Logo Jagobahasa

Home » blog

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Buat Tingkatkan English Skills!

Yuk Tingkatin Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Cara ini!

Meningkatkan skill berbahasa Inggris tentu saja harus dilakukan oleh siapapun. Baik itu oleh  pemula atau mereka yang sudah jago bahasa Inggris. Hal ini karena, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, serta menjadi skill penting yang harus dikembangkan setiap orang untuk memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari kita. 

Nah bagi yang penasaran gimana cara cepat dan efektif buat meningkatkan english skill tersebut, kamu bisa mencoba tips mudah belajar bahasa Inggris berikut ini. Yuk langsung saja simak selengkapnya!

1. Menyediakan Lingkungan Bahasa Inggris

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris adalah dengan menciptakan lingkungan yang mendukung. Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan seperti membaca buku dalam bahasa Inggris, menonton film/acara TV dalam bahasa Inggris, mendengarkan musik/podcast berbahasa Inggris, serta aktivitas lain di sekitar lingkungan kita.

2. Berlatih Berbicara dengan Bicara dengan Penutur Asli

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah dengan berinteraksi dengan penutur asli Bahasa Inggris. Carilah kesempatan untuk berbicara dengan penutur asli, entah itu melalui kursus, pertemuan kelompok, atau bahkan melalui aplikasi berbasis online. Praktik yang konsisten akan membantumu merasa lebih nyaman dan mengembangkan kefasihan mendengar dan berbicara bahasa Inggris.

3. Bergabung dengan Kelas atau Komunitas Bahasa Inggris

Bergabung dengan kelas Bahasa Inggris atau komunitas belajar adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggri. Kamu akan dapat berinteraksi dengan sesama pembelajar, berbagi pengalaman, dan mendapatkan umpan balik dari guru atau mentor ketika sedang belajar atau praktek bahasa Inggris.

4. Menggunakan Aplikasi dan Platform Online

Dalam era digital ini, terdapat berbagai aplikasi dan platform online yang dapat membantu memudahkan kamu saat belajar Bahasa Inggris, dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Contohnya adalah Duolingo, Memrise, dan Babbel. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan gaya belajarmu dan jangan lupa terapkan dan pelajari secara teratur.

5. Membaca dan Menulis dalam Bahasa Inggris Setiap Hari

Keterampilan membaca dan menulis merupakan bagian penting dari kemampuan Bahasa Inggris. Usahakan untuk membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris setiap hari. Ini dapat berupa membaca artikel, berita, blog, atau menulis jurnal pribadi dalam Bahasa Inggris. 

Membaca artikel berbahasa inggris akan membantu memperluas pengetahuanmu tentang topik dan minat yang kamu inginkan, cobalah untuk memahami konteks dan catat hal-hal yang menurutmu susah dan perlu kamu pahami secara mendalam. Selain itu, menulis (journaling) dalam bahasa Inggris juga upaya bagus yang dapat meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Menulislah secara teratur dan terus perbaiki tulisanmu.

6. Melakukan Latihan Grammar dan Vocabulary secara Teratur

Grammar dan vocabulary merupakan komponen penting dalam Bahasa Inggris. Luangkan waktu untuk melatih grammar dan vocabulary secara teratur. Gunakan buku latihan atau aplikasi yang khusus dirancang untuk memperbaiki kemampuan grammar dan vocabulary bahasa Inggris.

7. Mempraktikkan Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari

Terapkan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan Bahasa Inggris dalam percakapan dengan teman, keluarga, atau rekan kerja yang juga belajar Bahasa Inggris. Praktikkan Bahasa Inggris pada aktivitas sehari-hari baik di rumah atau melalui percakapan di tempat-tempat umum seperti toko, restoran, atau saat berpergian.

8. Mempertahankan Motivasi dan Konsistensi

Belajar Bahasa Inggris membutuhkan motivasi dan konsistensi. Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan tetapkan jadwal belajar yang konsisten. Cari cara untuk tetap termotivasi, seperti melibatkan diri dalam kegiatan yang menarik atau membagikan kemajuan belajarmu dengan orang lain.

9. Mencatat Kesalahan dan Memperbaikinya

Kesalahan adalah bagian normal dari proses belajar. Ketika kamu membuat kesalahan, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Sebaliknya, sadari letak kesalahanmu di mana dan cari cara untuk memperbaikinya. Belajar dari kesalahan adalah langkah penting dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

10. Mencari Program Les Bahasa Inggris

Jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami konsep Bahasa Inggris tertentu, jangan ragu untuk mencari bantuan dari guru atau tutor. Mereka dapat memberikan penjelasan tambahan, memberikan latihan khusus, dan memberikan umpan balik yang berguna.

Bagaimanapun juga belajar dengan bantuan tutor atau pengajar yang ada di tempat les akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan belajar secara otodidak. Sebab jika kamu belajar secara mandiri atau otodidak tidak akan ada yang meluruskan ketika saat belajar terdapat kesalahan atau kekeliruan.

Namun, tentu saja dalam memilih tempat les atau kursus pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan agar tidak salah dalam memilihnya.

Beberapa hal yang setidaknya perlu kamu pertimbangkan untuk bisa menemukan tempat les yang cocok adalah sebagai berikut:

  • Pastikan tempat les tersebut dibawah lembaga resmi yang terdaftar
  • Perhatikan siapa saja tutor atau guru yang mengajarnya
  • Lihat berbagai testimoni dari mereka yang pernah belajar di tempat les tersebut

11. Mencari Tahu Program yang Akan Kamu Ambil

Jika kamu sudah menemukan tempat les terbaik yang kamu anggap bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu dengan maksimal. Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memilih program belajar bahasa inggris yang tepat.

Harus diingat, kalau kamu salah ambil program dampaknya bisa fatal. Bukannya skill bahasa Inggrismu malah meningkat, justru kamu hanya buang-buang uang saja karena akhirnya kamu merasa bahwa program tersebut tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Untuk itu, beberapa tempat kursus seperti JagoBahasa menyediakan dulu placement test secara gratis yang bisa dilakukan di awal. Hasil dari placement test ini nantinya bisa kamu gunakan untuk memilih program yang tepat.

12. Mengikuti Program Les Bahasa Inggris yang Tepat

Setelah kamu memutuskan untuk memilih satu program yang menurut kamu cocok dan bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Maka hal selanjutnya yang perlu kamu laksanakan yaitu mengikuti program les tersebut dengan baik dan penuh totalitas.

Ikutilah semua materi pembelajaran dan tanyakan langsung kepada tutor jika ada yang tidak dipahami. Percaya deh, kamu bisa tingkatkan skill bahasa Inggrismu dengan cara ini asalkan tetap proaktif.

Sebagus apapun program yang sudah kamu pilih, jika kamu malas-malasan dalam belajar maka hal itu tidak akan mampu meningkatkan skill berbahasa Inggrismu.

Jadi selain dari program dan pengajarnya bagus, kunci lainnya yang bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu adalah dengan kamu harus aktif dan tidak pernah absen selama les berlangsung.

Itu tadi beberapa Tips Mudah belajar bahasa Inggris buat tingkatkan english skills mu dengan cepat dan efektif. Jangan lupa dipraktekkan dan terus ditingkatkan yaa..

Agar lebih maksimal, Yuk upgrade skill bahasa Inggrismu sekarang juga dengan gabung di Jagobahasa! Jago English dengan mudah, menyenangkan dan efektif. 

Kamu Ingin Merasakan Serunya Belajar di Jagobahasa?

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo