Cara Menulis Cover Letter dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Pengertian, Cara, Dan Contoh Menulis Cover Letter Dalam Bahasa Inggris

Cover letter dalam bahasa Inggris dapat diartikan sebagai cover surat, namun pada dasarnya, cover letter adalah sebuah surat perkenalan diri yang menggunakan bahasa Inggris. Surat perkenalan diri ini dikirim bersamaan dengan resume, CV (Curriculum Vitae) yang digunakan saat kita melamar pekerjaan. Selain untuk melamar kerja, juga digunakan untuk melamar beasiswa kuliah.

Cover letter bahasa Inggris sangat penting, karena hal ini diperlukan untuk mendaftar kerja dan beasiswa setelah lulus sekolah. Inilah mengapa pelajaran cover letter diajarkan di kelas 12 SMA, SMK sederajat, penting terutama untuk SMK. Untuk bisa melamar pekerjaan dengan tepat, benar, dan rapi, terutama yang menggunakan bahasa Inggris, tentu kita harus tahu tentang cover letter itu sendiri.

Sekarang, kita akan membahas mengenai apa itu cover letter, bagaimana kita bisa menyusun cover letter, lalu hal apa yang perlu diperhatikan saat menyusun cover letter. Setelah Anda menyimak artikel ini, maka Anda bisa mengetahui mengenai apa itu cover letter, serta penggunaannya, dan juga cara untuk menyusun cover letter. Nah, simak artikel kami berikut ini untuk tahu lebih jelasnya.

Apa Itu Cover Letter?

Cover letter pada dasarnya adalah sebuah surat perkenalan diri yang dikirim saat melamar kerja, atau motivation letter juga dalam surat akademis. Cover letter digunakan untuk memperkenalkan diri, menyatakan mengapa melamar kerja di tempat tersebut, selain itu menunjukkan apakah Anda layak untuk melamar kerja tersebut, atau menerima beasiswa di tempat Anda melamar.

Mengapa kita memerlukan cover letter? Cover letter digunakan untuk menunjukkan diri Anda, sebagai perwakilan diri Anda, sehingga Anda bisa memperkenalkan diri kepada perusahaan atau penyedia beasiswa. Disana juga terdapat data diri Anda, dari mana Anda berasal, lulusan mana, usia, alamat rumah, dan sebagainya. Selain itu informasi pribadi seperti email, nomor telepon dan alamat rumah.

READ  Tidak Hanya Untuk Beasiswa, IELTS Digunakan Untuk Bekerja Juga!

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan informasi yang lebih spesifik lagi mengenai diri Anda, seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, track record, pengalaman berorganisasi, informasi apa saja mengenai diri Anda yang Anda tambahkan untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda layak untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

Cover letter juga bisa digunakan untuk menunjukkan semangat kerja, passion, dan minat untuk melamar posisi tersebut. Pada dasarnya untuk mengekspresikan mengapa Anda layak untuk menerima pekerjaan tersebut. Untuk itulah, cover letter harus rapi, terkesan meyakinkan oleh para penyedia kerja, sehingga bisa membuahkan hasil yang diinginkan.

Nah, untuk cover letter bahasa Inggris pastinya menggunakan English dalam penulisannya, serta ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari tata bahasa yang digunakan, pemilihan vocabulary yang ada di dalam cover letter, serta struktur cover letter yang baik dan benar. Nah, sekarang akan kami beritahukan caranya untuk menyusun cover letter bahasa Inggris yang benar, serta contohnya.

Seberapa Penting Cover Letter Saat Melamar Kerja?

Cover letter adalah first impression dari pertama kali Anda melamar pekerjaan. Cover letter harus bisa menjelaskan siapa dirimu, mengapa Anda berminat untuk melamar pekerjaan tersebut, serta apa kemampuan yang bisa Anda tunjukan kepada perusahaan, atau penyedia beasiswa? Hal ini sangatlah penting, karena cover letter akan menunjukkan identitas, motivasi, dan kemampuan Anda.

Cover letter bisa menunjukkan seberapa bersemangat, dan berminatnya Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, serta seberapa layaknya Anda untuk bisa masuk ke dalam perusahaan tersebut, atau juga menerima beasiswa tersebut.

Selain itu, beberapa perusahaan, terutama perusahaan luar negeri juga mengharuskan Anda menulis cover letter berbahasa Inggris, sehingga hal itu juga bisa jadi cara untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris, kerapihan Anda untuk menyusun cover letter, serta seberapa berminat Anda untuk mengisi pekerjaan, atau beasiswa tersebut.

READ  Biaya Training Bahasa Inggris Khusus Karyawan 2023 di Jagobahasa

Contoh-Contoh Penulisan Cover Letter dalam Bahasa Inggris

Cover letter yang bagus, serta bisa digunakan untuk melamar kerja profesional memiliki beberapa ciri, seperti penyusunan struktur yang tepat, penggunaan vocabulary yang tepat, hingga jumlah kata yang perlu dipertimbangkan. Nah, sebelum kita masuk ke contoh cover letter bahasa Inggris yang baik dan betul, kita perlu pertimbangkan dulu mengenai kriteria cover letter yang baik seperti:

  • Singkat padat dan jelas, tulisan cover letter tidak lebih dari 250 hingga 300 kata
  • Informasi yang ada haruslah benar, dan up-to-date
  • Gunakan bahasa Inggris yang baik dan benar, perhatikan vocabulary yang dipakai, gunakan grammar yang benar. Sedikit tips, Anda bisa menggunakan jasa proofreading grammar untuk memastikan grammar yang digunakan sudah benar, serta tidak ada kesalahan penulisan.

Nah, setelah memahami mengenai penulisan cover letter yang baik dan benar, untuk bisa mulai menulis cover letter bahasa Inggris yang betul, Anda bisa mengikuti beberapa contoh di bawah ini. Nah, berikut ini adalah contoh yang bisa Anda ikuti formatnya untuk bisa membuat cover letter untuk diri Anda sendiri.

Contoh Cover Letter Melamar Kerja Berbahasa Inggris

Dear Mr. Joko

I am writing this letter in order to apply for the position of Data Analyst for your company, the West Tech company.

I have more than three years of experiences working in Data Analyst as well as IT experts in many companies. In your job posting, you mentioned that West Tech company requires professional data analyst position, and therefore I am interested in applying it.

I have more than enough experiences working in data analyst position, and during my time at the old job, I have created many analysis that affected the companies benefit greatly. I have bachelor degree in computer sciences, and master degree in computer data analysis. I am sure that my skills, and knowledge in IT, computer, and data analysis will be great help for your company.

I enclose my cover letter with my complete application letter, CV, and my complete personal data. I hope that I can continue explaining myself, if you could give me the chances for interview. Thank you for your time and consideration.

 

I hope to hear more from you

 

Sincerely,

 

READ  Owner Wajib Perhatikan! Ini 4 Alasan Pentingnya Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Karyawan dan Perusahaan!!

Dino

Nah, untuk contoh cover letter itu, adalah standar untuk sebuah cover letter yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Selain itu, bisa juga digunakan nantinya untuk melamar beasiswa, namun dengan sedikit perbedaan dari konten yang ada. Perhatikan juga dengan grammatical error, dan usahakan juga menggunakan grammar checker, atau menggunakan proofread untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Nah, itulah dia contoh untuk cover letter bahasa Inggris beserta pembahasannya, seperti pentingnya untuk membuat cover letter berbahasa Inggris dengan benar, serta bagaimana Anda bisa menyusun cover letter yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan profesional dan beasiswa.

Agar semakin jago membuat cover letter berbahasa Inggris, Jagobahasa membuka program khusus untuk belajar bahasa Inggris secara online yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. 

Yuk daftarkan dirimu sekarang juga di Program Jagobahasa!

Share:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menggunakan metode yang dirancang secara khusus, kini kamu bisa lebih mudah belajar Bahasa Inggris diwaktu dan tempat ternyamanmu

Ikuti Kami

©2023 JagoBahasa.com. All Rights Reserved PT Jago Bahasa Inspira

Scroll to Top