Logo Jagobahasa

Meme Bahasa Inggris Sebagai Media Belajar

Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Meme

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara mempelajari vocabulary bahasa Inggris dari meme. Pastinya banyak dari Anda yang pernah mendengar meme karena sering muncul di internet. Meme merupakan gambar lucu, aneh dan juga menggelitik yang banyak tersebar di internet.

Tidak jarang banyak masyarakat yang menggunakan meme di sosial media, aplikasi chatting online dan yang lainnya. Sebenarnya meme sudah ada sejak ribuan tahun lalu, namun baru sebagian kecil masyarakat yang memakainya. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah banyak masyarakat yang mengenal meme dan kerap memakainya.

Di bawah ini adalah pengertian meme dan beberapa contoh meme bahasa Inggris yang paling lucu untuk memperbanyak vocabulary Bahasa Inggris.

Apa Itu Meme dan Meme dalam Bahasa Inggris?

Meme adalah ide, gaya atau perilaku yang menyebar dari salah satu orang ke orang lainnya pada sebuah budaya. Meme pertama kalinya diperkenalkan oleh Richard Dawnkins di tahun 1976 di bukunya dengan judul The Selfish Gende. Ia adalah seorang ahli biologi yang sedang membutuhkan nama untuk replikatornya.

Menurut KKBI, meme adalah cuplikan gambar yang diambil dari film, televisi, gambar-gambar dan yang lainnya yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata maupun tulisan yang menghibur. Pasti Anda sering juga melihat meme dalam Bahasa Inggris yang dibaca (mim), dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki.

Ada beberapa jenis meme yang umum ditemukan dengan ciri khasnya yang berbeda-beda, seperti meme percintaan, meme sindiran, meme jokes dan meme politik. Kamu bisa belajar Bahasa Inggris dengan meme yang banyak ditemukan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Meme

Bagi Anda yang ingin Belajar Inggris menggunakan meme untuk memperbanyak vocabulary Bahasa Inggris harus hal-hal berikut ini:

1. Mencari dari Sumber yang Jelas

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan meme Bahasa Inggris adalah carilah sumber yang jelas. Saat ini banyak masyarakat yang sering membuat meme, namun perlu kamu ketahui ada banyak sumber meme yang lebih jelas dan bisa dipastikan bisa dimanfaatkan untuk proses belajar Bahasa Inggris.

Salah satu contohnya adalah dari buku karena ada banyak kutipan atau meme yang ditemukan di sana. Kamu juga bisa mendapatkan meme dari film karena saat ini banyak film yang memakai meme Bahasa Inggris. Kamu pasti bisa belajar Bahasa Inggris menggunakan meme yang tepat dan banyak contohnya dari sumber yang jelas.

2. Mencari Tahu Artinya

Hal kedua adalah cari tahu artinya karena di dalam meme yang kamu temukan biasanya ada maksud atau makna tersendiri. Bagi Anda yang sedang belajar Bahasa Inggris tentu saja bisa mencari contoh meme dalam Bahasa Inggris dan cobalah mencari tahu artinya. Apabila kamu tidak menemukan arti meme yang didapatkan cobalah menanyakan teman.

Tidak ada salahnya kamu bertanya ke orang lain mengenai sebuah meme supaya tahu arti dan maksud dari meme tersebut sehingga bisa menambah vocabulary Bahasa Inggris. Biasanya meme memang unik dan tidak semua orang dapat memahami artinya. Terkadang dibalik meme tersebut juga ada pesan yang tersembunyi sehingga tidak semua orang bisa memahaminya dengan baik.

3. Jangan Asal Membagikan

Sebaiknya kamu jangan asal membagikan meme atau mengambil meme. Saat ini banyak orang yang membuat meme dan dikhawatirkan meme tersebut mengandung arti yang tidak pantas. Oleh sebab itu, jangan sembarangan membagikan meme yang kamu dapatkan ke internet atau sosial media.

Cobalah mencari tahu arti meme Bahasa Inggris yang kamu temukan terlebih dahulu barulah membagikannya. Dikhawatirkan ada orang lain yang tersinggung dengan meme yang kamu sebarkan. Kamu juga bisa mencari meme motivasi yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan motivasi bagi diri sendiri atau orang lain dalam Bahasa Inggris sambil belajar.

4. Pelajari Maknanya

Pelajari makna dari meme yang kamu buat atau peroleh dari internet. Biasanya ada pesan yang terkandung di dalamnya yang bisa kamu dapatkan. Selain kamu bisa mencari tahu artinya dari meme Bahasa Inggris tersebut, namun juga memahami maknanya.

Kamu bisa mencari atau membuat meme Bahasa Inggris yang lucu dan juga menarik. Penggunaan meme di zaman sekarang sudah umum sehingga tidak ada salahnya kamu membuatnya sendiri. Terlebih lagi ada banyak masyarakat yang bermain sosial media dan kebanyakan disebarkan di sana hanya sekedar seru-seruan saja.

5. Catat dan Ingat Kosa Kata Baru

Biasanya dari meme, kamu bisa mendapatkan kosa kata baru sehingga bisa memperbanyak kosa kata Bahasa Inggris. Catat kosa kata baru Bahasa Inggris yang sudah kamu dapatkan dari meme dan perlu diingat supaya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Mempercaya kosa kata Bahasa Inggris memang dapat dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah melalui meme.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat belajar Bahasa Inggris menggunakan meme supaya bisa memperbanyak vocabulary Bahasa Inggris.

Contoh Meme dalam Bahasa Inggris

Contoh-contoh meme dalam Bahasa Inggris yang paling lucu dan menarik:

1. Slay

Kata “slay” mempunyai banyak arti dan dikutip dari Cambridge Dictionary, arti kata slay adalah membunuh. Namun kata satu ini juga dapat dipakai pada saat kita memberikan ekspresi yang terkesan takjub atau keren. “Slay” juga banyak dipakai untuk memuji pada penampilan artis yang tampil sangat keren dan artinya sama seperti “awesome”. Meme ini juga dapat dipakai saat tampil dengan penuh percaya diri dan bisa menaklukkan segalanya jadi sama artinya seperti “confident”.

2. Break a leg

“break a leg” di bahasa gaul biasanya diartikan sebagai ucapan semangat untuk seseorang dan artinya sama seperti kata “good luck”. Penggunaan kata meme ini berbeda situasinya dengan good luck karena dapat dipakai untuk beragam situasi. Sedangkan “break a leg” hanya dapat digunakan untuk konteks pertunjukan seni saja, seperti menyanyi, menari, teater dan lainnya.

3. Spill The Tea

“spill the tea” diartikan sebagai menumpahkan teh, namun pada bahasa gaul tea artinya adalah “gosip”. Jadi spill the tea artinya membocorkan gosip atau rahasia yang masih belum diketahui banyak orang. Sebenarnya huruf “t” pada tea itu artinya truth yang artinya kebenaran.

4. Indonesians don’t have “beauty marks” they have “fly poos”

Di Bahasa Indonesia diartikan sebagai tahi lalat dan jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris adalah jadi “fly poos” yang padahal di Bahasa Inggrisnya adalah “beauty marks”.

5. There are no speed bumps in Indonesia, online “sleeping policemen”

Polisi tidur memang hanya dimiliki di Indonesia dan jika diterjemahkan per kata jadi “sleeping policemen”. Pastinya orang asing akan membayangkan gambar seorang polisi sedang tidur di tengah jalan. Kata “speed bumps” artinya adalah gundukan supaya tidak mengebut saat jalan di jalan raya.

6. Indonesian don’t “get sick” or ”catch colds”, they “enter wind”

Masuk angin juga hanya dimiliki di Indonesia saja dan jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, masuk angin artinya enter wind.

Itulah beberapa contoh meme dalam Bahasa Inggris sehingga kamu bisa sambil memperbanyak vocabulary Bahasa Inggris.

Nah, biasanya sih meme-meme ini digunakan biar makin gaul ya saat ngomong. Kalau dalam bahasa Inggris sih istilahnya bahasa slang. Kosakata slang dalam Bahasa Inggris tuh banyak banget. Tapi, ada 50 Slang Words Ala Gen Z Yang Wajib Kamu Ketahui! Baca sekarang deh, biar kamu makin kelihatan gaul saat ngomong!

Mau jago berbahasa Inggris, biar makin kreatif bikin meme dalam bahasa Inggris? Belajar di Jago Bahasa aja! Di sini ada banyak program pilihan yang bisa disesuaikan dengan tujuan belajarmu. Dijamin deh makin mahir bahasa Inggris!

Tunggu apa lagi? Bisa belajar di manapun Kamu mau bikin hasil belajar makin efektif. Buruan cek diskonnya sekarang!

 

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan