Grogi saat di Panggung? Eits Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya!

Grogi Saat di Panggung_ Eits Jangan Panik!

Mengalami grogi saat berbicara di depan umum maupun di atas panggung menjadi hal yang menyebalkan. Apalagi grogi bisa membuat orang menjadi lupa dengan apa yang akan disampaikan. 

Sebenarnya, apa sih penyebab grogi itu? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak artikel berikut ini agar kamu semakin percaya diri!

Penyebab Seseorang Grogi Saat Di Panggung!

Penyebab grogi saat berada di panggung biasanya dikarenakan demam panggung, dalam dunia medis demam panggung tersebut biasa disebut dengan kecemasan sosial. Seorang dokter pernah berpendapat bahwa demam panggung menjadi sangat umum dirasakan oleh sebagian besar orang, terlebih lagi jika kondisi mentalnya sedang buruk, maka demam panggung dan grogi selalu terjadi.

Ciri-ciri orang yang demam panggung sangat terlihat secara fisik, adapun beberapa ciri-ciri tersebut diantaranya ialah merasa selalu khawatir akan berada di atas panggung, sakit fisik, gelisah, bahkan kita takut untuk berhadapan serta berbincang dengan lawan bicara kita.

Grogi yang berlebihan bisa ditandai dengan beberapa kondisi, baik secara psikis maupun secara fisik, yaitu:

  • Tubuh yang bergetar
  • Berkeringat
  • Otot yang kerap menegang
  • Mual
  • Pusing
  • Jantung yang berdebar kencang
  • Perasaan ingin melarikan diri
  • Rasa gugup dan cemas yang berlebih
  • Selalu menghindar pada saat tahu sedang menjadi pusat perhatian
  • Kurang percaya diri
  • Selalu butuh ditemani ke mana pun pergi
  • Menghindari tatapan mata dengan lawan bicara
  • Dan lain-lain.

Setelah mengetahui ciri-ciri orang yang mengalami demam panggung, apakah kita termasuk orangnya? Nah, untuk mengetahui Penyebab grogi atau demam panggung banyak yang mempengaruhinya. Adapun beberapa Penyebab grogi saat di panggung, diantaranya ialah:

  1. Rasa tidak percaya diri berlebihan

Penyebab grogi yang pertama ialah karena adanya rasa tidak percaya diri yang berlebihan. Rasa tidak percaya diri atau yang sering disebut dengan insecure sangatlah tidak baik. Hal ini akan membuat kita untuk sulit menjadi orang yang maju, berfikir secara kritis maupun dinamis.

READ  Narrative Text : Pengertian, Tujuan, Struktur Dan Contoh

jika kalian memiliki rasa tidak percaya diri alangkah baiknya untuk dihilangkan, karena setiap orang pasti memiliki kemampuan yang perlu untuk digali. Orang yang sering menggali potensi yang ada pada dirinya dan percaya akan kemampuannya maka ia akan berpotensi menjadi orang yang sukses. Oleh karena itu kita perlu menjadi pribadi yang percaya pada kemampuan diri sendiri.

  1. Kurang istirahat

Selain adanya rasa percaya diri yang terlalu berlebihan, faktor lain yang menyebabkan grogi pada saat di atas panggung ialah karena badan dan pikiran yang kurang beristirahat. Selain makan, ternyata istirahat juga termasuk salah satu hal yang menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tubuh. Setidaknya kita perlu beristirahat dengan cukup yaitu sekitar 7 sampai dengan 8 jam sehari.

Istirahat yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh kita serta bisa memulihkan kembali tenaga kita sehingga kita menjadi lebih bugar dari sebelumnya. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat juga, sehingga kita akan terhindar dari rasa cemas, khawatir, dan juga grogi.

  1. Terlalu banyak melihat media sosial

Siapa yang menyangka bahwa terlalu sering melihat sosial media dapat menurunkan sistem imun tubuh? Ya, sosial media merupakan tempat berbagai informasi, baik itu informasi yang positif maupun yang negatif. Informasi yang negatif dapat membuat tubuh kita mengeluarkan aura negatif juga. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati dalam menggunakan sosial media.

  1. Belum makan

Penyebab grogi lainnya bisa terjadi karena belum adanya asupan makanan pada tubuh kita. Hal ini dikarenakan pada saat lapar maka fokus dan konsentrasi kita akan buyar, oleh karena itu kita sangat disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum melakukan suatu hal.

  1. Terlalu sering membaca berita yang buruk
READ  Quote Bahasa Inggris Menghargai Seseorang dan Artinya!

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa terlalu sering membaca berita yang buruk akan memberikan dampak yang buruk untuk diri kita sendiri. hal ini dikarenakan akan menimbulkan rasa cemas pada diri kita, kecemasan yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan fisik kita. Oleh karena itu, kita perlu menyaring berita atau informasi yang akan dibaca.

Atasi Dengan Jago Speaking

Setelah mengetahui penyebab dari grogi atau demam panggung, maka disini akan disampaikan juga cara mengatasi grogi di atas panggung. Adapun beberapa cara mengatasi grogi atau demam panggung agar jago speaking, diantaranya ialah:

  1. Mempersiapkan segala sesuatu secara matang

Hal yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan segalanya secara matang. Hal ini sangat penting dilakukan agar kita tidak gugup, dengan begitu kita juga akan lebih menguasai topik dan materi yang akan disampaikan.

Selain itu, dengan mempersiapkan secara matang maka akan meningkatkan rasa percaya diri, sehingga akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam menyampaikan materi yang disampaikan kepada khalayak. Adapun beberapa hal yang perlu kita persiapkan secara matang ialah penampilan, interview, materi presentasi, dan masih banyak hal lainnya.

  1. Memperluas wawasan

Selain mempersiapkan secara matang, kita juga perlu mengatasinya dengan wawasan yang luas. Cara menambah wawasan kita perlu sering melakukan kegiatan yang mendukung seperti membaca buku, majalah, artikel maupun berita yang sedang hangat.

Semakin kita memiliki wawasan yang luas, maka semakin mudah bagi kita memberikan argumentasi yang menyangkut-pautkan dengan hal-hal lainnya. Selain itu, kita juga bisa berbicara sesuatu yang jangkauannya luas dan tidak terbatas.

  1. Menenangkan tubuh dan pikiran

Salah satu cara lain mengatasi demam panggung ialah dengan menenangkan pikiran dan tubuh kita, karena jika tubuh tidak tenang akan menimbulkan rasa cemas yang akan mempengaruhi penampilan kita.

READ  Cara Tingkatkan Skill Speaking Bahasa Inggris

Cara menenangkan pikiran dan tubuh kita bisa dilakukan dengan terus menerus berdialog, apabila terdapat kesalahan di atas panggung maka kita tidak boleh langsung panik, akan tetapi buatlah kesalahan tersebut menjadi sebagai bagian dari suatu peran.

Sebelum tampil di panggung kita bisa melakukan beberapa hal untuk menenangkan seperti melakukan peregangan pada kaki, punggung, lengan dan bahu.

  1. Kuasai materi

Hal paling penting yang perlu kita lakukan adalah menguasai materi yang akan disampaikan, dengan menguasai materi maka kita akan lebih tenang dan tidak merasa takut karena menyampaikan suatu hal yang sebenarnya tidak dikuasai. Kita bisa menguasai materi dengan mencari berbagai sumber terpercaya yang dikuatkan dengan bukti-bukti.

  1. Sering berlatih

Hal yang juga termasuk penting agar kita bisa jago speaking ialah dengan sering berlatih. Dengan sering berlatih kita akan bisa dan terbiasa, dengan terbiasa maka kita dapat mengurangi rasa grogi ketika berbicara di panggung.

Cara paling efektif yang perlu kita lakukan untuk dapat mengatasi rasa grogi adalah dengan membiasakan diri dan terus berlatih sampai kita terbiasa untuk menyampaikan sesuatu di depan umum.

Demikian beberapa hal yang bisa kami sampaikan terkait dengan Penyebab grogi dan beberapa cara efektif mengatasi grogi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu para pembaca dalam hal mengatasi masalah yang berkaitan dengan demam panggung. Selamat mencoba semoga berhasil mengatasi rasa grogi di panggung!

Yuk sudah saatnya jago speaking di panggung. Gabung kelas Jago Speaking dari Jagobahasa sekarang juga!

Share:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menggunakan metode yang dirancang secara khusus, kini kamu bisa lebih mudah belajar Bahasa Inggris diwaktu dan tempat ternyamanmu

Ikuti Kami

©2023 JagoBahasa.com. All Rights Reserved PT Jago Bahasa Inspira