Logo Jagobahasa

Cara Tingkatkan Skill Speaking Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Skill Speaking Bahasa Inggrismu

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib dikuasai, selain bahasa ibu. Beberapa negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa resmi, tetap menggunakannya untuk kebutuhan bisnis dan akademik. 

Dilansir dari website cambridgeenglish.org, sekitar 85% organisasi internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa kerja mereka dan lebih dari 80% jurnal akademik ditulis dalam bahasa Inggris. Alhasil, orang yang bahasa Ibunya bukan bahasa Inggris harus tetap mempelajarinya.

Dalam bahasa Inggris, ada 4 skills yang wajib kamu kuasai, yaitu reading, writing, speaking and listening. Namun, skill yang paling penting untuk dikuasai adalah reading dan speaking. Apalagi ketika kamu bekerja di bidang perhotelan atau perjalanan, seperti tour guide wajib banget belajar speaking.

Agar skill speaking-mu meningkat, yuk simak caranya melalui artikel ini!

Cara Meningkatkan Skill Speaking Bahasa Inggris

Berikut ini cara untuk meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris:

1. Berlatih secara teratur

Konsisten adalah kunci untuk meningkatkan semua skill, termasuk speaking. Berusahalah untuk berbicara dalam bahasa Inggris setiap har. Ajak teman untuk berbicara dalam bahasa Inggris atau gabung ke komunitas bahasa Inggris. Jika masih malu, kamu bisa berbicara dalam bahasa Inggris di depan cermin agar lebih percaya diri.

2. Manfaatkan media pembelajaran

Belajarlah menggunakan media, seperti menonton film, acara TV, atau mendengarkan podcast, siaran berita, atau buku audio dalam bahasa Inggris. Perhatikan pula aksen pembicara, struktur kalimat, dan penggunaan kosa kata. Alhasil, cara ini dapat membantu kamu mengembangkan pelafalan, intonasi, dan pemahaman bahasa secara keseluruhan.

3. Perkaya kosakatamu dalam bahasa Inggris

Perbanyak kosakata dengan membaca buku, surat kabar, dan artikel berbahasa Inggris. Gunakan kamus atau aplikasi penerjemah kosakata untuk memahami arti dan penggunaan kata-kata baru.

4. Jangan lupakan pronunciation saat praktek speaking

Fokus juga ke pelafalan atau pronunciation. Hal ini dapat meningkatkan kejelasan dan kefasihan berbahasa Inggrismu. Berlatih berbicara dengan lantang, rekam suara ketika berbicara, dan bandingkan pelafalan kamu dengan native speakers. Tiru intonasi, tekanan, dan ritme mereka agar terdengar lebih alami.

5. Cari kesempatan berbicara bareng native speakers

Carilah kesempatan untuk bercakap-cakap dengan native speakers bahasa Inggris atau sesama pelajar. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membantu kamu dalam menerapkan apa yang telah dipelajari.

6. Pelajari idiomatic expressions pada bahasa Inggris

Pelajari dan gunakan ekspresi idiomatik (idiomatic expressions): Idiom dan ekspresi adalah bagian penting dari bahasa Inggris sehari-hari. Pelajari frasa idiomatis yang umum digunakan dan cobalah memasukkannya ke dalam percakapanmu.

7. Imbangi dengan memanfaatkan teknologi

Manfaatkan teknologi. Banyak aplikasi pembelajaran bahasa dan website dapat membantu kamu untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, seperti Duolingo.

8. Latihlah penguasaan grammar bahasa Inggris

Latih juga penguasaan grammar: meskipun kefasihan dan komunikasi yang efektif sangat penting, memiliki basic grammar yang kuat akan membantu kamu mengekspresikan diri dengan tepat. Kamu dapat mencari panduan basic grammar melalui buku teks dan tutorial online.

9. Jangan takut dan percaya diri

Membangun kepercayaan diri sangat penting untuk speaking bahasa Inggris dengan lancar. Jangan takut membuat kesalahan, karena itu adalah bagian dari proses pembelajaran. Manfaatkan setiap kesempatan untuk berbicara bahasa Inggris, dan ingat bahwa setiap percakapan adalah kesempatan untuk berkembang.

10. Cari dan manfaatkan feedback

Cari dan terima feedback dari native speakers atau tutor bahasa Inggris untuk mengidentifikasi bagian speaking mana yang perlu ditingkatkan atau dievaluasi.

Jika kamu mencari tutor yang siap membimbingmu untuk meningkatkan skill speaking bahasa Inggris, Jagobahasa adalah pilihan yang tepat. Jagobahasa mempunyai program Jago Speaking yang cocok banget buat kamu.

Dengan harga mulai Rp 325.000,- kamu bisa belajar speaking bersama teman-teman baru yang dibimbing oleh tutor berpengalaman. Tak hanya itu, kamu akan mendapatkan evaluasi setiap minggu untuk menguji skill speaking bahasa Inggris.

Ingat, meningkatkan skill speaking membutuhkan waktu dan usaha. Sabar dan konsisten berlatih adalah kuncinya. 

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan