Ingin Meningkatkan Kemampuan Grammar Bahasa Inggris ? Coba Tips ini!

Tingkatkan Kemampuan Grammar Bahasa Inggrismu Dengan Tips Ini!

Grammar adalah tata cara penulisan bahasa Inggris, bagaimana penulisan bahasa Inggris yang baik dan benar? tentunya,  sesuai dengan kaidah grammar yang telah ditetapkan. Kemampuan Grammar bisa dibilang adalah kemampuan untuk bisa mengetahui, memahami, menerapkan grammar, serta mengkoreksi pemakaian grammar yang salah.

Kemampuan Grammar bahasa Inggris menjadi salah satu aspek yang cukup sulit dipelajari, hal ini karena grammar bahasa Inggris sangatlah kompleks, dengan berbagai perbedaan, peraturan khusus, dan hal yang mengikat dalam grammar. Bahkan bagi native speaker sendiri, tidak terkecuali terkadang membuat kesalahan grammar.

Nah, meskipun sulit dan menjadi salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris, ada cara untuk meningkatkan Kemampuan grammar dengan cepat, serta mahir. Dengan tips kami berikut ini, dijamin Anda akan cepat bisa menguasai grammar bahasa Inggris, dan dengan mudah menjawab berbagai persoalan grammar bahasa Inggris dalam soal ujian, dan TOEFL Anda.

Mengapa Grammar Bahasa Inggris penting?

Nah, sebelum kita membahas mengenai tips untuk meningkatkan skill grammar bahasa Inggris, kita perlu mengetahui, mengapa grammar bahasa Inggris penting? Apakah grammar bahasa Inggris penting untuk bisa berbicara dengan turis asing? Seberapa pentingnya grammar untuk berbagai bidang kemampuan bahasa seperti Membaca, Menulis, Berbicara, dan Mendengarkan?

Grammar sangat penting, terutama untuk bidang penulisan bahasa Inggris, atau writing. Dalam penulisan grammar akan lebih ditekankan, serta kesalahan grammar akan lebih terlihat. Namun saat situasi speaking, kesalahan grammar lebih ditolerir, sehingga kemampuan grammar tidak akan terlalu berpengaruh untuk kemampuan speaking, tetapi tetap penting juga sebagai tolak ukur kemampuan berbahasa Inggris.

READ  Cara Asyik Tingkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris!

Grammar juga sangat diuji di dalam tes ujian dalam sekolah, diajari mulai dari SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Selain itu, grammar juga menjadi kunci dalam soal TOEFL, dimana satu section adalah grammar section. Grammar section ini menguji kemampuan Anda dalam grammar, sehingga akan menguji kelayakan Anda dalam skor TOEFL.

Jadi, jika Anda ingin lebih menguasai grammar dalam pembelajaran bahasa Inggris, ada beberapa trik yang bisa dipakai untuk bisa belajar grammar dengan lebih baik, serta bisa mempelajarinya melalui program les dan belajar grammar lebih jago di sekolah.

Jadi kesimpulannya, mengapa kita harus belajar grammar? Grammar sangatlah penting, karena grammar merupakan fondasi untuk penulisan kalimat dan kata dalam bahasa Inggris. Agar kita bisa bercakap-cakap lebih baik, serta menulis dan membaca dalam bahasa Inggris, memahami tentang grammar, serta tahu bagaimana grammar yang benar adalah salah satu faktor yang penting dalam belajar bahasa Inggris.

Ingin Bisa Jago dalam Grammar Bahasa Inggris? Ketahui Dahulu Hal-hal di Bawah Ini

Nah, apakah Anda penasaran ingin bisa jago belajar grammar? Pertama ketahui dahulu hal-hal disini untuk paham bagaimana cara belajar grammar, belajar untuk meningkatkan kemampuan grammar, serta cara agar bisa jago untuk grammar bahasa Inggris, baik itu untuk menulis, membaca, atau bahkan untuk speaking atau berbicara.

Sebelum belajar grammar bahasa Inggris, ketahuilah dahulu hal-hal di bawah ini, agar bisa menguasai grammar dengan lebih jago.

1. Belajar grammar = Belajar menghafalkan

Belajar grammar harus sering menghafalkan, mulai dari menghafal penggunaan tenses, aturan tersendiri dalam masing-masing tenses yang digunakan, dan menghafalkan mengapa kalimat tersebut menggunakan tenses tertentu. Nah, jika masih belum paham apa itu tenses, bisa dilihat pada artikel kami disini, agar lebih paham lagi tentang belajar grammar.

READ  Curi-Curi Start Persiapan UAS Anak Bareng English For Kids

2. Harus bisa memahami perbedaan masing-masing tenses dalam grammar

Tenses adalah penyusunan kata, dan grammar yang digunakan untuk setiap kondisi dalam kalimat. Berbeda dengan bahasa Indonesia, dimana kata dan kalimat yang diucapkan tidak banyak mengalami perbedaan, kalimat dan kata bahasa Inggris berubah-ubah sesuai dengan kondisinya.

Semisal, jika suatu kejadian terjadi di masa lalu, maka kalimat untuk mengungkapkannya harus menggunakan Past tenses, jika kejadian terjadi di masa kini, haruslah menggunakan simple tenses, atau simple continuous, dan lain sebagainya. Tense tersebut juga memiliki perbedaan penggunaannya masing-masing, inilah yang membuat belajar grammar amatlah rumit.

3. Belajar grammar tidaklah mudah

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, belajar grammar tidaklah mudah, karena kita harus banyak menghafalkan tenses yang digunakan, mengerti perbedaan dari masing-masing tenses yang digunakan, paham kapan tenses tersebut digunakan, serta bagaimana untuk menyusun satu kalimat yang benar, berdasarkan grammar yang tepat.

Cara Meningkatkan Kemampuan Grammar Bahasa Inggris

Nah, setelah memahami hal-hal diatas, sekarang akan kami berikan sedikit tips untuk bisa meningkatkan skill grammar Anda. Perlu diketahui, tidaklah mustahil untuk bisa belajar grammar, karena dengan beberapa tips, maka grammar itu sebenarnya amatlah mudah, terutama jika sudah memahami konsep dasar dari grammar, dan tenses yang digunakan tersebut.

Nah, inilah dia cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan Grammar bahasa Inggris:

  1. Belajar Tenses Dasar Terlebih dahulu

Tenses adalah dasar dari grammar, pada dasarnya grammar adalah 70% mempelajari tenses dalam bahasa Inggris. Jadi untuk mulai belajar grammar, tentu kita harus paham mengenai tenses, penggunaan tenses, dan tenses dasar terlebih dahulu.

Pada dasarnya, tenses bisa dibagi menjadi 3, yakni past, present, dan future. Setelah itu, dibagi lagi tergantung dari berbagai kondisi kalimat, apakah kalimat tersebut berkelanjutan, sudah terjadi, atau dua kejadian yang berlangsung?

  1. Banyak Menghafal untuk Grammatical Rules

Selain itu, ada banyak grammatical rules yang perlu diperhatikan juga, mulai dari yang paling dasar yaitu penggunaan –s dan –es pada akhir kata, penggunaan kata bantu atau “to be” dan masih banyak lagi. Grammatical rules juga menjadi salah satu yang paling sering salah dalam mempelajari grammar, sehingga sebelum belajar lebih lanjut, grammatical rules harus selalu dihafalkan, dan dipahami.

  1. Hafalkan Tenses yang digunakan
READ  Perbedaan Sinonim dan Antonim

Ada banyak tenses yang ada dalam bahasa Inggris, dan tiap tenses dikhususkan untuk suatu keadaan dan kondisi tertentu. Untuk lebih jelasnya belajar tenses bahasa Inggris, kamu bisa ikuti pada guide kami, serta latihan bersama kami disini untuk memahami lebih lanjut.

  1. Perbanyak Latihan Soal yang menguji Grammar

Perbanyaklah latihan soal, dan metode paling efektif untuk bisa belajar Grammar adalah melalui latihan soal. Memecahkan masalah grammar, seperti koreksi grammar yang salah, memahami tenses, menjawab persoalan grammar, dan ada banyak latihan soal yang bisa digunakan untuk menguji grammar Anda.

Selain itu, latihan soal juga bisa untuk berlatih ujian TOEFL, dan ujian pada sekolah, karena itulah mempelajari grammar akan sangat berguna.

  1. Jangan Menyerah, dan tetap konsisten berlatih

Yang terakhir adalah, jangan menyerah. Meskipun grammar bukanlah hal yang mudah dipelajari, tetapi tidak mustahil, karena masih bisa kita memahami, dan mempelajarinya. Jika kita ikuti dari dasarnya, dan memahaminya dari akar, serta dasarnya, kita bisa paham mengenai grammar yang digunakan, dan juga meningkatkan kemampuan Grammar Anda.

Tak lengkap rasanya jika sudah mempelajari grammar namun tak mempelajari speaking. Buat kamu yang ingin belajar speaking, kamu bisa ikuti tips dari artikel Tingkatkan Skill Speaking Kamu Pakai Cara Ini agar kamu bisa cepat mahir. Baca sekarang yuk, agar kamu mempunyai skill Bahasa Inggris dengan paket lengkap! Grammar oke, speaking pun juga oke.

Belajar dan cepat kuasai grammar dengan mudah? Gabung sekarang juga di Jago Bahasa!

Share:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menggunakan metode yang dirancang secara khusus, kini kamu bisa lebih mudah belajar Bahasa Inggris diwaktu dan tempat ternyamanmu

Ikuti Kami

©2023 JagoBahasa.com. All Rights Reserved PT Jago Bahasa Inspira

Scroll to Top