Logo Jagobahasa

Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris bagi Tour Guide

Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris bagi Petugas Tour Guide

Pekerjaan pemandu wisata atau tour guide merupakan profesi yang cukup menarik. Bagaimana tidak? Hampir tiap harinya mereka bertemu orang baru, dan tidak jarang pula orang-orang itu berasal dari luar negeri.

Lewat profesi ini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bertamasya ke berbagai tempat secara gratis, karena ini adalah lingkup kerjamu! Tentunya, kamu diharapkan bisa menguasai berbagai skill tertentu, seperti public speaking dan mahir berbahasa Inggris.

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa harus mahir bahasa Inggris? Karena bahasa Inggris adalah bahasa pengantar internasional yang digunakan oleh lebih dari 1,3 miliar orang di seluruh dunia. Selain mahir berbahasa Inggris, kamu juga harus memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait tempat wisata yang akan dikunjungi.

Sebab para turis tentunya membutuhkan beragam informasi menarik dari objek wisata tersebut. Pada artikel ini, kita akan gali kembali peran seorang tour guide dan bagaimana cara kerja mereka serta kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi tour guide yang kompeten. Yuk simak informasi selengkapnya.

Sarana Komunikasi Dengan Turis Asing

Hal pertama yang harus kamu ingat sebagai tour guide adalah berkomunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Awal komunikasi yang baik tentunya diperoleh dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik.

Bahasa Inggris saat ini sudah diakui sebagai sarana komunikasi dengan berbagai turis asing. Hal ini juga sudah dipahami oleh turis asing itu sendiri. Mereka pastinya tahu bahwa tempat kunjungan mereka orangnya tidak semua yang menguasai bahasa Inggris.

Karena alasan itulah mereka membutuhkan tour guide. Kamu akan menjadi perantara dari sang turis asing dengan penduduk lokal dimana kamu membantu komunikasi berjalan lancar.

Menyampaikan Materi dengan Baik

Sebagai tour guide, tentunya kamu ingin menceritakan berbagai informasi menarik tentang tempat yang mereka kunjungi. Namun, jika kamu mengalami kendala dalam menguasai bahasa Inggris, pastinya kamu akan kesusahan membuat para turis tertarik dengan materimu.

Penyampaian materi juga harus padat, singkat dan mudah dimengerti, agar para pengunjung bisa menangkap semua penjelasan kamu.

Memberikan Panduan dan Informasi

Panduan juga menyangkut memetakan rute dan  tour guide juga diharapkan mampu menyajikan fakta-fakta unik seputar lokasi yang mereka lewati sepanjang perjalanan. Dengan menguasai Bahasa Inggris, semua itu nantinya bisa terkomunikasikan dengan baik pada pengunjung sehingga pengalaman mereka bisa lebih berkesan.

Jika beruntung, mereka mungkin akan terkesan dengan keterampilan dan penjelasan kamu dan bisa saja mereka datang kembali dengan membawa orang baru.

Sebagai Penerjemah

Selain bertugas untuk memberi penjelasan kepada para turis, tour guide juga berperan sebagai penerjemah. Ada saat di mana turis asing ingin bertanya langsung kepada penduduk lokal, atau bahkan sebaliknya.

Kamu harus bisa cekatan dan menjadi penerjemah antar kedua pihak. Maka di sini penguasaan bahasa Inggris kamu harus benar-benar fasih. Contohnya saja, ada beberapa pertanyaan dari turis mengenai fakta unik sebuah tempat yang mungkin kamu tidak mengetahuinya, tapi ada penduduk lokal yang bisa menjelaskannya lebih baik lagi.

Nah, disini kamu bisa membantu menerjemahkan penjelasan bahasa Indonesia yang diucapkan dari penduduk lokal dan dijadikannya bahasa Inggris kepada sang turis asing. Penggunaaan bahasa Inggris bersifat spontan dan responsif, dan harus dijaga agar percakapan berjalan secara lancar.

Menjadi Tour Guide yang Handal dengan Mahir Berbahasa Inggris

Seperti yang kamu lihat, kebutuhan berbahasa Inggris tidak bisa dipisahkan dari profesi tour guide. Namun, jika kamu merasa masih belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mencukupi, kamu pasti bertanya-tanya “Bagaimana saya bisa mempelajari bahasa Inggris untuk profesi tour guide yang efektif dan berkualitas?”

Tenang! Di sini Jagobahasa bisa membantu kamu!

Jagobahasa memiliki program khusus untuk kebutuhan kamu menjadi tour guide yang handal dalam berbahasa Inggris, melalui program Jagobahasa yaitu English for Specific Purpose. Beberapa orang tentunya ingin mempelajari bahasa Inggris untuk kepentingan khusus.

Contohnya untuk mereka yang bisa mahir dalam public speaking, seseorang yang ingin lihai dalam percakapan di dunia bisnis, salah satunya adalah sebagai tour guide yang handal.

Pada program ini Jagobahasa menawarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan pengajaran khusus dari pengajar yang berpengalaman minimal 3 tahun. Pengajar tersebut akan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu dan akan menghasilkan pembelajaran yang super intensif dan mendapatkan perhatian yang eklusif berdasarkan kebutuhan kamu.

Untuk program pembelajaran bahasa Inggris khusus sebagai tour guide itu akan termasuk program kebutuhan khusus (ESP). Program ini juga memiliki 2 variasi, berdasarkan program privat dan juga program privat kelompok atau group. Berikut ini rincian programnya:

ESP Program Privat

Pada program paket Privat, harga dimulai dari Rp. 995.000,00 per pelajar. Jagobahasa menyediakan fasilitas sebagai berikut:

  • Gratis Placement Test
  • Kelas pengejaran one-by-one dengan isi hanya 1 peserta
  • Bisa request pengajar dan materi sesuai kebutuhan
  • Penilaian atau Skoring yang Intensif
  • Durasi kelas hingga 60 menit untuk tiap pertemuan
  • Gratis 60 lebih video pembelejaran yang memiliki akses selamanya
  • Gratis kelas alumni seumur hidup, dan
  • Kuis dan grup diskusi Telegram Non-Stop 24 jam

ESP Program Private Group

Pada program paket Reguler, harga dimulai dari Rp. 2.700.000,00 yang menyediakan jasa untuk pembelajaran grup secara khusus. Di sini Jagobahasa menyediakan fasilitas sebagai berikut:

  • Gratis Placement Test
  • Kelas pengejaran one-by-one dengan isi 10 peserta
  • Bisa request pengajar dan materi sesuai kebutuhan
  • Penilaian atau Skoring yang Intensif
  • Durasi kelas hingga 60 menit untuk tiap pertemuan
  • Gratis 60 lebih video pembelejaran yang memiliki akses selamanya
  • Gratis kelas alumni seumur hidup, dan
  • Kuis dan grup diskusi Telegram Non-Stop 24 jam

Berhubung pekerjaan seorang tour guide itu sering berurusan dengan turis luar negeri, maka kemahiran berbahasa Inggris sudah diharuskan. Jika kamu masih merasa kurang percaya diri dengan kemampuanmu, Jagobahasa bisa membantu kamu!

Program ESP dari Jagobahasa bisa membantumu mengasah kemampuan bahasa Inggrismu sehingga pekerjaanmu sebagai tour guide bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya!

Tidak ada salahnya memberikan impresi diri yang baik kepada para pendatang dari luar, bukan? Sekalian mengharumkan nama bangsa juga lho!

Yuk segera daftarkan dirimu sekarang di program ESP Jago Bahasa!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan