Logo Jagobahasa

Kuliah Sastra Inggris Kelas Karyawan, Kenapa Tidak?

Kelas Karyawan untu Anak Sastra Bahasa Inggris

Kamu tentu sering mendengar istilah kuliah kelas karyawan bukan? Mungkin saja kamu juga sudah tahu apa itu kuliah kelas karyawan.

Ternyata cukup banyak pula yang belum mengetahui apa itu kuliah kelas karyawan. Bagi kamu seorang karyawan yang ingin melanjutkan studi sangat penting untuk mengetahui lebih detail mengenai kuliah kelas karyawan.

Apa Itu Kelas Karyawan? 

Kuliah kelas karyawan merupakan suatu program di perguruan tinggi yang dirancang khusus bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Biasanya kuliah kelas karyawan hanya berkisar 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Namun ada pula yang dilaksanakan malam hari setelah jam pulang kerja.  Dari segi akademik gak ada perbedaan antara ijazah kelas karyawan dan kelas reguler. Dari status mahasiswa, akademik, kualitas dan gelar kelas karyawan pun semuanya sama dengan mahasiswa reguler.

Hanya saja kuliah kelas karyawan lebih banyak diikuti bagi mereka yang sudah bekerja. 

Mengapa Bahasa Inggris Penting Karyawan? 

Meski sudah memasuki dunia kerja namun bukan berarti kamu harus berhenti belajar ya. Bahasa Inggris jadi subjek yang harus kamu pelajari lo.

Terlebih lagi kini bahasa Inggris jadi salah satu syarat wajib untuk karyawan di berbagai perusahaan. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kuliah kursus Sastra Inggris untuk karyawan.

Ada apa aja sih?

1. Meningkatkan Komunikasi dengan Rekan Kerja dan Klien

Di era sekarang ini menguasai bahasa Inggris juga bisa memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan rekan dan klien. Pemanfaatan bahasa Inggris di dunia bisnis juga cukup banyak.

Mulai dari membuat laporan, melakukan presentasi dan berbagai keterampilan lain yang berhubungan dengan perusahaan. 

2. Memperluas Peluang di Pangsa Global

Saat ini ada begitu banyak peluang di pasar global. Baik itu penjualan atau proyek-proyek besar yang bisa dilakukan lintas negara dengan mudah. Jadi sudah barang tentu jika bahasa Inggris cukup penting di era globalisasi sekarang ini untuk membuka peluang peluang tersebut.

3. Memperbanyak Kesempatan Membangun Jaringan

Membangun jaringan dengan rekan kerja dari berbagai negara terbilang cukup penting bagi kamu yang ingin memperluas kapasitas perusahaan. Terlebih lagi ada banyak sekali manfaat bahasa Inggris di masa depan. Mulai dari digital marketing, pengembangan di bidang teknologi, IT dan berbagai inovasi lainnya.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Produktivitas

Apa yang akan terjadi jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris dan harus melakukan presentasi di depan calon investor mancanegara? Ini tentu akan menurunkan tingkat percaya diri bukan?

Nah bisa bahasa Inggris mampu meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam menangani pekerjaan. Hal ini juga akan berpengaruh pada tingkat produktivitas yang ikut meningkat pula.

Pekerjaan yang Memerlukan Bahasa Inggris

Kuliah di jurusan sastra Inggris mau jadi apa? Jadi guru Bahasa Inggris?

Pertanyaan semacam ini sering didengar oleh lulusan Sastra Inggris. Sebagian besar dari mereka menganggap lulusan sastra Inggris hanya bisa karier di pendidikan saja.

Sebenarnya lulusan sastra Inggris memiliki scope pekerjaan yang jauh lebih luas, bukan sekadar mengajar. Apa saja sih pilihan? 

1. Berkarir di Media dan Jurnalisme 

Tahukah kamu jika jurnalis merupakan bidang yang cukup diminati oleh para lulusan Sastra Inggris. Persaingannya juga cukup ketat lo. Bekerja di bidang ini ternyata akan membuat skill menulis kamu bisa terpakai lo. Terlebih lagi jika berprofesi sebagai reporter baik untuk televisi, surat kabar daring atau media cetak.

2. Masuk ke Bidang Penerbitan

Meski bukan termasuk bidang yang dilirik banyak orang, namun tahukah kamu jika publishing atau bidang penerbitan merupakan salah satu sektor yang relevan bagi para mahasiswa sastra Inggris. Kemampuan bahasa Inggris kamu tentu akan sangat berperan pada bidang ini. Jadi tak ada salahnya untuk mulai mencari kesempatan magang sebagai staf editor sejak kuliah.

Jika kamu butuh tutor untuk meraih impian sekaligus mengejar karir, yuk gabung kursus bahasa Inggris untuk karyawan online di English For Specific Purpose Jagobahasa

Jago bahasa Inggris, karir gemilang, impian jadi lebih dekat!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan