Logo Jagobahasa

Liburan Lebih Mudah! Belajar Kosakata Wisata Mengenai Tourism and Travel

20 Kosakata Mengenai Tourism and Travel

Bahasa Inggris menjadi bahasa Universal, sehingga bahasa ini wajib dikuasai oleh semua orang diseluruh dunia. Dengan belajar bahasa Inggris akan sangat membantu saat melakukan perjalanan ke luar negeri atau bahkan ketika berjumpa dengan orang asing dijalan.

Untuk bisa fasih berbahasa Inggris maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mengenal vocabulary bahasa Inggris yang umumnya digunakan di kehidupan sehari-hari. Terlebih bagi masyarakat yang tinggal di lokasi wisata. sangat perlu loh belajar kosakata yang berhubungan dengan pariwisata dan juga travel. apa saja kira – kira?

Macam-Macam Kosakata Yang Berhubungan Dengan Dunia Pariwisata

Kosakata bahasa Inggris yang harusnya dipelajari untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar sangatlah banyak. Agar nantinya tidak kehilangan banyak waktu dan lebih mudah mempelajari kosakata baiknya pelajari kosakata bidang tertentu terlebih dahulu. Misalnya kalau bekerja di bidang pariwisata maka yang harus dipelajari pertama kali adalah kosakata yang ada hubungannya dengan pariwisata.

Jumlah vocabulary bahasa Inggris yang berhubungan dengan bidang tersebut juga sangat banyak dan agar tidak mengalami kesulitan dan bisa cepat menghafal sebaiknya hafal dulu kosakata yang sangat umum digunakan dan sering didengar. Untuk mengetahui apa saja kosakata tersebut bisa lihat dulu ulasan berikut ini.

  • Destination artinya Destinasi / Tujuan
  • Journey artinya Perjalanan
  • Passenger artinya Penumpang
  • Route artinya Rute
  • Travel artinya Bepergian
  • Airport artinya Bandara
  • Check-in artinya Cek masuk reservasi
  • Fly artinya Terbang
  • Land artinya Mendarat
  • Landing artinya Pendaratan
  • Package vacation artinya Paket liburan
  • Backpack travel artinya Perjalanan dengan membawa ransel saja
  • Adventure vacation artinya Liburan petualangan
  • Trek artinya Trek
  • Safari artinya Safari
  • Amusement / Theme Parks artinya Taman bermain
  • Castles artinya Kastil
  • Horseback riding artinya Mengendarai kuda
  • Caves artinya Gua
  • Rain forests artinya Hutan hujan
  • Aquariums artinya Akuarium
  • Gardens artinya Taman

Vocabulary bahasa Inggris yang sudah disebutkan tadi merupakan kosakata yang wajib untuk dipahami artinya terlebih dahulu dan juga harus diingat karena kata-kata tersebutlah yang sangat sering sekali digunakan oleh wisatawan maupun tour guide. Setelah mengingat semua kosakata yang telah disebutkan tadi bisa belajar kosakata baru sedikit demi sedikit.

Tips Mempelajari Kosakata Tourism dan Travel Dengan Cepat

Mempelajari kosakata baru dalam bahasa Inggris memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena jumlah kosakata di bahasa asing ini sangatlah banyak. Meskipun terbilang susah untuk dilakukan bukan berarti mustahil untuk dilakukan karena banyak yang sudah mahir berbahasa Inggris karena sudah menghafal semua kosakata bahasa Inggris.

Untuk yang baru pertama kali mempelajari kosakata pastinya akan sering sekali merasa bosan dikarenakan harus menghafal kosakata satu persatu dan juga harus mengetahui bagaimana pelafalan kosakata tersebut. Selain itu, juga diharuskan untuk mengetahui setiap arti kosakata yang sedang dipelajari. Agar nantinya tidak mengalami kesulitan saat menghafal kosakata sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Memanfaatkan Aplikasi Smartphone

Saat ini teknologi sudah sangat canggih dan kemajuan teknologi tersebut memunculkan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu masyarakat. Aplikasi-aplikasi yang sekarang bisa digunakan di Smartphone ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk membantu menghafal vocabulary yang umumnya sulit diingat jika hanya dengan sebatas membaca saja.

Untuk masyarakat yang suka bermain game bisa memanfaatkan aplikasi game untuk menjadi sarana pembelajaran vocabulary. Hampir semua game yang ada saat ini memiliki fitur bahasa Inggris yang dapat dipilih oleh pemain, kalau memang ingin pintar bahasa Inggris sebaiknya jangan ganti fitur bahasa asing yang ada di permainan menjadi bahasa Indonesia. Dengan rutin memainkan game tersebut maka secara otomatis otak akan mengingat setiap kosakata yang ada di dalam permainan.

2. Memakai Metode Mnemonic

Ada salah satu teknik jitu yang bisa dicoba masyarakat Indonesia untuk mempelajari vocabulary bahasa Inggris, teknik tersebut adalah mnemonic. Teknik belajar atau metode belajar yaitu dengan membuat akronim dari beberapa kosakata bahasa yang akan dipelajari. Metode ini memang terbilang sangat sederhana, tetapi sangat cocok sekali digunakan untuk mengingat kosakata yang rumit.

Menghafal kosakata bisa menjadi lebih cepat dikarenakan harus menghubungkan kata-kata terlebih dahulu yang sekiranya pantas untuk dihubungkan dan mudah untuk diingat. Saat menggabungkan kata-kata tersebut sebaiknya pilih kata-kata yang saling berhubungan, misalnya menghubungkan nama-nama warna seperti Red, Green dan Blue yang kalau dihubungkan menjadi RGB.

3. Membuat Flash Cards

Selain menggunakan metode belajar yang sudah dijelaskan tadi juga bisa memanfaatkan Flash Card, metode yang satu ini juga terbilang ampuh untuk membantu pemula mempelajari bahasa Inggris. Cara menggunakan metode ini yaitu dengan memanfaatkan kertas yang dipotong seukuran dengan kartu nama. Setelah itu, tuliskan kosakata yang ingin dipelajari di kertas tersebut.

Setelah membuat beberapa kartu yang berisikan kata-kata bahasa Inggris bisa bawa kartu-kartu tersebut ke mana saja agar setiap kali melakukan aktivitas sehari-hari bisa sambil belajar kata-kata baru. Untuk masyarakat yang tidak ingin membuat kartu ini sendiri bisa beli kartu tersebut di toko-toko buku maupun di situs-situs online.

4. Membuat Catatan Kecil

Teknik yang terakhir ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan teknik yang sebelumnya karena sama-sama mengharuskan masyarakat untuk membuat sebuah catatan. Kalau untuk teknik ini tidak mengharuskan masyarakat menulis kosakata di kertas yang menyerupai kartu nama. Kosakata bisa ditulis di kertas kecil, setiap menemukan kosakata baru bisa langsung tuliskan kosakata tersebut di kertas yang dibawa.

Kalau untuk di zaman modern ini sebenarnya sudah tidak memerlukan kertas lagi karena bisa menulis kosakata-kosakata baru di smartphone. Setiap hari pasti selalu membawa smartphone dan dengan membawa smartphone tersebut nantinya bisa belajar kosakata setiap saat sehingga menghafal vocabulary bahasa Inggris baru bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Manfaat Mempelajari Bahasa Inggris di Bidang Pariwisata

Mempelajari bahasa asing memang sudah menjadi sebuah keharusan karena dengan menguasai bahasa asing minimal satu bahasa nantinya bisa mempermudah masyarakat untuk melakukan berbagai macam hal. Salah satu bahasa asing yang wajib untuk dikuasai di zaman milenial ini adalah bahasa Inggris, dengan menguasai bahasa ini nantinya bisa merasakan banyak sekali manfaat khususnya di bidang pariwisata.

Manfaat yang sudah pasti ada dirasakan setelah menguasai bahasa tersebut adalah selalu merasa aman dan nyaman saat liburan bersama pasangan maupun bersama keluarga. Rasa nyaman dan juga rasa aman tersebut dirasakan karena tidak perlu merasa takut kalau harus berbicara dengan wisatawan asing ataupun dengan penduduk asli tempat wisata yang didatangi. Rasa nyaman juga dirasakan karena tidak perlu lagi menggunakan tour guide yang memiliki vocabulary bahasa Inggris lengkap sehingga berlibur bisa lebih santai.

Karena sudah belajar soal kosakata Tourism and Travel, perencaan liburan ke luar negeri pun jadi semakin aman ya. Tidak hanya liburan, kamu bisa memanfaatkan kosakata tersebut ketika kamu ingin berkarir sebagai tour guide. Kamu bisa membaca artikel Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Petugas Tour Guiding agar semakin bersemangat belajar bahasa Inggris selain kosakata.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan