Logo Jagobahasa

Manfaat Bermain Peran Atau Roleplay dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Manfaat Bermain Peran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Bermain peran atau roleplay menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan saat belajar bahasa Inggris dengan baik. Sebab, sangat seru dan juga memberikan banyak manfaat untuk siswa atau masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Inggris. Metode bermain peran sering digunakan di sekolahan karena sangat efektif untuk menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa.

Metode ini juga dapat digunakan di semua jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga dunia perkuliahan. Tidak heran jika banyak pengajar yang menggunakan metode bermain peran dalam proses pembelajaran di sekolah atau dunia pendidikan. Nah, untuk lebih memahami apa itu bermain peran kamu harus tahu dahulu pengertiannya.

Bermain peran atau roleplay adalah pembelajaran yang mana di dalam ada aktivitas berakting dari siswa berdasarkan dengan peran yang sudah ditentukan. Siswa tersebut akan menirukan atau mengekspresikan tingkah laku, gerak gerik dan ungkapan seseorang di hubungan sosial antar manusia. Metode bermain peran dapat memberikan pengalaman belajar, seperti komunikatif, kemampuan kerja sama dan menginterpretasikan di suatu kejadian.

Ada beberapa manfaat bermain peran bagi siswa atau orang yang melalukannya dan penjelasannya ada di bawah ini.

Manfaat Bermain Peran

Manfaat bermain peran atau roleplay bagi siswa adalah:

  1. Memberikan Pengetahuan Berkesan dan Terus Diingat

Salah satu contoh manfaat bermain peran atau roleplay adalah bisa memberikan pengetahuan kepada siswa yang berkesan dan akan terus diingat. Bermain peran termasuk salah satu metode pembelajaran yang sangat bagus untuk mempertajam daya ingat siswa. Disamping bermain peran dapat memberikan pengalaman yang mengesankan, namun juga akan memberikan pengetahuan yang cukup melekat di memori otaknya.

Ada banyak pengetahuan baru yang akan dipahami oleh siswa yang sedang melakukan bermain peran di sekolah. Apalagi cerita yang dibawakan merupakan salah satu cerita yang legendaris yang menarik. Oleh sebab itu, belajar bahasa Inggris menggunakan metode bermain peran sangat efektif untuk memberikan pengetahuan yang lebih berkesan dan akan terus diingat.

  1. Sangat Menarik

Manfaat kedua adalah bermain peran termasuk metode pembelajaran yang sangat menarik. Hal ini akan membuat siswa tidak bosan belajar seperti biasanya karena dapat melakukan kegiatan yang menarik. Bermain peran sudah umum digunakan di sekolah dan biasanya akan disukai oleh siswanya.

Terlebih lagi mereka ikut serta dalam bermain peran sehingga akan membuat kelas jadi dinamis dan antusias. Proses belajar tidak akan membosankan dan juga lebih menyenangkan dengan bermain peran. Biasanya bermain peran ini dilakukan juga untuk mempererat hubungan kekeluargaan atau pertemanan di lingkungan sekolah.

  1. Membangkitkan Semangat dan Percaya Diri

Dengan metode bermain peran, bisa membangkitkan semangat dan kepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, metode bermain peran sangat tepat dilakukan di sekolah hingga perkuliahan. Bagi siswa yang sedang belajar bahasa asing seperti Inggris tentu saja akan lebih mudah dalam mempelajarinya.

Saat bermain peran bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris dan juga dapat membangkitkan semangat siswa untuk belajar. Terlebih lagi untuk belajar bahasa asing seperti Inggris membutuhkan waktu yang lama sehingga harus belajar dengan giat dan semangat. Melalui bermain peran tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk menggunakan bahasa Inggris.

  1. Siswa Bisa Terjun Langsung

Metode bermain peran atau roleplay bisa membuat siswa terjun langsung untuk memerankannya. Hal ini akan memberikan banyak manfaat untuk siswa karena bisa mendapatkan pengalaman baru dan juga berkaitan dengan proses pembelajaran. Tidak heran jika banyak guru atau pengajar yang menggunakan metode bermain peran di sekolah selama belajar bahasa Inggris.

  1. Memperoleh Perbendaharaan Baru

Bermain peran juga sangat bermanfaat untuk memperkaya perbendaharaan kata, khususnya dalam bahasa Inggris. Saat menggunakan metode bermain peran, secara otomatis siswa akan belajar memerankan toko tertentu menggunakan bahasa Inggris. Dengan cara seperti ini, siswa bisa mendapatkan kosakata baru bahasa Inggris.

Tentu saja siswa juga akan lebih mudah dalam belajar, khususnya bahasa Inggris melalui bermain peran satu ini. Pastinya kamu akan mendapatkan banyak pengalaman baru dan seru saat bermain peran bersama dengan teman-teman yang lainnya. Suasana belajar akan lebih menyenangkan dan dapat belajar dengan baik.

Seperti itulah beberapa contoh manfaat bermain peran untuk proses belajar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui.

Mengapa Pilih Program English Whizz Kid

Khusus bagi kamu, para orang tua yang tertarik untuk belajar bahasa online, khususnya bahasa Inggris bisa mencari tempat kursus yang terpercaya. Biasanya di kursus bahasa Inggris tersedia beberapa pilihan program yang tersedia. Namun sebelum membahas mengenai daftar program yang tersedia, simak dahulu beberapa kelebihan program English Whizz Kid berikut ini:

  1. Metode Pembelajaran Menarik

Salah satu kelebihan dari program ini adalah menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan adalah game yang dikemas dengan bentuk permainan edukatif yang sesuai dengan usia dan topik materi di setiap pertemuan.

  1. Siswa Praktik Speaking secara Langsung

Kelebihan kedua adalah siswa bisa praktik speaking bahasa Inggris secara langsung selama kursus. Siswa dapat praktis speaking dua arah dengan pengajar sehingga akan lebih efektif.

  1. Menggunakan Metode Picture Based Learning

Kelebihan ketiga adalah menggunakan metode picture based learning sehingga siswa bisa memahami dan menghafalkan kosakata bahasa Inggris lebih mudah. Metode pembelajaran seperti ini tentu lebih menyenangkan bagi siswa. Apalagi untuk anak balita sehingga akan tertarik dengan proses pembelajaran yang diberikan.

Proses belajar bahasa Inggris seperti ini akan lebih praktis dan juga tepat sesuai dengan usianya. Anak-anak tidak akan mudah bosan selama mengikuti proses pembelajaran karena metode belajar yang dipakai menarik dan unik.

Pilihan program English Whizz Kid

Nah, berikut ini ada 2 pilihan program English Whizz Kid (usia 3 hingga 5 tahun) yang bisa kamu coba untuk buah hati, yaitu:

  1. Reguler

Program kelas online English Whizz Kid yang pertama adalah kelas reguler dengan biaya mulai dari 149K dengan berbagai fasilitas yang mendukung. Fasilitas yang tersedia yang dimiliki adalah kelas uji coba gratis, assessment, qualified and experience teacher, durasi kelas 60 menit sekali pertemuan, silabus dan modul pembelajaran, cuti program, pindah kelas dan layanan customer care.

  1. Private

Program kelas online English Whizz Kid yang kedua adalah kelas private dengan biaya mulai dari 229K dan dengan fasilitas tambahan menarik. Fasilitas yang tersedia adalah 1 kelas 1 orang, assessment, sertifikat ber-SK diknas, qualified and experienced teacher, durasi kelas 60 menit sekali pertemuan, kelas uji coba gratis, silabus dan modul pembelajaran, pindah kelas, cuti program dan layanan customer care.

Itulah beberapa informasi mengenai metode bermain peran dalam proses belajar bahasa Inggris dengan baik yang perlu kamu ketahui.

Jika bunda-bunda adalah tipe orang yang mengutamakan pendidikan anak dengan proses pembelajaran yang menyenangkan, maka Program kelas online English Whizz Kid ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Seperti apa keseruan kelasnya? Yuk, intip programnya sekarang!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan