Logo Jagobahasa

Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Istilah simple present tense dalam bahasa Inggris pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Penggunaan simple present tense diperlukan buat mengungkapkan sebuah kalimat secara benar dan terstruktur. Artikel kali ini akan mengupas tuntas seputar simple present tense sampai bagaimana menerapkannya secara tepat pada sebuah kalimat.

Pengertian Simple Present Tense 

Simple present tense merupakan bentuk waktu dalam bahasa Inggris yang digunakan buat menyatakan sebuah fakta, kebiasaan, atau kejadian yang terjadi secara berulang pada situasi saat ini.

Susunan kalimatnya menggunakan bentuk dasar kata kerja atau yang lebih akrab dikenal dengan verb. Namun, penggunaan kalimat bisa berbeda dalam konteks orang ketiga tunggal (he, she, it) yang dikenakan tambahan “-s” atau “-es” di akhir verb.

Selain digunakan buat mengungkapkan suatu kejadian yang sifatnya rutin, simple present tense juga digunakan menyatakan sebuah kebenaran. Ini biasa digunakan dalam pernyataan ilmiah atau sebuah peraturan umum.

Penggunaan kalimat ini diperlukan dalam konteks sehari-hari, dalam kegiatan yang dianggap sebagai sebuah rutinitas yang terjadi secara teratur. Kamu bisa menggunakannya buat menyatakan tindakan yang terjadi saat ini maupun tindakan yang dilakukan secara berulang atau terjadwal.

Kegunaan Simple Present Tense

Dalam penggunaannya sehari-hari, simple present tense memiliki banyak peranan. Kamu bisa menerapkannya dalam rutinitas harian sesuai konteks dan tujuan yang ingin disampaikan dalam kalimat. Berikut kegunaan simple present tense yang bisa kamu pelajari:

1. Menyatakan Fakta Umum

Simple present tense bisa kamu gunakan buat menjelaskan fakta umum atau sebuah kebenaran yang tetap berlaku. Misalnya, kalimat yang menyampaikan informasi bersifat umum, tetap, dan berlaku sepanjang waktu.
Kamu juga bisa menggunakannya dalam menyampaikan informasi ilmiah atau pengetahuan umum. Ini akan mendukung ungkapan kebenaran yang berlaku secara universal. Contohnya, ilmu pengetahuan umum, hukum alam atau fisika, norma yang berlaku, dan sejarah atau budaya.

2. Menyatakan Kebiasaan dan Rutinitas

Simple present tense bisa kamu gunakan buat menyatakan kebiasaan atau rutinitas harian yang terjadi dalam waktu-waktu tertentu atau dengan frekuensi tetap. Seperti, menjelaskan kebiasaan atau aktivitas yang menjadi bagian kehidupan sehari-hari, kegiatan atau hobi yang sering dilakukan, dan kebiasaan dalam konteks keluarga.

3. Menyatakan Keterangan Ilmiah atau Matematika

Simple present tense bisa kamu gunakan buat menyatakan keterangan ilmiah atau matematika, terutama merujuk pada kebenaran umum yang berlaku sepanjang waktu. Seperti, prinsip ilmiah atau keterangan umum, hukum fisika atau alam, pernyataan matematika, fenomena alam yang berlaku, dan pernyataan logika atau prinsip umum.

4. Menyatakan Jadwal atau Agenda Tetap

Kamu bisa menggunakan kalimat ini buat ditujukan pada aktivitas yang dilakukan secara teratur, seperti jadwal atau agenda yang tetap. Ini berfungsi mengutarakan informasi yang membantu orang lain memahami kapan sesuatu terjadi secara konsisten.

Simple present tense yang digunakan dalam menyatakan jadwal dan agenda ini bisa kamu aplikasikan buat transportasi dan perjalanan, pertunjuutikan atau acara rutin, jadwal kerja atau kegiatan kantor, jadwal pelajaran atau kegiatan sekolah, kegiatan agama atau ibadah, dan jadwal toko atau tempat usaha.

1. Menyatakan Pernyataan yang Bersifat Tetap dan Selalu

Dalam konteks kalimat yang bersifat tetap, kamu bisa menggunakan simple present tense buat menyatakan pernyataan yang bersifat tetap, kebenaran umum, atau fakta yang selalu berlaku.

Kamu bisa menggunakan simple present tense dalam kalimat yang menyatakan fakta alam atau ilmiah, kebenaran umum, sastra atau puisi, identitas atau sifat karakter, kebiasaan atau sifat individu, dan kebiasaan sosial atau kultur.

2. Menyatakan Perasaan atau Pendapat yang Bersifat Tetap

Simple present tense juga bisa kamu gunakan buat mengungkapkan kalimat yang merujuk pada perasaan atau pendapat yang bersifat tetap dan umum. Misalnya, digunakan dalam menyatakan pendapat atau keyakinan pribadi, kesukaan atau kebencian, preferensi, fakta, prinsip, dan keyakinan agama.

Penggunaan simple present tense menunjukkan bahwa sebuah ungkapan merupakan hal yang tetap berlaku bukan sesuatu yang terbatas pada waktu tertentu. Kamu bisa menyesuaikan penggunaannya dengan konteks dan waktu yang diperlukan.

Rumus Simple Present Tense

Mengaplikasikan simple present tense dalam kalimat juga perlu kamu perhatikan buat menghindari kekeliruan penyampaian. Kamu perlu memahami rumus yang tepat dalam struktur kalimat simple present tense yang bisa disesuaikan pada konteks affirmative (kalimat positif), negative (kalimat negatif), dan interrogrative (kalimat tanya).

Rumus yang bisa kamu pahami sebagai berikut:

  • Affirmative

Subject + Verb + Object

  • Negative

Subject + Do/Does + Not + Verb + Object

  • Interrogative

Wh-Question Word + Do/Does + Subject + Verb + Object?

Kamu bisa menggunakan rumus di atas buat membentuk kalimat simple present tense yang menyatakan suatu kejadian secara berulang. Penambahan “-s” dan “-es” pada kata kerja bisa kamu sesuaikan langsung mengikuti subjek kalimat.

Contoh Kalimat Menggunakan Simple Present Tense

Berikut merupakan contoh kalimat yang menggunakan simple present tense dalam menyatakan kejadian rutin, kebiasaan, fakta umum, dan kebenaran umum menggunakan  rumus yang tepat:

  • Affirmative Sentence
  • I go to the market every morning

(Aku pergi ke pasar setiap hari)

  • She goes to the gym everyday

(Dia pergi ke gym setiap hari)

  • Negative Sentence
  • I do not like meatball

(Aku tidak suka bakso)

  • He does not wear jacket

(Dia tidak memakai jaket)

  • Interrogative Sentence
  • Do you go to the park?

(Apakah kamu pergi ke taman?)

  • Do they speak English?

(Apakah mereka bisa berbicara dengan bahasa Inggris?)

Contoh di atas merupakan sebagian kecil cara mengaplikasikan simple present tense dalam aktivitas harian. Kamu bisa menyesuaikan penggunaan struktur kalimat tersebut sesuai keperluan dan konteks yang dibutuhkan.

Mengaplikasikan simple present tense dalam percakapan sehari-hari bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara signifikan. Memahami simple present tense secara lebih detail dengan cara yang mudah dan cepat bisa kamu perdalam dengan bergabung dalam program belajar Jagobahasa.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan