Logo Jagobahasa

Home » blog

Bimbel dan Les Privat Bahasa Inggris: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Informasi Lengkap Private Bahasa Inggris Online

Dalam mempelajari bahasa Inggris, banyak orang mencari metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dua opsi yang umum dipertimbangkan adalah bimbingan belajar (bimbel atau les privat bahasa Inggris. Artikel ini akan membahas kelebihan dan pertimbangan dalam memilih antara les privat dan bimbel bahasa Inggris. Dengan memahami perbedaan dan keuntungan masing-masing, Kamu akan dapat memilih metode pembelajaran yang lebih menguntungkan sesuai dengan preferensi dan tujuan belajarmu.

Apa itu Les Privat dan Bimbel Bahasa Inggris?

Les privat bahasa Inggris adalah metode pembelajaran bahasa Inggris di mana seorang tutor pribadi memberikan pengajaran satu lawan satu kepada siswa. Tutor akan fokus pada kebutuhan dan kemampuan siswa secara individual, dengan memberikan perhatian penuh pada kemajuan mereka. 

Sementara itu, bimbel bahasa Inggris adalah lembaga pembelajaran yang menyediakan kelas dengan beberapa siswa yang diajar oleh beberapa pengajar. Bimbel biasanya memiliki kurikulum yang terstruktur dan menyediakan materi serta tes standar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.

Kelebihan Les Privat Bahasa Inggris

Les privat bahasa Inggris telah menjadi salah satu metode populer dalam mempelajari bahasa asing. Metode ini menawarkan berbagai kelebihan yang dapat membantu siswa mencapai tujuan belajar mereka dengan lebih efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kelebihan les privat bahasa Inggris yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih metode pembelajaran yang tepat.

1. Perhatian Penuh dari Tutor

Salah satu keuntungan utama dari les privat bahasa Inggris adalah perhatian penuh yang diberikan oleh tutor. Dalam les privat, kamu akan mendapatkan tutor yang fokus sepenuhnya pada kamu. Tutor akan memahami kebutuhan dan kemampuan kamu dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci dan personal. Dengan perhatian penuh ini, kamu dapat memahami materi dengan lebih baik dan memperbaiki kelemahanmu dengan cepat.

2. Kustomisasi Materi dan Metode Pembelajaran

Les privat bahasa Inggris memungkinkan kustomisasi materi dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhanmu. Tutor dapat menyesuaikan kurikulum dan metode pembelajaran agar sesuai dengan gaya belajarmu. Jika kamu memiliki preferensi belajar tertentu atau ingin fokus pada aspek bahasa tertentu, tutor akan membantumu mencapai tujuan tersebut. Dengan kustomisasi ini, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Kesempatan Praktik yang Intensif

Praktik adalah kunci dalam mempelajari bahasa Inggris dengan baik. Les privat bahasa Inggris memberikan kesempatan praktik yang intensif. Kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk berlatih berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Dengan praktik yang intensif ini, kemampuan berbahasa kamu akan meningkat dengan lebih cepat. Kamu juga akan memperoleh lebih banyak kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris dalam situasi nyata.

4. Fokus pada Kebutuhan Spesifik

Les privat bahasa Inggris memungkinkan fokus yang lebih besar pada kebutuhan spesifik siswa. Jika kamu memiliki kesulitan tertentu dalam memahami tata bahasa, pelafalan, atau keterampilan tertentu dalam bahasa Inggris, tutor akan membantu kamu mengatasi kesulitan tersebut. Tutor akan memberikan penjelasan tambahan, latihan khusus, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan fokus pada kebutuhan spesifik ini, kamu dapat mengatasi tantangan belajar dengan lebih efektif.

Kelebihan Bimbel Bahasa Inggris 

Di sisi lain, bimbel bahasa Inggris juga memiliki kelebihan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dalam kelompok memiliki keunggulan tertentu dibandingkan dengan belajar sendiri atau privat. berikut beberapa kelebihannya :

1. Interaksi dengan Sesama Siswa

Salah satu kelebihan belajar bahasa Inggris berkelompok adalah adanya interaksi dengan sesama siswa. Dalam kelompok, kamu dapat berdiskusi, berlatih percakapan, dan berbagi pengetahuan dengan sesama siswa. Interaksi ini membantu memperluas kosakatamu, meningkatkan pemahaman tentang tata bahasa, dan mengasah kemampuan mendengarkan serta berbicara dalam bahasa Inggris.

2. Motivasi dari Teman Sebaya

Belajar dalam kelompok juga memberikan kelebihan dalam hal motivasi. Ketika kamu berada dalam kelompok yang terdiri dari teman sebaya yang memiliki tujuan belajar yang sama, kamu akan saling memotivasi dan mendorong satu sama lain untuk mencapai kemajuan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa saling berbagi keberhasilan, menyelesaikan tugas bersama, dan memberikan dukungan moral.

3. Diskusi dan Kolaborasi

Dalam bimbel bahasa Inggris berkelompok, diskusi dan kolaborasi menjadi bagian penting dari proses belajar. Dalam diskusi, kamu dapat berbagi pendapat, berdebat, dan memperdalam pemahamanmu tentang topik tertentu. Kolaborasi juga memberikan kesempatan untuk bekerja sama dalam tugas kelompok, membuat presentasi bersama, atau mengorganisir kegiatan belajar yang melibatkan semua anggota kelompok.

4. Peran Guru sebagai Fasilitator

Dalam bimbel bahasa Inggris berkelompok, guru memiliki peran sebagai fasilitator. Mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga membimbing dan mendukung siswa dalam proses belajar dalam kelompok. Guru membantu menyusun agenda pembelajaran, memberikan arahan, memberikan umpan balik, dan memastikan bahwa semua siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

5. Pengembangan Keterampilan Sosial

Belajar bahasa Inggris berkelompok juga membantu dalam pengembangan keterampilan sosial siswa. Dalam kelompok, siswa belajar untuk bekerja sama, mendengarkan dengan baik, menghargai pendapat orang lain, dan mengekspresikan ide mereka dengan jelas. Keterampilan sosial ini penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga akan berguna dalam karir di masa depan.

Pertimbangan Memilih Les Privat atau Bimbel Bahasa Inggris

Ketika memilih antara les privat dan bimbel bahasa Inggris, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan. Pertama, pertimbangkan preferensi belajarmu. Apakah kamu lebih nyaman dengan perhatian penuh dari tutor dalam les privat atau suka berinteraksi dengan sesama siswa dalam bimbel? Selanjutnya, pertimbangkan jadwalmu. Jika kamu memiliki keterbatasan waktu yang ketat, les privat mungkin menjadi pilihan yang lebih fleksibel. Selain itu, pertimbangkan juga anggaran yang akan kamu berikan, karena biaya les privat biasanya lebih tinggi daripada biaya bimbel biasa.

1. Kualitas Pengajar dalam Les Privat dan Bimbel Bahasa Inggris

Kualitas pengajar merupakan faktor penting dalam memilih metode pembelajaran bahasa Inggris. Dalam les privat, Anda dapat memilih tutor yang memiliki kualifikasi, pengalaman, dan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam bimbel bahasa Inggris, pastikan lembaga tersebut memiliki pengajar yang berkualitas, kompeten, dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris.

2. Fasilitas dan Metode Pembelajaran dalam Les Privat dan Bimbel Bahasa Inggris

Perhatikan juga fasilitas dan metode pembelajaran yang disediakan dalam les privat dan bimbel bahasa Inggris. Les privat biasanya dilakukan di rumah siswa atau secara online, menggunakan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sementara itu, bimbel bahasa Inggris menyediakan fasilitas yang mendukung pembelajaran, seperti ruang kelas, materi, dan metode pengajaran yang telah teruji.

3. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi dalam Les Privat dan Bimbel Bahasa Inggris

Fleksibilitas waktu dan lokasi juga perlu dipertimbangkan. Dalam les privat, kamu dapat menjadwalkan waktu pembelajaran sesuai ketersediaanmu, bahkan dapat mengatur lokasi yang nyaman untukmu. Di sisi lain, bimbel bahasa Inggris memiliki jadwal tetap dan tempat pembelajaran yang sudah ditentukan.

4. Harga dan Biaya dalam Les Privat dan Bimbel Bahasa Inggris

Pertimbangkan juga faktor biaya dalam memilih metode pembelajaran bahasa Inggris. Les privat cenderung lebih mahal karena kualitas pengajaran yang lebih personal dan kustomisasi yang lebih tinggi. Sementara itu, bimbel bahasa Inggris menawarkan biaya yang lebih terjangkau dengan pembelajaran dalam kelompok.

Berapa Tarif Les Privat Per Jam?

Biaya les privat bahasa Inggris dapat dihitung bergantung pada usia siswa, program yang dipilih dan pilihan kelas. Jika dihitung per jam, sebuah Lembaga Kursus dapat mematok biaya sebesar Rp150.000 untuk kelas belajar TK dan sekolah dasar.

Daftar di Jago Bahasa untuk program English For Kids untuk anak-anak usia 6-14 tahun dimulai dengan harga Rp895.000, dengan kelas intensif dari Senin sampai Jumat dan durasi belajar setiap pertemuannya adalah 60 menit. Biaya tersebut tergolong lebih murah karena bisa memilih teacher, dapat silabus dan modul pembelajaran, guru profesional, dan memperoleh gratis lebih dari  50 video pembelajaran yang dapat diakses selamat selamanya!

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai bimbel dan les privat bahasa Inggris. Gimana? masih bingung harus milih yang mana? 

Daripada bingung, yuk kuasai bahasa Inggris dengan lebih efektif, cepat dan hemat. Dengan bergabung les privat bahasa Inggris online bareng Jagobahasa.

Diajarkan langsung oleh para tutor profesional, membuat proses belajar berjalan dengan interaktif dan efektif untuk si kecil. Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan putra-putri Anda sekarang juga di Jagobahasa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo