Logo Jagobahasa

Home » blog

Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Cara Menulis CV dan Resume dalam Bahasa Inggris + Contohnya

Ketika hendak melamar pekerjaan, CV dan Resume adalah dua hal yang harus kamu siapkan. Yap, perlu kamu ketahui CV dan resume bukanlah hal yang sama loh, walaupun keduanya sama-sama menjelaskan tentang riwayat karir. 

Perlu diketahui CV dan resume dalam bahasa Inggris akan tampak lebih profesional, penasaran bagaimana cara membuat dan contohnya yang tepat? Baca selengkapnya di bawah ini yuk!

Apa itu CV?

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisikan daftar riwayat hidup, perjalanan karir, maupun informasi pribadi. Umumnya, CV digunakan ketika ingin melamar pekerjaan dengan menyediakan informasi pengalaman kerja, kemampuan atau skill, dan riwayat pendidikan.

Kamu juga dapat menuliskan pencapaian seperti penghargaan karir, seminar, sertifikasi, dan kursus. Kamu juga memerlukan CV untuk kegiatan akademis, seperti saat melamar menjadi dosen, akademisi, ataupun asisten peneliti. Ketika membuat CV akademis, kamu harus menyertakan informasi tambahan seperti presentasi, publikasi, penelitian, penghargaan, pengalaman mengajar, dan gelar.

Apa itu Resume?

Resume merupakan dokumen singkat terkait rangkuman pengalaman kerja sampai riwayat pendidikan. Resume sedikit mirip dengan CV, karena mencantumkan informasi tentang diri sendiri. Akan tetapi, dokumen ini lebih singkat yaitu 1 halaman saja.

Resume merupakan dokumen terlampir dalam email ketika melamar pekerjaan. Dokumen tersebut digunakan pada awal saat merekrut kerja.

Perbedaan CV dan Resume

Berikut adalah apa saja perbedaan antara CV dan Resume:

1. Informasi

CV mempunyai informasi lebih lengkap jika dibandingkan dengan resume. CV pengalaman kerja dan juga riwayat pendidikan secara detail. Sementara resume merupakan informasi yang dapat kamu cantumkan dan tulis secara ringkas.

2. Panjang dan Jumlah Halaman

Kamu juga dapat membedakan antara CV dan resume paling mencolok yaitu panjang tiap dokumen. Resume lebih singkat karena hanya 1 halaman saja. Sementara CV justru lebih lengkap sehingga dapat kamu buat hingga 2-3 halaman, dapat disesuaikan dengan pengalaman.

3. Tujuan

Tujuan pembuatan CV yaitu merangkum seluruh kualifikasi yang kamu punya, mulai akademik, sertifikasi kemampuan, dan prestasi. Itulah mengapa, CV dapat digunakan untuk kebutuhan akademis maupun pekerjaan. CV juga bersifat luas, bisa diperbarui ketika kamu menggunakannya.

Sementara resume dibuat dan disesuaikan untuk tiap pekerjaan yang akan kamu lamar. Jadi, resume adalah rangkuman tentang riwayat hidup untuk satu pekerjaan saja.

4. Cara Penulisan

Dalam menulis CV, berikut adalah bagian yang harus kamu cantumkan: Nama lengkap, deskripsi diri sendiri, informasi kontak, professional tittle, pengalaman kerja, kemampuan profesional, pengalaman organisasi, penghargaan, sertifikat, pengalaman kursus atau pelatihan dan sertifikasi, serta referensi.

Sedangkan ketika menulis resume, berikut adalah bagian-bagian yang harus dicantumkan: Nama lengkap, deskripsi singkat jabatan atau posisi yang ingin dilamar, informasi kontak, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, keterampilan relevan, bahasa dan keahlian.

Contoh CV dan Resume dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh CV dan resume dalam bahasa Inggris baik yang masih freshgraduate (tanpa pengalaman) atau Profesional:

Contoh CV dan Resume Freshgraduate
CV dalam bahasa Inggris untuk freshgraduate
Contoh CV dan Resume Profesional
CV dalam bahasa Inggris untuk profesional

Mahir Bahasa Inggris saat Kerja bersama ESP di Jagobahasa

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dari sekarang di lingkungan kerja. Program English for Specific Purpose (ESP) dari Jagobahasa adalah tempat kursus belajar intensif dengan custom materi. Kamu akan dibimbing teacher yang telah berpengalaman selama 3 tahun yang akan membuat kamu jago dalam public speaking, termasuk presentasi, dan berbicang di kantor dalam bahasa Inggris.

Adanya kelas intensif dari senin sampai jumat, didukung request materi agar belajar sesuai kebutuhan adalah beberapa keunggulan dari program ESP. Setelah lulus kursus, kamu akan mendapatkan sertifikat English Fluency yang bisa jadi nilai jual ketika kamu ingin melamar pekerjaan.

 Jangan khawatir, program English for Specific Purpose Jagobahasa dapat kamu ikuti dengan pilihan waktu dan tempat belajar yang fleksibel.

Tunggu apa lagi? Yuk luaskan peluang karir Anda dengan gabung Jagobahasa sekarang juga. Tidak ada kata terlambat buat jago bahasa Inggris!

 

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo