan riset secara mendalam terkait perusahaan yang dituju. Hal ini karena dalam kaidah penulisan surat lamaran berbahasa Inggris, penulisan nama perusahaan harus ditulis dengan benar.  Riset yang mendalam berguna untuk mencari penyebutan nama perekrut secara spesifik.

Jadi, lamaran kerja akan memberikan kesan yang lebih baik jika dibandingkan dengan surat lamaran yang hanya mengikuti template yang umum dibuat.

2. Ketahui Tujuan Dari Penulisan Surat Lamaran Kerja

Pada setiap lamaran kerja, perkenalan diri bukanlah suatu hal yang menjadi kewajiban. Hal ini karena perekrut dari perusahaan bisa melihat identitas diri melalui resume maupun subjek email yang dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Di paragraf awal, Anda bisa langsung mengutarakan tujuan dari penulisan surat lamaran kerja tersebut. Jelaskan bagaimana Anda tertarik dan memiliki minat pada posisi yang ditawarkan serta alasan memilih untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

3. Gunakan Bahasa Inggris Formal

Tentu sudah menjadi hal yang mutlak terutama dalam pembuatan surat lamaran kerja untuk menulisnya dengan  bahasa formal. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang profesional di mata perusahaan.

Namun meskipun demikian, tentu Anda tidak ingin apabila bahasa yang digunakan terlalu kaku dan terkesan seperti robot sehingga memberikan kesan kurang ramah.  Oleh karena itulah, lebih baik gunakan kata-kata yang lebih ekspresif dalam bahasa Inggris. Di mana penggunaan bahasa tersebut mampu menggambarkan atau mengekspresikan diri Anda yang sebenarnya tanpa melanggar aturan tata bahasa yang ada.

4. Gunakan Bahasa Yang Singkat, Runtut, Dan Memiliki Alur Logika Yang Jelas

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah menggunakan bahasa yang singkat, runtut, dan memiliki alur logika yang jelas. Seperti yang diketahui, dalam membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, lazimnya tidak lebih dari satu halaman.

Ini tentu bertujuan agar pesan bisa tersampaikan dengan baik pada perusahaan yang dilamar. Surat lamaran biasanya hanya terdiri dari sekitar 250 kata atau setengah halaman saja.  Perekrut harus melihat berbagai surat lamaran yang diajukan oleh pelamar lain, sehingga akan lebih baik apabila surat lamaran dibuat sesingkat dan sepadat mungkin.

5. Buat Kalimat Penutup Yang Baik

Tips membuat surat lamaran yang baik dan benar dalam bahasa Inggris berikutnya yaitu membuat kalimat penutup yang baik. Anda bisa mengakhiri kalimat dengan kesan yang dalam.

Jangan lupa untuk memasukkan visi maupun misi yang dimiliki oleh perusahaan dan berhubungan dengan kemampuan diri sendiri.

Surat Lamaran Kerja Ahli Gizi dalam Bahasa Inggris

Untuk lulusan yang ingin mengajukan lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, berikut terdapat beberapa contoh yang bisa menjadi referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Ahli Gizi dalam Bahasa Inggris

Pada contoh surat lamaran kerja sebagai ahli gizi di atas, pelamar memberikan penjelasan mengenai pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki. Bagian penutup surat, pelamar memberikan nomor handphone yang bisa dihubungi oleh pihak perusahaan. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Accounting Staff dalam Bahasa Inggris

Untuk lulusan akuntan yang ingin menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, berikut terdapat beberapa contoh yang bisa menjadi referensi. Contoh Surat Lamaran Kerja Accounting Staff dalam Bahasa Inggris 1

Pada contoh diatas, sebenarnya strukturnya tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja bahasa Indonesia. Bisa dilihat, pelamar memberikan informasi terkait data diri dengan lengkap seperti pendidikan, nomor handphone, hingga alamat. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Accounting Staff dalam Bahasa Inggris 2

Berbeda dengan contoh sebelumnya, pada contoh surat lamaran di atas pelamar tidak memberikan biodata. Pelamar lebih fokus pada pengalaman dan kemampuan maupun keahlian yang dimiliki untuk menarik minat pihak perusahaan. 

Penutup

Surat lamaran dalam bahasa Inggris kini semakin banyak ditemukan.Tidak hanya memberikan kesan yang lebih profesional, tetapi secara tidak langsung pelamar juga  menunjukkan kemampuan dalam berbahasa Inggris secara tulisan. Ini menjadi nilai plus terutama jika melamar di perusahaan internasional. 

Menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris akan lebih mudah jika kita menguasai kosakata dan vocabulary bahasa Inggris. 

Yuk pelajari materi menarik dan ter-update seputar, vocabulary, grammar dan materi bahasa Inggris lainnya hanya di Jagobahasa. 

Kamu juga bisa belajar bareng tutor profesional dan teman-teman lainnya dengan belajar bareng secara online di Jagobahasa. 

Kapan lagi bisa belajar kapanpun dan di manapun kamu mau?

Daftar Jagobahasa sekarang juga yuk, ada banyak promo dan program menarik spesial untukmu!

 

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan