Logo Jagobahasa

Home » blog

Ini Jenis-jenis Vocabulary dan Dasarnya yang Wajib Diketahui

jenis-jenis vocabulary

Belajar bahasa Inggris tentu tidak dapat terpisahkan dari belajar vocabulary. Penguasaan kosakata menjadi sangat penting karena dapat diaplikasikan dalam berbagai keperluan. Tentunya Anda juga harus mengerti jenis-jenis vocabulary supaya lebih memahami berbagai kosakata, makna, dan penggunaannya.

Vocabulary sangat penting sebagai modal utama untuk mempelajari penyusunan kalimat dan kemampuan lain dalam bahasa. Dengan menguasai banyak kosakata akan memudahkan seseorang untuk membaca, menulis, mendengar dan berbicara bahasa Inggris. Keduanya juga saling berhubungan supaya kita dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Jenis-jenis Vocabulary

Tentunya, vocabulary penting sebagai modal utama untuk mempelajari penyusunan kalimat dan kemampuan berbahasa yang lain. Adapun kemampuan yang dimaksud seperti mendengar, membaca, menulis, serta berbicara dalam bahasa Inggris.

Pada dasarnya, ada banyak vocabulary yang terdapat pada Bahasa Inggris, bahkan jumlah bisa mencapai jutaan kata yang sudah banyak dikenal maupun sejumlah kosakata baru akibat perkembangan zaman. Tentunya tidak terlepas dari beberapa tipe vocabulary sebagai berikut.

1. Word classes (part of speech)

Istilah ini lebih dikenal dalam bidang linguistik terutama morfologi dan sintaksis. Akan tetapi, dalam istilah grammar biasanya kita mengenal dengan nama part of speech. Adapun part of speech di antaranya seperti noun, verb, adjective, conjunction, preposition, hingga pronoun.

2. Word formation

Merupakan jenis kata dalam bahasa Inggris yang disusun berdasarkan gabungan dari kata-kata tertentu. Bisa juga berupa singkatan untuk memperjelas suatu kata. Sebagai contoh seperti blending kata information dan entertainment menjadi infotainment.

3. Collocations

Collocation merupakan suatu jenis kosakata bahasa Inggris di mana Arti Vocabulary ini yakni sebagai dua kata atau lebih yang selalu memiliki arti bersamaan atau saling terikat. Ketika Anda menggunakan kata ini, maka kata tersebut tidak dapat dipisahkan. Adapun contohnya seperti “once again”, “as well”, dan sebagainya.

4. Multi-word units

Merupakan jenis kosakata bahasa Inggris yang mempunyai bentuk sebagai frasa kerja atau idiom. Tentunya, kita tidak dapat mengartikan kata tersebut sebagai kata yang berbeda-beda, sebab dalam satu rangkaian tersebut sudah memiliki satu makna tersendiri. Adapun contohnya seperti “look after”, “look for”, “put on”, dan sebagainya.

5. Homonym, homophone, homograph

Homonym atau homonim merupakan kata-kata dengan bentuk yang sama namun secara makna berbeda. Berbeda dengan homophone atau homofon memiliki bunyi yang sama namun beda makna. Sementara itu, homograph merupakan kata-kata yang tulisannya sama namun maknanya beda.

6. Word families

Jenis dan tipe vocabulary yang satu ini banyak membahas tentang imbuhan maupun pergeseran bentuk dari sebuah kata. Dengan mempelajari dan menguasai words families ini, kita tentu akan mempunyai perbendaharaan kata yang lebih banyak karena pada satu kata dasar saja jika ditambah dengan imbuhan bisa menjadi beberapa kosakata sekaligus.

Reading Vocabulary

Dalam mempelajari Arti Vocabulary, Anda juga tidak boleh terlewat memahami apa yang dimaksud dengan reading vocabulary. Pada dasarnya, reading vocabulary mengacu pada kata-kata yang membuat kita dapat membaca dan memahami suatu bacaan.

Ketika kita tahu lebih banyak kata, tentunya kita dapat lebih memahami apa yang sedang dibaca. Dengan kata lain, ada hubungan yang kuat antara memahami arti kata dan memahami cerita atau teks bacaan.

Untuk meningkatkan reading vocabulary, tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan rutin membaca buku apapun sesering mungkin. Ada baiknya juga jika Anda memilih bacaan yang Anda sukai.

Pada bacaan tersebut, tandai kosakata yang belum Anda pahami, kemudian cari artinya di kamus. Kumpulkan kosakata yang Anda dapatkan tersebut sebagai kamus sendiri. Ada baiknya, pelajari satu kata setiap hari untuk meningkatkan kosakata Anda.

Speaking Vocabulary

Bisa dibilang, speaking vocabulary merupakan kumpulan kata-kata yang kita gunakan ketika kita berbicara. Anda mungkin pernah mengalami jika ada banyak kosakata yang ingin disampaikan namun terhalang oleh berbagai hal sehingga vocabulary kita saat berbicara terasa terbatas.

Sebagian besar orang dewasa hanya menggunakan 5.000 hingga 10.000 kata untuk semua percakapan dan instruksi. Jumlah ini jauh lebih sedikit daripada Listening Vocabulary yang kemungkinan besar karena kemudahan penggunaan hingga grogi.

Untuk meningkatkan speaking vocabulary, tentunya kita perlu banyak membaca dan mendengarkan kosakata-kosakata yang masih asing, Arti Vocabulary tersebut, serta dengan cara pengucapannya. Anda juga perlu melatih pelafalan dengan fokus berbicara dan sedikit mengesampingkan grammar.

Listening Vocabulary

Vocabulary ini merupakan kata-kata apa yang dapat kita dengar dan pahami. Seiring berjalannya waktu, sejatinya seseorang dapat mengenal dan memahami lebih dari 50.000 kata. Apalagi setiap hari kita dapat mendengarkan banyak kosakata baru dari berbagai sumber, baik percakapan, lagu, video, dan sebagainya.

Ketika Anda akan belajar bahasa Inggris, tentunya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan listening vocabulary. Beberapa cara yang dimaksud seperti membiasakan diri mendengarkan lagu berbahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris tanpa subtitle, hingga mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

Writing Vocabulary

Writing vocabulary merupakan kosakata apa saja yang kita dapat ekspresikan melalui tulisan. Kita biasanya akan merasa lebih mudah menjelaskan banyak hal secara lisan terutama karena dapat menggunakan ekspresi wajah, intonasi, bahkan gerakan tubuh untuk membantu penyampaian gagasan.

Hanya saja, dengan menulis kita perlu menemukan kata-kata yang tepat untuk mengkomunikasikan ide yang sama secara tertulis. Dengan begitu, kosakata kita perlu menjadi perhatian karena dipengaruhi secara langsung oleh kata-kata yang dapat kita eja.

Untuk meningkatkan kosakata dalam menulis, tentunya kita harus mulai dengan menumbuhkan kebiasaan membaca. Dari proses membaca inilah kita dapat mengetahui berbagai kosakata baru dalam setiap tulisan tersebut dan Arti Vocabulary masing-masing kosakata. Jangan lupa terus berlatih untuk menulis gagasan apapun yang Anda miliki.

TOEFL Vocabulary

TOEFL merupakan tes atau uji kemampuan bahasa Inggris untuk berbagai keperluan. Bagi Anda yang ingin mendapat pengakuan kemampuan berbahasa Inggris, maka mengikuti tes TOEFL bisa menjadi salah satu opsi. Terlebih jika Anda ingin meneruskan ke jenjang magister di dalam dan luar negeri, nilai TOEFL menjadi sangat penting.

Memperkaya vocabulary pada TOEFL tentu saja menjadi suatu keharusan. Terlebih, vocabulary pada tes ini seringkali tidak jauh berbeda dibandingkan dengan vocabulary yang sering kita ucapkan. Bisa dibilang, tingkat kebahasaan TOEFL satu tingkat lebih tinggi dibandingkan kata-kata sehari-hari.

IELTS Vocabulary

Sama halnya seperti TOEFL, IELTS menjadi salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang banyak diakui di seluruh dunia. Jika Anda ingin berkarir atau berkuliah di luar negeri, biasanya IELTS menjadi salah satu syarat utama.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda meningkatkan vocabulary IELTS misalnya dengan cara mengetahui definisi atau Arti Vocabulary yang Anda dapatkan dari berbagai bacaan. Ambil kata-kata tersebut, kemudian cocokkan dengan maknanya hingga mencari sinonimnya. Tentu saja Anda juga harus terus berlatih untuk meningkatkan vocabulary IELTS Anda.

Itulah jenis-jenis vocabulary. Baca juga artikel kami tentang cara meningkatkan skill bahasa Inggris agar proses belajar kamu bisa lebih terarah dan sistematis.

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo