Logo Jagobahasa

Rekomendasi Kursus IELTS Online di Indonesia

Kursus IELTS Online di Indonesia

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang banyak dipakai di berbagai negara. Ketika kamu mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar, ada banyak peluang yang bisa kamu peroleh seperti beasiswa kuliah ke universitas luar negeri atau bekerja di perusahaan multinasional.

Dari semua persyaratan yang harus kamu penuhi, salah satunya adalah mempunyai nilai tes IELTS. Apa itu tes IELTS?

Berikut adalah semua hal yang wajib kamu tahu terkait IELTS. Yuk disimak!

Apa Itu IELTS?

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes berstandar internasional untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris untuk siapa saja yang bukan penutur asli atau native speaker.

Tes tersebut dikelola tiga organisasi yaitu: Cambridge English Language Assistant, IDP: IELTS Australia dan British Council. Tes tersebut dan tes TOEFL merupakan tes kemampuan berbahasa Inggris paling utama di dunia. Sudah ada 1000 pusat tes yang tersebar di 145 negara.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat IELTS?

Tes IELTS tidaklah mudah, akan tetapi jika kamu meluangkan waktu untuk persiapan dan latihan secara optimal, maka kamu bisa mendapatkan skor sesuai keinginan. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan sertifikat IELTS:

1. Biasakan Mendengar

Ada berbagai aksen bahasa Inggris termasuk aksen orang Amerika, New Zealand, Australia, dan Inggris. Seluruh aksen tersebut akan diperdengarkan saat tes listening.

Kamu bisa mendengarkan audio suara native speaker dari seluruh aksen tersebut. Selain itu, kamu bisa melatih kemampuan mendengar agar terbiasa dengan mendengarkan podcast ataupun acara pada TV kabel yang menggunakan bahasa Inggris.

2. Baca Petunjuk

Pada sesi listening, dengarkan petunjuk agar kamu tidak menjawab soal dengan jawaban lebih dari dua kata. Sementara soal writing test mempunyai petunjuk yang tidak sama, tergantung masing-masing soal.

Hal tersebut penting agar kamu bisa mengisi jawaban dengan tepat. Kamu juga dapat memperoleh nilai dengan cara pilih jawaban berdasarkan jumlah kata.

3. Latihan Soal

Kamu juga wajib mengerjakan soal-soal listening selama 40 menit sehingga kamu bisa menggunakan waktu 10 menit terakhir guna menyalin jawaban.

Saat latihan, kamu juga harus belajar mengatur waktu. Cari tahu juga kelemahan dan kelebihan soal. Jika kamu mempunyai kelemahan pada skill reading, tambahkan waktu supaya dapat berlatih soal-soal reading.

IELTS test apa saja?

IELTS adalah tes yang menguji empat keterampilan bahasa Inggris: Listening (Mendengarkan), Reading (Membaca), Writing (Menulis), dan Speaking (Membaca). Kamu dapat mengikuti tes listening, reading, hingga writing pada hari yang sama, satu-per satu, tanpa ada jeda.

Semua tergantung pada test center yang kamu pilih, speaking bisa dilakukan di hari yang lain atau hari yang sama dengan tiga tes lainnya. Total waktu yang dibutuhkan untuk tes IELTS adalah tiga jam.

Manfaat Tes IELTS

Selain untuk membuka peluang bekerja atau melanjutkan studi di luar negeri, terdapat banyak manfaat tes IELTS sebagaimana berikut:

1. Untuk Program Exchange

Gunakan tes IELTS untuk modal studi ke luar negeri. Ketika menjalani perkuliahan, terkadang kampus menawarkan student exchange. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tes IELTS termasuk IYEP, SSEAYP, dan YES.

2. Berkomunikasi Mudah

Apabila sudah dinyatakan lulus dari tes tersebut, kamu dapat berkomunikasi lebih mudah dengan native speaker-nya. Hal ini karena keseluruhan bagian dalam tes dapat menguji kemampuan dalam berbahasa Inggris. Apabila berhasil menyelesaikan tes dengan hasil baik, kamu telah menguasai bahasa Inggris tersebut dengan baik.

3. Peluang Kerja Tinggi

Ada beberapa perusahaan internasional mengisyaratkan para pegawai agar mampu berbahasa Inggris. Kamu dapat memanfaatkan hasil tes IELTS tersebut untuk melamar pekerjaan.

4. Hasil Tes Sudah Diakui

Selain Australia, ada banyak negara yang telah mengakui hasil tes IELTS termasuk Hongkong, Amerika Serikat, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Irlandia. Masih banyak negara lainnya yang mengakui penggunaan tes tersebut untuk lembaga, perusahaan, dan organisasi sehingga kamu bisa memanfaatkan hasil tes untuk berbagai peluang termasuk berkarir dan bepergian kemanapun.

5. Mengurus Beasiswa

Apabila kamu mempunyai nilai IELTS tinggi, maka ada berbagai beasiswa yang bisa kamu peroleh. Saat ini, beasiswa kuliah di luar negeri menjadi incaran banyak pelajar. Salah satu syaratnya adalah mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, dibuktikan dengan IELTS.

Di Mana Kamu Bisa Kursus IELTS Online?

Berikut adalah rekomendasi tempat kursus IELTS online:

1. Jagobahasa

IELTS preparation class di Jago Bahasa tersedia dalam dua pilihan. Kamu bisa pilih kelas reguler atau kelas private dengan beberapa fasilitas menarik.

Dua kelas tersebut sama-sama menawarkan banyak keunggulan seperti gratis kelas alumni seumur hidup dan gratis lebih dari 40 video belajar yang bisa diakses selamanya.

2. Britishcouncil.com

Situs ini adalah tempat belajar terbaik sebagai persiapan menghadapi tes IELTS. British Council merupakan pihak penyelenggara tes dan menjadi organisasi internasional yang ada di Inggris.

IELTS sangat penting dengan menawarkan banyak kegunaan. Oleh karena itu, penting sekali mengikuti kursus IELTS terlebih dahulu jika punya tujuan ingin mengejar karir dan pendidikan lebih tinggi di dalam maupun di luar negeri.

Yuk gabung IELTS Preparation Jago Bahasa! Persiapkan tes IELTS-mu sekarang juga dan raih skor tertinggimu. 

 

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan