Logo Jagobahasa

Cara Mudah Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Sejak Kecil

Jangan Bingung Bunda! Berikut Ini Cara Mengenalkan Bahasa Inggris Kepada Anak Sejak Kecil

Mengenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak kecil membuat otak tetap aktif dan sehat, meningkatkan daya ingat, kreativitas, dan kemampuan kognitif. 

Namun, mengajarkan bahasa ini kepada mereka memang bukan hal yang terbilang mudah.Terlebih, anak-anak sering merasa moody ketika harus belajar bahasa asing yang belum terlalu akrab buat mereka. 

Namun, Bunda tak perlu khawatir. Berikut ini cara mengajarkan bahasa Inggris kepada anak sejak kecil.

1. Menggunakan Permainan

Dunia anak memang akrab dengan games. Alih-alih melarang penggunaan games bagi anak-anak, kita dapat mencoba memanfaatkan games sebagai media pembelajaran bahasa Inggris yang tidak membosankan. 

Ada beberapa games yang bisa dicoba mainkan bersama anak untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, seperti scrabble, taboo game, dan hangman

2. Membacakan Buku Cerita Berbahasa Inggris

Membacakan buku cerita bisa menjadi salah satu cara untuk belajar bahasa inggris untuk anak terutama dalam melatih kemampuan reading sekaligus memperkaya kosakata baru. Terlebih dalam buku cerita, akan ada banyak kosakata yang masih asing dan bisa dicari bersama-sama artinya.

Melalui buku cerita, anak juga dapat belajar mengenai grammar atau tata bahasa pada setiap kalimat. Anak juga membiasakan diri melihat kalimat berbahasa Inggris sehingga nantinya anak juga akan lebih percaya diri menghadapi berbagai kalimat.

Saat ini ada banyak buku cerita yang bisa dipilih untuk belajar bahasa Inggris, meski demikian ada baiknya Anda memilih bacaan bahasa Inggris yang menarik dengan isi yang sesuai usia anak. Sebagai pertimbangan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Sesuaikan dengan kemampuan berbahasa anak
  • Cerita yang mudah dipahami
  • Tampilan yang menarik

3. Mengajak Bernyanyi

Bernyanyi menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dalam belajar bahasa inggris untuk anak. Terlebih, mengenalkan lagu-lagu menjadi salah satu cara efektif dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak. Dengan lagu-lagu ini, anak akan belajar mengenai kosakata sekaligus grammar.

Lagu menjadi media belajar yang cukup efektif karena mudah didapatkan dan saat ini sudah banyak lagu berbahasa Inggris yang dapat ditemukan di sekitar kita. Selain itu, ada banyak platform musik yang memungkinkan kita mendapatkan lagu dengan mudah.

Lantas, lagu apa saja yang bisa diajarkan? Tentu saja harus disesuaikan dengan usia anak. Mulai dari ABC Song atau lagu-lagu hitungan angka, sudah mulai bisa dikenalkan sejak anak sudah lancar berbicara.

Ada juga lagu-lagu anak yang populer seperti “Old MacDonald Had a Farm”, “Twinkle, Twinkle, Little Star”, “Baby Shark”, dan sebagainya. Tidak sedikit lagu-lagu populer yang banyak dinyanyikan oleh penyanyi dewasa, namun pastikan Anda memilih lagu dengan lirik yang masih aman untuk anak.

4. Mengajak Berbicara dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sejatinya dapat dipelajari setiap saat, terutama dalam percakapan sehari-hari. Untuk mendukung belajar bahasa inggris untuk anak, ajak mereka bercakap-cakap dalam bahasa Inggris meskipun dengan kosakata yang masih sederhana. 

Anda juga dapat melakukan secara bertahap dengan menyampaikan suatu hal dalam campuran bahasa Indonesia dan Inggris.

Orangtua dapat memulai kalimat-kalimat yang umum seperti salam (good morning, good night, have a nice day). Selanjutnya tambah kosakata lain seperti alat-alat makan sehari-hari (plate, spoon). Jika sudah semakin lancar, tambahkan dengan berbagai kalimat lain dalam bahasa Inggris pada percakapan Anda.

5. Menonton Video Animasi dalam Bahasa Inggris

Kartun atau animasi juga bisa menjadi salah satu media pembelajaran bahasa Inggris yang menarik untuk anak. Gambar bergerak menstimulasi kemampuan anak dalam menambah kosakata dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pastikan animasi tersebut sesuai dengan usia anak.

Menurut salah satu ahli linguistik, pembelajaran bahasa melalui animasi dinilai lebih efektif karena tampilan visualnya dapat membuat anak menyerap bahasa Inggris secara alami. Anak-anak juga akan senang menonton animasi tersebut sekaligus dapat melatih kemampuan listening, reading, hingga speaking karena anak-anak akan meniru animasi tersebut.

Sebagai orang tua, tentu memerlukan kesabaran untuk mengajarkan hal yang baru untuk anak, namun jika dilakukan secara rutin maka anak akan terbiasa dan kemampuan bahasa Inggris-nya semakin meningkat.

Agar belajar bahasa Inggris semakin efektif dan menyenangkan, Jagobahasa punya kursus bahasa Inggris online untuk anak English Whizz Kids.

Jangan tunda anak untuk bisa belajar dan mahir bahasa Inggris, ya Bund. Yuk daftarkan anak Anda sekarang juga!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan