Logo Jagobahasa

Home » blog

Ini Kesalahan Grammar dalam Bahasa Inggris yang Harus Dihindari!

10 Kesalahan Grammar yang Harus Kamu Hindari

Memahami tata bahasa Inggris atau grammar check menjadi hal yang penting. Terutama untuk komunikasi secara tertulis, sehingga kita harus menghindari kesalahan grammar. Ini dilakukan agar apa yang disampaikan tidak menimbulkan miskonsepsi. Tidak hanya pemula yang sering melakukan kesalahan grammar, tetapi para native speaker pasti pernah mengalaminya. Yuk simak ulasan mengenai kesalahan grammar berikut ini!

Kesalahan Penulisan Grammar yang Umum Dilakukan

Untuk pintar berbahasa Inggris memang ada banyak cara yang digunakan dan salah satu cara yang paling mudah untuk dipraktekkan adalah dengan rutin menulis kosakata bahasa Inggris. Dengan menulis kosakata tersebut nantinya bisa mengetahui arti dari kosakata yang ditulis dan juga dapat mengingat kosakata yang telah ditulis.

Saat pertama kali menulis kosakata memang ada beberapa kesalahan yang dilakukan dan kesalahan tersebut sangat wajar terjadi apabila yang menulis grammar belum memahami betul ilmu pengetahuan mengenai bahasa Inggris. Kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan bukan hanya dilakukan oleh satu orang saja, tapi hampir semua orang yang mempelajari bahasa Inggris pasti pernah melakukan kesalahan dan kesalahan yang umumnya dilakukan ada di bawah ini.

1. Penggunaan Huruf Besar atau Kapital Untuk Judul

Pemakaian huruf besar atau huruf kapital untuk judul memang sangat membingungkan sehingga tidak aneh kalau penulisan kata sering mengalami kesalahan. Umumnya dalam penulisan judul harus memakai huruf besar di kata pertama, kata benda, kata ganti, kata sifat, kata kerja kata keterangan dan juga kata yang terakhir. Meskipun sudah ada aturan penulisan yang benar tapi tetap ada yang melakukan kesalahan.

2. Penggunaan Bentuk Kepemilikan dan Jamak

Ada banyak sekali orang yang merasa bingung saat ingin menambahkan “s” pada akhir kata, huruf tersebut biasanya ditempatkan sesudah tanda petik jika penulisannya seperti itu biasanya menunjukkan kepemilikan atau bisa juga menjadi singkatan. Contoh kata yang penulisannya seperti itu adalah “that’s” dari “that is”.

3. Pemakaian Tanda Baca Koma

Setiap kali menulis kata pastinya harus ada tanda baca yang menghubungkan setiap kata yang ditulis. Saat penulisan kalimat dalam bahasa Inggris biasanya penggunaan tanda baca koma sering salah, tanda baca tersebut kadang tidak selalu digunakan dalam sebuah kalimat. Contohnya adalah “Kinza had a stomach ache, because he ate too much food”. Penulisan kalimat tersebut bisa dikatakan salah karena sudah menggunakan kata penghubung karena jadi tidak perlu pakai koma.

4. Penggunaan Kata yang Pengucapannya Mirip

Kosakata di bahasa Inggris banyak sekali yang mempunyai bentuk pengucapan yang sangat mirip, tapi untuk magnet dan juga ejaan yang berbeda. Untuk yang jarang menulis kosakata pastinya sering sekali menuliskan kata yang mirip pengucapannya secara tidak benar. Contoh kata mirip yang sering salah penulisannya adalah there dan their juga you’re dan your.

5. Penggunaan Kata Mirip

Selain kata yang pengucapannya mirip ternyata ada beberapa kata yang penulisannya mirip hanya ada beberapa huruf saja yang memiliki perbedaan di dalam kata tersebut. Penulisan grammar yang seperti itu juga sering kali mengalami kesalahan dan karena kesalahan inilah bisa membuat kalimat berubah artinya. Contoh kata yang mirip adalah effect dan effect juga accept dan except.

6. Penempatan Kata

Penempatan kata atau frasa yang kurang tepat di dalam sebuah kalimat juga akan merubah arti dari kalimat tersebut dan kesalahan seperti ini sangat umum sekali dilakukan oleh pemula yang baru belajar bahasa Inggris. Penempatan kata yang kurang tepat sering membuat kalimat terdengar aneh kalau dibaca dan juga makna kalimat tersebut menjadi membingungkan. Contoh penulisan yang salah adalah “Lisa found a silver girl’s necklace in garage”.

7. Potongan Kalimat

Potongan kalimat adalah kalimat yang kurang sempurna yang tidak mempunyai klausa sendiri, kalimat seperti ini banyak yang tidak memiliki subjek dan juga kata kerja. Ada banyak yang tidak bisa memotong kalimat dengan benar sehingga kalimat yang seharusnya maknanya jelas menjadi tidak jelas. Contoh pemotongan kalimat yang salah adalah “She gave her mother an amazing gift after the argument. In spite of everything”.

8. Penggabungan Subject dan Verb

Subjek dan juga kata kerja di sebuah kalimat harus mempunyai kesesuaian satu sama lain baik itu di kalimat tunggal maupun jamak. Penggabungan kedua kata ini jika tidak dilakukan dengan benar maka kalimat akan terlihat aneh dan kalau dibaca pun terdengar aneh. Contoh penulisan grammar yang salah adalah “An important part of my life have been the people who stood by me”.

9. Pemakaian Tanda Petik

Pemakaian tanda baca di dalam kalimat bahasa Inggris memang sering sekali terjadi kesalahan dan yang umumnya dilakukan adalah penggunaan tanda petik di kata “Its”. Pemakaian tanda petik untuk kata tersebut bisa merubah makna It, kalau memakai tanda petik maknanya miliknya. Contoh kalimat yang salah adalah “ I don’t believe its finally Saturday”.

10. Mengakhiri Kalimat Dengan Kalimat

Kesalahan yang ini juga sering dilakukan, tapi kesalahan ini tidak memberikan dampak yang begitu besar atau menyebabkan masalah besar karena tidak terlalu merubah makna kalimat. Meskipun maknanya tidak terlalu berubah tetap harus memperhatikan penulisan akhir kalimat agar nantinya yang membaca tidak merasa bingung mengartikan makna kalimat yang ditulis.

Penyebab Utama Melakukan Kesalahan Grammar

Kesalahan grammar yang umumnya dilakukan oleh banyak orang disebabkan banyak hal, penyebab pertama adalah tidak mengetahui struktur penulisan kalimat dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Karena tidak mengetahui susunan kalimat yang benar seperti apa membuat banyak masyarakat salah meletakkan kata bahasa Inggris sehingga merubah makna kalimat yang ditulis.

Penyebab yang lainnya adalah tidak tahu caranya menggunakan tanda baca untuk kalimat bahasa Inggris. Kesalahan seperti ini sebenarnya tidak hanya dilakukan saat menulis kalimat bahasa Inggris saja, tapi untuk menulis kalimat dalam bahasa Indonesia juga sering salah dikarenakan tidak tahu penempatan tanda baca yang baik dan benar.

Tips Jitu Belajar Grammar

Untuk bisa menulis kosakata dengan baik dan benar di sebuah kalimat maka harus mempelajari dulu struktur kalimat. Kalau di bahasa Inggris ada 16 tenses yang harus dihafalkan dan juga dikuasai agar nantinya saat menulis kosakata.

Selain harus mempelajari struktur kalimat juga perlu memahami pola kalimat yang akan dibuat, kalau ingin membuat kalimat sebaiknya selalu tempatkan subjek di awal kalimat. Setelah menuliskan subjek bisa penampakan kata kerja dan juga objek maupun kata keterangan. Jika sudah memahami pola kalimat tersebut nantinya tidak lagi melakukan kesalahan penulisan grammar.

Setelah mengetahui tips belajar grammar yang jitu, kamu juga harus tahu tips-tips meningkatkan kemampuan grammar. Sebab belajar grammar saja tidak cukup, maka dari itu kamu perlu meningkatkannya agar lebih ahli dalam penguasaan grammar.

Yuk pelajari materi dan informasi menarik dan ter-update seputar speaking, vocabulary, grammar, TOEFL, dan materi bahasa Inggris lainnya hanya di Jagobahasa. 

Khusus kamu yang akan tes kemampuan bahasa Inggris baik TOEFL/IELTS, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik bareng TOEFL/IELTS Preparation dari Jagobahasa. 

Pemberian materi dan latihan simulasi dari Jagobahasa, bikin kamu makin pede buat dapatkan skor terbaik tes bahasa Inggrismu!

Tunggu apa lagi? Belajar TOEFL dan IELTS kapanpun dan di manapun kamu mau bareng Jagobahasa aja. Daftar sekarang juga yuk!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo