Logo Jagobahasa

Home » blog

Ide Kegiatan Belajar Bahasa Inggris bareng Anak yang Bisa Bunda Coba!

Ide Kegiatan Belajar Bahasa Inggris bareng Anak yang Bisa Bunda Coba!

Di era sekarang, bahasa Inggris menjadi kebutuhan hampir semua orang. Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga sudah mulai diperkenalkan dengan bahasa asing ini. Di beberapa sekolah internasional di Indonesia, bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar yang digunakan untuk semua kegiatan.

Namun untuk sebagian besar sekolah umum di Indonesia memang pembelajaran bahasa Inggrisnya masih bisa dikatakan kurang. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang mendaftarkan anak-anaknya untuk mengikuti les bahasa Inggris di luar sekolah.

Proses belajar bahasa Inggris untuk anak-anak tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Diperlukan suasana atau cara belajar yang tentunya berbeda dengan proses belajar bahasa Inggris orang dewasa.

Ide Kegiatan Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Nah, untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan ada beberapa ide kegiatan belajar bahasa Inggris yang bisa dicoba bareng anak. 

1. Coloring atau Mewarnai

Bermain dan belajar menjadi cara efektif agar anak mau mengikuti pembelajaran tanpa malas dan bosan. Salah satunya dengan kegiatan mewarnai atau coloring yang disukai anak-anak. Teknik ini bisa memberikan beberapa manfaat, antara lain:

a. Anak-anak mempelajari warna

Melalui kegiatan mewarnai, lebih mudah untuk memberikan pelajar pada anak-anak seputar warna dalam bahasa Inggris. Materi ini juga termasuk materi bahasa Inggris dasar yang bisa diajarkan mulai dari kelas TK atau bahkan di bawahnya. Beberapa warna yang dipelajari melalui kegiatan mewarnai antara lain.

  • Red, warna merah
  • Yellow, warna hijau
  • Green, warna biru
  • Blue, warna biru
  • Black, warna hitam
  • White, warna putih
  • Purple, warna ungu
  • Pink, warna merah muda
  • Orange, warna oren atau jingga

b. Anak-anak mempelajari nama hewan

Ide mewarnai ini tentu membutuhkan media gambar yang akan diberi warna. Anda bisa menggunakan gambar-gambar hewan sehingga anak-anak juga bisa berlatih nama-nama hewan. Beberapa hewan yang bisa dipilih untuk diwarnai antara lain:

  • Butterfly atau kupu-kupu
  • Elephant atau gajah
  • Tiger atau harimau
  • Cow atau sapi
  • Rabbit atau kelinci
  • Pig atau babi

 c. Anak-anak mempelajari nama bentuk

Selain gambar hewan, anak-anak juga bisa mewarnai bentuk atau bangun 2 dimensi. Ini bisa melatih anak untuk mempelajari nama-nama bangun ruang yang paling dasar, seperti berikut.

  • Square untuk kotak
  • Triangle untuk segitiga
  • Circle untuk lingkaran
  • Dan lain-lain

2. Crafting atau Membuat Kerajinan

Crafting atau membuat kerajinan menjadi salah satu media pembelajaran yang cukup menyenangkan dan efektif terutama untuk anak-anak. Melalui kegiatan ini Anda dapat mengajak anak-anak belajar bahasa Inggris dengan memberikan petunjuk-petunjuk dalam bahasa Inggris.

Tentunya materi yang diberikan harus disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak. Bagi anak-anak yang masih awal atau baru pertama kali bahasa Inggris, bisa menggunakan 5-10 vocabulary ketika melakukan kegiatan ini.

Aktivitas anak membuat kerajinan dapat memberikan beberapa manfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan crafting atau membuat kerajinan.

a. Menambah kosakata baru

Melalui kegiatan ini, Anda bisa memberikan tambahan kosakata secara bertahap pada anak-anak. Kosakata yang diberikan tentu harus sesuai dengan kegiatannya, seperti warna apa, bentuk apa, nama bendanya, dan lain-lain.

b. Meningkatkan kemampuan listening

Tidak hanya menambah kosakata, kegiatan crafting ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan listening anak. Anda dapat memberikan tambahan vocabulary sambil melatih pengucapannya dengan benar. Anak akan lebih mudah memahami ketika Anda menyebutkan kata-kata dalam bahasa Inggris

c. Melatih anak untuk berbicara Bahasa Inggris

Kegiatan ini juga dapat melatih anak untuk berani mengucapkan kata bahasa Inggris. Anak biasanya akan mengikuti apa yang sudah diajarkan. Kemampuan untuk mengingat vocabulary juga lebih baik dengan cara yang menyenangkan seperti ini dibanding hanya belajar saja.

3. Mengerjakan Worksheet

Media pembelajaran yang bagus untuk anak-anak lebih memahami bahasa Inggris berikutnya adalah worksheet atau lembar kerja. Anda bisa menyiapkan lembar khusus untuk materi dan soal-soal interaktif yang membuat anak tidak bosan untuk belajar.

Worksheet yang dibuat atau dapat diakses melalui smartphone sangat efektif sebagai media pembelajaran modern. Hal ini karena dalam worksheet biasanya dilengkapi juga dengan gambar, suara, atau menu interaktif lainnya yang membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

Media pembelajaran ini banyak diterapkan untuk siswa dari tingkat SD terutama untuk pembelajaran jarak jauh. Worksheet juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mandiri di rumah yang lebih menyenangkan untuk anak-anak.

Biasanya dibuat dengan halaman yang dilengkapi gambar dan simbol-simbol yang membuatnya lebih menarik. Bisa diberi warna-warna yang cerah untuk menarik perhatian anak-anak sehingga lebih fokus untuk belajar bahasa Inggris.

Materi yang diberikan dilengkapi dengan media pendukung yang interaktif. Setelah itu, lanjut pada soal-soal yang juga menggunakan fitur interaktif agar lebih menarik. Beberapa bentuk soal interaktif yang bisa digunakan antara lain:

  • Soal dengan kotak centang
  • Soal menjodohkan pernyataan dengan menarik garis
  • Soal dengan bentuk pertanyaan terbuka
  • Soal dengan pilihan ganda
  • Soal dengan bentuk drag and drop
  • Dan-lain sesuai dengan kreativitas agar anak-anak lebih tertarik dan tidak cepat bosan belajar

4. Menggunakan Flashcard

Belajar bahasa Inggris untuk anak-anak memang membutuhkan media edukasi yang tepat. Pemilihan media pembelajaran diperlukan agar anak-anak lebih mudah memahami materi dengan suasana yang lebih menyenangkan.

Salah satu media yang bisa digunakan untuk anak-anak belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan adalah flashcard. Sebuah media edukasi yang berupa kartu kecil dengan gambar, simbol, atau teks yang diberi keterangan sesuai materi atau topik pembahasan.

Sebaiknya Anda menyiapkan flashcard yang menarik, colorful, dan berukuran besar untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak. Visual yang lebih baik ini akan membuat anak-anak lebih giat untuk belajar bahasa Inggris. Cara menggunakan flashcard cukup mudah, berikut beberapa langkah yang diperlukan untuk belajar bahasa Inggris melalui flashcard.

a. Buat gambar sesuai materi

Apabila akan mempelajari materi Food and Drink, maka gambar makanan dan minuman pada flashcard. Gambar yang dibuat ini dapat disesuaikan dengan tema pembelajaran bahasa Inggris yang akan diberikan.

b. Menampilkannya pada anak-anak

Setelah gambar-gambar pendukungnya siap, Anda bisa memvisualisasikan pada anak. Tunjukan gambarnya dan beri tahu bahasa Inggrisnya. Lakukan secara berkali-kali namun dengan kecepatan yang semakin cepat.

c. Anak menebak gambar pada flashcard

Jika sudah diberikan materinya, lanjut untuk mengajak anak bermain dengan menebak gambar. Anda bisa memberikan hadiah untuk jawaban yang benar sehingga anak-anak lebih bersemangat untuk mengingat kata bahasa Inggris dari gambar tersebut.

d. Bermain flashcard acak

Selain dengan tembak gambar berhadiah, metode lain yang bisa diterapkan adalah bermain flashcard acak. Anda bisa mengambil atau menunjuk flashcard secara acak, lalu anak-anak yang harus menebaknya. Lakukan terus menerus dan semakin cepat agar anak juga bisa mengingat dengan cepat.

Itulah beberapa media edukasi yang bisa menjadi cara efektif untuk memberikan pelajaran bahasa Inggris pada anak-anak. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menciptakan atmosfer yang menyenangkan agar anak-anak juga senang untuk belajar bahasa Inggris.  

By The Way, Jago Bahasa membuka program english course yang dilakukan secara online lho khusus untuk anak-anak. Yuk daftarkan si kecil sekarang juga di English Whizz Kids!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo