Logo Jagobahasa

Home » blog

3 Materi Bahasa Inggris untuk Dewasa dan Contohnya

Materi bahasa inggris untuk pemula dewasa

Materi bahasa Inggris untuk dewasa penting untuk dipelajari untuk dapat bersaing di kancah global. Oleh karena semakin luasnya penggunaan bahasa Inggris ini, tentu kemampuan dan kecakapan dalam bahasa Inggris untuk dewasa sangat diperlukan.

Indonesia yang merupakan negara yang kaya akan pariwisata sering menjadi destinasi bagi turis mancanegara, dan masyarakat secara tidak langsung dituntut setidaknya paham bagaimana untuk menjawab pertanyaan turis asing ketika mereka sedang menanyakan sesuatu.

Atau bagi Anda yang memiliki mimpi bekerja menjadi seorang penerjemah, tour guide, atau mungkin bekerja di luar negeri, tentu bahasa Inggris adalah bekal utama kalian. Tapi tidak semua orang dengan mimpi itu dan tuntutan itu mampu memenuhinya. Jadi berikut untuk Anda bahasa Inggris pemula dewasa.

Materi Bahasa Inggris untuk Dewasa

Bagi Anda yang merasa ketika di bangku sekolah masih belum memahami bagaimana bahasa Inggris yang nanti akan digunakan untuk karirku, atau untuk percakapan sehari-hari. Semoga dengan membaca ini akan membantu Anda mendapatkan sedikit ilmu untuk bekal menghadapi tantangan dalam berbahasa Inggris.

Introduction

Perkenalan atau introduction adalah hal yang penting dalam mengawali sebuah percakapan. Yang sering diajarkan oleh beberapa pengajar kepada pemula anak-anak adalah dasarnya perkenalan untuk memberikan informasi dasar tentang nama, umur, tempat tinggal.

Namun bagi yang mempelajari bahasa Inggris pemula dewasa, Anda tidak akan mempelajarinya lagi karena hal itu tidak akan ditanyakan oleh turis atau ketika Anda sedang interview.

Informasi yang akan kalian berikan adalah lebih detail mengarah kepada bagaimana Anda mampu menjelaskan tentang diri Anda.

Jika kasusnya adalah Anda sedang interview maka selain nama yang Anda berikan kepada pewawancara adalah, latar belakang pendidikan, penjelasan tentang yang menjadi kekurangan atau kelebihan Anda, motivasi Anda mengapa kalian melamar pekerjaan di tempat tersebut.

Selain untuk memenuhi kebutuhan wawancara, hal ini penting agar kalian dinilai memahami bagaimana diri kalian dan mampu membawa dan memperkenalkan diri dengan baik kepada orang bahwa Anda layak.

Untuk bahasa Inggris pemula dewasa, ini adalah bab yang penting dan tidak bisa dilewatkan.

Berikut beberapa contoh yang bisa Anda tirukan jika kasusnya adalah interview pekerjaan:

My name is … I am a graduate with high enthusiasm and wants to find a role where I can truly make an impact (Nama saya (…) saya merupakan individu dengan antusias tinggi dan ingin untuk bisa mendapat pekerjaan yang memungkinkan saya untuk bisa memberikan dampak)

Since my study days I have developed a big passion to work in this industry, particularly with this company.(Selama di bangku sekolah/kuliah saya memiliki passion besar untuk bekerja di industri ini, khususnya bersama perusahaan ini.)

I have developed strong problem solving skills and polished my communication ability. I am keen to utilize my skills and passion to contribute with this company. (Saya memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik dan telah melatih kemampuan komunikasi. Saya ingin untuk bisa berkontribusi bersama perusahaan melalui kemampuan dan kapabilitas saya.)

I see this opportunity as a way to contribute to an exciting company in a forward-thinking industry, and I feel I can do so with my skills that are particularly well-suited for this position. (Saya melihat kesempatan ini sebagai salah satu cara yg bisa saya lakukan untuk berkontribusi ke perusahaan di industri yg berkembang. Saya pikir saya dapat melakukan hal tersebut lewat kemampuan saya yang juga cocok untuk posisi ini.)

I’m excited about this opportunity, as it would give me the opportunity to grow and be the better version of myself. (Saya juga sangat senang terkait Hal ini karena dapat memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan menjadi versi diri saya yang lebih baik.)

Tenses

Jika kita mempelajari bahasa Inggris tentu tidaklah asing bagi kita dengan istilah grammar.

Bagi Anda yang mempelajari bahasa Inggris pemula dewasa, mempelajari tenses bisa dibiasakan melalui mendengarkan percakapan melalui audio seperti podcast berbahasa Inggris atau melalui film berbahasa Inggris untuk mempermudah dalam menerapkan tenses dalam percakapan.

Karena bentuk tenses ini sering kali membingungkan dan banyak sekali jenisnya, bentuk tenses yang sering sekali digunakan apa saja terutama ketika melamar pekerjaan atau untuk menuliskan email pekerjaan.

Simple present tense

Simple present tense adalah pola kalimat yang paling umum dan paling mudah ditemukan. Ini dapat digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan atau perilaku sehari-hari atau untuk merumuskan fakta.

Present continuous tense

Present tense adalah pola kalimat yang biasa digunakan untuk menanyakan sesuatu yang sedang terjadi atau akan terjadi. Dalam prakteknya, present tense biasanya digunakan ketika seseorang sedang membicarakan peristiwa/kegiatan, situasi, dan ekspresi.

Present perfect tense

Present perfect tense adalah pola kalimat yang mengungkapkan hal-hal dari masa lalu hingga masa kini. Secara fungsional, ini membantu mengungkapkan tindakan atau peristiwa yang tidak lengkap atau selesai dalam bentuk waktu sekarang (present tense).

Misalnya, saat menanyakan durasi, pekerjaan yang baru selesai, deskripsi momen tertentu, atau durasi suatu peristiwa/tindakan.

Description Text

Bagi yang tidak tahu atau belum pernah belajar bahasa Inggris, kalimat deskriptif adalah kalimat yang menggambarkan atau menggambarkan seseorang, binatang, atau benda dari segi bentuk, kualitas, kuantitas, dll.

Tujuan dari teks deskriptif adalah untuk menggambarkan, menggambarkan, atau mewakili seseorang atau sesuatu.

Description text ini juga memiliki banyak sekali grammar secara struktural, namun penerapan secara struktur biasanya digunakan untuk teks deskriptif menjelaskan tentang sesuatu secara presentatif.

Dan teks deskriptif seringkali digunakan untuk mendeskripsikan diri untuk melamar pekerjaan atau memperkenalkan diri secara kasual dalam percakapan.

Berikut contoh teks deskriptif mendeskripsikan diri sendiri dalam bahasa Inggris untuk pemula dewasa

Hello, I’m (…). After graduated from University,I develop a big passion in (….) field. That is a reason why I chose to pursue this career path. One of my accomplishment during my academic year, was graduated with great GPA. I’m all set to start my career and hoping to get selected into your esteemed company, where I can explore my abilities and improve myself.

Semoga setelah kami memberikan beberapa tips ini, bisa memberikan kemudahan dalam mempelajari bahasa Inggris dewasa untuk pemula.

Tentunya juga meningkatkan keinginan untuk terus mempelajari bahasa Inggris agar semakin cakap dalam bahasa Inggris.

Kalau kamu ingin mengasah skill dalam berbahasa Inggris dengan lebih terstruktur dan terarah, kamu bisa cobain Program English Special for General Business dari JagoBahasa. Dengan harga mulai Rp.1 jutaan, kamu bisa mendapatkan materi lengkap dengan pengajaran yang professional. Buruan daftar ya biar ngga ketinggalan promo!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo