Yuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Dengan Cara ini!

Yuk Tingkatin Skill Bahasa Inggrismu dengan 6 Cara ini!

Meningkatkan skill berbahasa Inggris tentu saja harus dilakukan oleh siapapun. Baik itu oleh mereka yang pemula dan baru saja belajar bahasa Inggris atau oleh orang-orang yang sudah dikatakan jago dan menguasai bahasa Internasional yang satu ini.

Nah bagi yang masih bingung gimana cara melakukannya, cobalah tingkatkan skill bahasa Inggrismu dengan cara ini. Penasaran?

Yuk langsung saja simak cara di bawah ini!

Ketahui Cara atau Gaya Belajar yang Cocok Buat Kamu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill bahasa Inggrismu yaitu dengan mengenal dan mengetahui cara atau gaya belajar yang paling pas untuk kamu. Sebab jika kamu sudah tahu akan hal ini, maka bisa dipastikan proses pembelajarannya pun akan lebih mudah masuk dan menyerap di kepala.

Sebelumnya, kamu harus tahu bahwa ada tiga cara atau gaya belajar yang bisa dimiliki oleh seseorang. Mulai dari kinestetik, visual, hingga auditori. Jika masih ada yang belum mengetahui perbedaan dari ketiga tipe tersebut, berikut akan sedikit dijelaskan supaya kamu lebih paham.

Tipe Kinestetik

Mereka yang ketika belajar lebih banyak melibatkan berbagai gerakan. Dalam kata lain, orang yang tipe belajarnya kinestetik tidak akan efektif jika belajarnya hanya duduk di ruang kelas saja untuk menyimak ataupun membaca.

Tipe ini akan jauh lebih efektif ketika praktek langsung dan sambil melibatkan aktivitas fisik.

READ  Sentence Completion dan Strategi Mengerjakan Tes IELTS Agar Mendapat Skor Tinggi!

Tipe Visual

Tipe yang satu ini adalah bagi mereka yang ketika belajar lebih mudah memahami materi ketika sembari melihat gambar, infografik, ataupun sambil menonton video. Pokoknya yang jadi kelebihan dari orang yang punya gaya belajar tipe ini ada di penglihatannya.

Tipe Auditori

Jika kamu pernah melihat orang yang mudah ingat apa yang disampaikan oleh gurunya, maka ia termasuk tipe auditori. Tipe ini memang memiliki kelebihan di pendengaran, sehingga apa yang disampaikan oleh orang lain biasanya bisa ditangkap dan dicerna dengan mudah.

Nah setelah mengetahui ketiga tipe atau gaya belajar tersebut. Kira-kira kamu termasuk tipe yang mana nih?

Jika sudah ketahuan maka tinggal dioptimalkan saja. Namun, jika kamu merasa belum ada yang cocok, penting sekali untuk mengeksplornya supaya apa yang kamu pelajari bisa mudah untuk dipahami.

Mencari Tempat Les yang Cocok

Tingkatkan skill bahasa Inggrismu dengan cara ini, yaitu dengan mencari tempat les yang cocok dan sesuai. Bagaimanapun juga belajar dengan bantuan tutor atau pengajar yang ada di tempat les akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan belajar secara otodidak.

Sebab jika kamu belajar secara mandiri atau otodidak tidak akan ada yang meluruskan ketika saat belajar terdapat kesalahan atau kekeliruan.

Namun, tentu saja dalam memilih tempat les atau kursus pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan agar tidak salah dalam memilihnya.

Beberapa hal yang setidaknya perlu kamu pertimbangkan untuk bisa menemukan tempat les yang cocok adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan tempat les tersebut dibawah lembaga resmi yang terdaftar
  2. Perhatikan siapa saja tutor atau guru yang mengajarnya
  3. Lihat berbagai testimoni dari mereka yang pernah belajar di tempat les tersebut
READ  Belajar Adjectives Ending -ed dan ing, Apa Sih Perbedaannya ?

Mencari Tahu Program yang akan Kamu Ambil

Jika kamu sudah menemukan tempat les terbaik yang kamu anggap bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu dengan maksimal. Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memilih program belajar bahasa inggris yang tepat.

Harus diingat, kalau kamu salah ambil program dampaknya bisa fatal. Bukannya skill bahasa Inggrismu malah meningkat, justru kamu hanya buang-buang uang saja karena akhirnya kamu merasa bahwa program tersebut tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Untuk itu, beberapa tempat kursus seperti JagoBahasa menyediakan dulu placement test secara gratis yang bisa dilakukan di awal. Hasil dari placement test ini nantinya bisa kamu gunakan untuk memilih program yang tepat.

Mengikuti Program Les Bahasa Inggris yang Tepat

Setelah kamu memutuskan untuk memilih satu program yang menurut kamu cocok dan bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Maka hal selanjutnya yang perlu kamu laksanakan yaitu mengikuti program les tersebut dengan baik dan penuh totalitas.

Ikutilah semua materi pembelajaran dan tanyakan langsung kepada tutor jika ada yang tidak dipahami. Percaya deh, kamu bisa tingkatkan skill bahasa Inggrismu dengan cara ini asalkan tetap proaktif.

Sebagus apapun program yang sudah kamu pilih, jika kamu malas-malasan dalam belajar maka hal itu tidak akan mampu meningkatkan skill berbahasa Inggrismu.

Jadi selain dari program dan pengajarnya bagus, kunci lainnya yang bisa meningkatkan skill bahasa Inggrismu adalah dengan kamu harus aktif dan tidak pernah absen selama les berlangsung.

Mempraktikkan Apa yang Kamu Pelajari

Jika kamu hanya belajar saja tapi malas untuk praktek, maka hal itu hanya buang-buang waktu saja. Tanpa praktek apa yang kamu pelajari akan mudah menguap begitu saja. Sebagaimana yang pepatah katakan, “teori tanpa praktek adalah lumpuh, sementara praktek tanpa teori adalah buta”.

READ  Mengenal Individual Words IELTS Dalam Ujian IELTS

Pasti kamu nggak akan mau kan?

Jadi yuk tingkatkan skill bahasa Inggrismu dengan cara ini, yaitu harus rajin praktek. Untuk mempraktekan apa yang telah kamu pelajari bisa secara mandiri maupun bareng-bareng dengan teman.

Jika kamu termasuk orang yang kalau belajar tidak suka rame-rame, maka tak ada salahnya untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari secara mandiri.

Namun, bagi kamu yang memang butuh partner untuk belajar, maka carilah teman yang tepat agar bisa saling mengingatkan dan saling memotivasi.

Join Komunitas agar Bisa Belajar Bareng-bareng

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill bahasa Inggrismu adalah dengan bergabung ke komunitas.

Dengan bergabung dengan berbagai komunitas bahasa Inggris, kamu akan menemukan berbagai teman yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris. Komunitas-komunitas ini biasanya ada di tempat kursus atau les.

Jadi bagi yang ikut les sudah bisa dipastikan akan memiliki circle ataupun komunitas baru yang positif. Namun, bagi yang masih bersekolah ataupun kuliah, cobalah ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang bisa meningkatkan bahasa Inggrismu.

Jika menemukan yang cocok, kamu bisa bergabung ke berbagai komunitas serupa lainnya yang bisa mudah ditemukan di sekitarmu, di internet, atau di Jago Bahasa. Nah, di Jago Bahasa terdapat berbagai macam program yang dapat melatih bahasa Inggrismu.

Upgrade skill bahasa Inggrismu sekarang juga dengan gabung di Jagobahasa!

Share:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menggunakan metode yang dirancang secara khusus, kini kamu bisa lebih mudah belajar Bahasa Inggris diwaktu dan tempat ternyamanmu

Ikuti Kami

©2023 JagoBahasa.com. All Rights Reserved PT Jago Bahasa Inspira

Scroll to Top