Logo Jagobahasa

TOEFL IBT Practice Test JagoBahasa

TOEFL iBT practice test memiliki peran penting buat menilai kemahiran bahasa Inggrismu. Hasil ujian TOEFL iBT menjadi tolak ukur kemampuanmu dalam konteks akademis dan profesional yang biasa ditemukan dalam persyaratan seleksi karir atau beasiswa luar negeri.

Apa Saja Section Test dalam TOEFL IBT?

TOEFL iBT practice test diujikan secara terpisah buat mengetahui dengan pasti sejauh mana kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Ujian TOEFL iBT melibatkan empat skills bahasa Inggris yang juga dibagi dalam empat section test, yaitu:

1. Listening Comprehension

Pemahaman mendengarkan merupakan salah satu bagian dalam TOEFL iBT yang dirancang buat mengukur kemampuan kamu memahami percakapan lisan dalam konteks akademis. Topik yang dibicarakan tidak jauh dari percakapan di kelas, diskusi kelompok, dan wawancara.

Melalui rekaman yang didengarkan kamu akan diuji menggunakan pertanyaan yang perlu diidentifikasi rincian informasi, simpulan makna umum atau tujuan pembicaraan, dan menghubungkan informasi dari percakapan.

Listening comprehension mengukur kesiapanmu berinteraksi di lingkungan berbahasa Inggris. Ini karena kamu dituntut beradaptasi dengan variasi gaya bicara, aksen, dan kecepatan berbicara yang berbeda.

2. Reading Comprehension

Pemahaman membaca dalam TOEFL iBT practice test menilai kemampuanmu membaca sekaligus memahami bacaan berbahasa Inggris. Kamu akan diuji dengan teks yang menyangkut berbagai genre dan topik.

Di tahap ujian ini kamu juga perlu cekatan menganalisis struktur teks, menyusun pemahaman lebih mendalam dari teks tersedia, sampai menafsirkan makna implisit. Diperlukan kemampuan membaca dengan cepat dan efektif buat menyelesaikan ujian dalam waktu yang cukup singkat.

Keberhasilan dalam menyelesaikan section reading comprehension di TOEFL iBT practice test mencerminkan kesiapanmu berkontribusi dalam lingkungan berbahasa Inggris buat mendapatkan dan mengakses informasi relevan dari berbagai sumber tulisan.

3. Speaking

Speaking (berbicara) merupakan bagian dalam section test yang dirancang buat menilai kemampuan kamu dalam berkomunikasi lisan menggunakan bahasa Inggris. Ujian pada tahap ini mencakup berbagai tugas yang menguji keterampilan speaking-mu.

Speaking pada TOEFL iBT dibagi menjadi independent speaking dan integrated speaking. Task tersebut dirancang buat mengukur kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, mulai dari pengucapan, struktur kalimat, kejelasan ide, dan kemampuan menyusun argumen.

4. Writing

Writing merupakan kemampuan menulis yang akan diujikan dalam TOEFL iBT section test buat mengevaluasi kemampuan kamu dalam menulis bahasa Inggris. Tujuan dari ujian tahap ini adalah menunjukkan kemampuan menyampaikan ide secara efektif dalam bentuk tulisan.

Pada section test ini kamu akan dihadapkan pada integrated writing task dengan menyusun esai yang mengintegrasikan informasi dan independent writing task buat menyajikan pendapat, menceritakan pengalaman pribadi, dan berargumen.

Section Score dalam TOEFL IBT

Buat mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu TOEFL iBT practice test dibagi menjadi empat section score. Kamu perlu menyelesaikan keempat sesi berikut ini buat mengetahui sejauh mana kemahiranmu dalam berbahasa Inggris:

  1. Listening Section mengujikan kemampuan mendengarkan dan memahami informasi yang disampaikan dalam berbagai konteks, misal percakapan sehari-hari atau perkuliahan yang bisa kamu dengarkan melalui rekaman audio.
  2. Reading Section yang menguji kemampuanmu dalam membaca dan memahami teks berbahasa Inggris. Kamu perlu menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang disajikan setelah teks buat memastikan pemahamanmu terhadap isi bacaan.
  3. Speaking Section pada TOEFL iBT practice test menilai kemampuan kamu dalam berbicara bahasa Inggris. Kamu akan diminta memberikan tanggapan lisan terhadap situasi tertentu serta mengekspresikan pendapat secara jelas.
  4. Writing Section mengujikan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang meliputi dua task, yaitu menulis esai berdasarkan bacaan dan audio, serta menyusun esai berdasarkan pendapat pribadi.

Score di setiap section memiliki bobot nilai 0 sampai 30 yang akan digabungkan menjadi total score keseluruhan dengan nilai maksimal 120. Score TOEFL iBT memberikan gambaran tentang kemampuan dan kesiapan kamu menggunakan bahasa Inggris buat kepentingan akademik, karir, maupun kehidupan sehari-hari.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan dalam Menghadapi Tes TOEFL IBT?

Kamu memerlukan persiapan matang buat menghadapi TOEFL iBT practice test agar bisa mendapatkan hasil maksimal yang bisa membantumu mencapai goals impian. Berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan:

1. Memahami Struktur Tes

Agar membantumu lebih lancar mengerjakan ujian TOEFL iBT kamu bisa melakukan persiapan dengan memahami struktur tes yang terdiri dari listening, reading, speaking, dan writing.

2. Berlatih Soal Ujian

Latih diri kamu dengan soal-soal TOEFL iBT yang bisa mudah ditemukan di internet atau buku khusus latihan. Semakin sering berlatih akan membantumu lebih lancar mengerjakan soal saat menghadapi official test nantinya.

Berlatih soal-soal TOEFL iBT practice test juga membantumu mengukur kemampuan dengan melakukan evaluasi di setiap skill-nya. Kamu bisa terus meningkatkan progres belajarmu buat capai skor maksimal.

3. Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa 

Perbendaharaan katamu perlu diperbanyak sebelum menghadapi official TOEFL iBT practice test. Pemahamanmu mengenai tata bahasa Inggris akan sangat membantu melancarkan sesi ujian, karena kamu akan lebih mudah fokus pada kata-kata dan struktur kalimat tanpa terdistraksi.

4. Praktik Berbicara dalam Bahasa Inggris

Latih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggrismu agar bisa menghadapi ujian dengan speaking dengan pronunciation yang tepat dan intonasi yang benar. Kamu bisa berlatih secara mandiri atau meminta bantuan orang lain buat berdialog langsung menggunakan bahasa Inggris.

5. Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Mendengarkan

Kamu bisa mempersiapkan diri sebelum ujian dengan memperbanyak membaca dan mendengar bacaan atau cerita berbahasa Inggris. Ini akan sangat membantumu buat lebih familiar dengan kosakata berbahasa Inggris yang bisa saja muncul saat ujian.

Bacaan mulai dari artikel, esai, dan cerita dalam bahasa Inggris bisa menjadi konsumsi rutin kamu. Buat membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan kamu bisa lebih rutin mendengarkan rekaman audio, seperti podcast, berita, dan wawancara berbahasa Inggris.

6. Manajemen Waktu

Belajar manajemen waktu sangat penting sebelum kamu menjalani official TOEFL iBT practice test. Buat batasan waktu yang diperlukan dalam mengerjakan setiap section test agar kamu terlatih mengerjakan soal dengan lebih tenang dan efisien.

7. Memahami Petunjuk Ujian

Pahami bagaimana ujian berlangsung dengan mempelajari petunjuk ujian. Hal ini akan sangat membantumu agar bisa menyelesaikan soal secara optimal tanpa mengalami banyak kebingungan. 

Siapkan tips khusus di atas dengan matang jauh-jauh hari buat membantumu menghadapi ujian dengan lebih percaya diri dan siap menyelesaikan setiap tantangan all skills TOEFL iBT.

TOEFL IBT Practice Test Jagobahasa

Mempelajari all skills TOEFL iBT practice test memerlukan kefokusan penuh agar kamu bisa menyerap materi secara optimal dan meraih skor maksimal. Mendukung hal tersebut Jagobahasa membantumu belajar secara eksklusif di kelas privat yang minim distraksi agar kamu lebih maksimal dalam bereksplorasi.

Dibimbing langsung oleh teacher yang profesional kamu akan mendapatkan tips dan trik cepat menguasai all skills TOEFL, mulai dari listening, speaking, reading, sampai writing. Bukan hal yang sulit buat membantumu meraih goals belajar impian, karena teacher Jagobahasa yang suportif akan menjadi sahabat yang tepat buat mendukung pendidikan dan karirmu.

Belajar TOEFL iBT practice test bersama Jagobahasa membuatmu lebih nyaman dan bebas bereksplorasi dengan menentukan waktu belajarmu sendiri. Kamu bebas belajar jam berapapun di weekday atau weekend tanpa perlu mengganggu aktivitas harian.

Why Jagobahasa?

Secara eksklusif membantu proses belajarmu agar lebih on the track, Jagobahasa memberikan fasilitas scoring intensive yang dilakukan setelah sesi belajar setiap satu skill TOEFL selesai. Kamu akan dibantu mengetahui progres belajarmu setelah bereksplorasi bersama Jagobahasa di kelas TOEFL iBT practice test.

Scoring intensive ini juga membantumu lebih paham skills TOEFL mana yang perlu ditingkatkan ulang sebelum menghadapi official test TOEFL iBT buat keperluan pendidikan maupun karir. Konsultasikan proses belajarmu bersama teacher Jagobahasa buat membantu mendapatkan skor maksimal yang kamu impikan.

Setelah kamu sesi kelas berakhir kamu akan mengantongi sertifikat TOEFL iBT by Jagobahasa sebagai bukti penguasaan all skills TOEFL yang bisa digunakan buat keperluan akademik, baik di dalam atau luar negeri sampai melanjutkan karir di dunia internasional.

Saatnya meraih impianmu buat melanjutkan pendidikan dan berkarir lebih matang lagi di dunia internasional demi masa depanmu yang lebih cerah. Solusikan permasalahan terkait skills berbahasa Inggris dengan bergabung di kelas TOEFL iBT practice test sekarang.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan