Logo Jagobahasa

Home » blog

Noun Phrase: Definisi, Penggunaan, dan Contoh Kalimat

Noun phrase adalah kombinasi kata-kata yang berfungsi sebagai suatu nomina atau menjelaskan suatu benda atau konsep tertentu. Noun phrase biasanya terdiri dari kata benda (noun) sebagai inti, yang dapat disertai oleh kata sifat (adjective), kata ganti (pronoun), kata keterangan (adverb), atau frasa preposisi (prepositional phrase) untuk memberikan informasi tambahan tentang nomina tersebut.

Penggunaan Noun Phrase dalam Kalimat

Noun phrase (frasa nomina) digunakan dalam kalimat untuk merinci, mengidentifikasi, atau memberikan informasi tambahan tentang benda atau konsep tertentu. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan noun phrase dalam kalimat:

Identifikasi:

  1. The tall woman over there is my sister. (Frasa nomina “The tall woman over there” mengidentifikasi siapa yang adalah saudara saya.)
  2. This ancient artifact is a priceless treasure. (Frasa nomina “This ancient artifact” mengidentifikasi apa yang merupakan harta tak ternilai.)

Deskripsi:

  1. The fluffy white cat is sleeping on the couch. (Frasa nomina “The fluffy white cat” memberikan deskripsi tentang jenis kucing yang sedang tidur.)
  2. His old leather jacket is his favorite. (Frasa nomina “His old leather jacket” memberikan deskripsi tentang jaket yang dia sukai.)

Kuantifikasi:

  1. I have three books on the shelf. (Frasa nomina “three books” mengukur jumlah buku yang dimiliki.)
  2. There are many students in the classroom. (Frasa nomina “many students” mengindikasikan jumlah siswa yang ada di ruang kelas.)

Lokasi:

  1. The keys are on the kitchen counter. (Frasa nomina “on the kitchen counter” memberikan informasi tentang di mana kunci-kunci tersebut berada.)
  2. She found her lost ring under the bed. (Frasa nomina “under the bed” mengindikasikan lokasi di mana cincin yang hilang ditemukan.)

Contoh Kalimat Noun Phrase dalam Bahasa Inggris

  1. “Anak laki-laki yang pintar” – Frasa ini mengandung kata benda “anak” sebagai intinya, dengan kata sifat “laki-laki” dan kata sifat lain “pintar” yang menggambarkan kata benda tersebut.
  2. “Buku-buku di rak” – Frasa ini memiliki kata benda “buku-buku” dalam bentuk jamak sebagai intinya, serta kata sifat “di rak” yang mengindikasikan lokasinya.
  3. “Kota besar” – Frasa ini hanya terdiri dari dua kata, tetapi tetap merupakan frasa nomina dengan kata benda “kota” sebagai intinya dan kata sifat “besar” yang menggambarkan kata benda tersebut.

Demikian penjelasan tentang noun phrase beserta contohnya. Noun phrase merupakan bagian dari grammar, selain tenses yang harus dipelajari.

Untuk mempermudah kamu untuk mempelajari grammar, termasuk noun phrase, kamu bisa bergabung di Jagobahasa. Di sana kamu akan dibimbing oleh tutor yang berpengalaman untuk belajar bahasa Inggris secara intensif dan optimal. Yuk daftar kursus di Jagobahasa sekarang juga!

Daftar Newsletter

Share:

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo