Logo Jagobahasa

Home » blog

Penjelasan tentang Discussion Text dan Contohnya

Apa Itu Discussion Text_ Ayo Simak Di Sini!

Saat mempelajari bahasa Inggris, ada banyak kemampuan yang harus kamu kuasai. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai adalah reading comprehension atau kemampuan membaca. Memang, komunikasi lewat teks atau tulisan banyak digunakan dalam bahasa Inggris. 

Discussion text bisa menjadi alternatif untuk melatih kemampuan membaca selain narrative text, persuasive text, dan procedure. Teks menjadi salah satu aspek dalam bahasa Inggris yang tak bisa dipisahkan begitu saja. Yuk simak penjelasannya!

Definisi Discussion Text

Pengertian discussion text adalah jenis teks yang membahas mengenai suatu topik. Dalam hal ini, bayangkan kamu sedang menghadapi satu topik yang hangat. Misalnya jika kamu mendengar topik mengenai perubahan jam sekolah. Kamu pasti ingin membahasnya dengan orang tua dan teman. Pada saat membahas bersama orang lain ini, bisa saja terjadi pertukaran argumentasi.

Pendapat yang dimiliki oleh masing-masing orang tentunya berbeda. Perbedaan pendapat dan argumen inilah yang menciptakan diskusi antar orang-orang yang terlibat. Kamu mungkin memiliki pendapat bahwa perubahan jam sekolah tidak cocok karena mengurangi jadwal bermain. Namun, orang tuamu bisa jadi berpikir bahwa hal ini membuat kamu lebih disiplin.

Diskusi antara kamu dan orang tuamu terdiri dari berbagai pendapat yang mungkin bertentangan. Nah, setelah terjadi pertukaran argumentasi ini, kamu dan orang tua akan membahas mengenai kesimpulan yang bisa diambil. Hal inilah yang membuat diskusi penting dalam argument.

Setelah memahami hal tersebut, kamu bisa mengetahui apa itu discussion text. Dalam hal ini, teks diskusi adalah teks yang terdiri atas pendapat-pendapat dan argumentasi yang berbeda-beda mengenai satu topik.

Teks ini mengangkat isu dan memiliki berbagai sudut pandang. Secara sederhana, teks ini bisa mengangkat dua sudut pandang, yaitu pro dan kontra. Kedua sudut pandang ini dibahas dalam satu teks yang kemudian diambil kesimpulannya. Teks ini merupakan teks yang biasanya ditemukan dalam teks historis, filosofis, dan sosial.

Tujuan dari Discussion Text

Discussion text bertujuan untuk menyampaikan berbagai argumen atau sudut pandang mengenai isu tertentu. Argumen dalam teks ini berbeda jika dibandingkan dengan teks eksposisi. Tentunya, perbedaan mendasar ada pada bagaimana teks eksposisi biasa memiliki satu sudut panjang saja. Sementara itu, teks diskusi bisa memuat dua sudut pandang.

Teks eksposisi ada dua jenis, yaitu analytical exposition yang merupakan teks argumen yang berisi pendapat yang disampaikan kembali dalam teks tersebut. Kemudian, teks yang kedua adalah hortatory exposition yang memberikan saran aksi yang perlu dilakukan, yang mendukung argumen yang diangkat.

Biasanya, teks eksposisi ini hanya memuat satu sudut pandang. Contohnya adalah argumen setuju dan tidak setuju pada suatu topik tertentu.

Struktur Penulisan Discussion Text

Dalam penulisan teks dalam bahasa Inggris, terdapat sebuah istilah yang disebut generic structure. Artinya adalah struktur yang biasa digunakan untuk teks diskusi. Lalu, bagaimana struktur dari teks diskusi ini?

  1. Statement of issue, atau penentuan topik teks yang akan kamu buat. Di sinilah kamu harus menulis tentang masalah apa yang akan kamu angkat. Jelaskan secara singkat dan jelas, sehingga pembaca bisa memahaminya dengan mudah.
  2. List of supporting points, merupakan bagian dari teks yang berisi argumen-argumen yang mendukung atau pro terhadap topik yang sedang dibahas dalam sebuah teks.
  3. List of contrast point, yang merupakan bagian di mana kamu bisa menambah poin-poin penting yang bertentangan dengan isu yang sedang dibahas.
  4. Recommendation atau saran, yang menjadi kesimpulan dari pembahasan topik yang ada di teks tersebut. Hal ini sangat penting karena tujuan dari teks ini adalah mendapatkan kesimpulan dari dua argumen berbeda.

Struktur teks ini sangat mudah dipahami dan bisa dilatih jika kamu ingin menjadi seorang yang mahir menulis teks berbahasa Inggris. Nah, kamu bisa langsung mencoba menulis artikel bergaya diskusi ini dengan mudah.

Ciri Kebahasaan Discussion Text

Saat menulis sebuah discussion text, kamu harus memahami kaidah kebahasaan yang harus digunakan untuk menyusun teks tersebut. Kami akan menunjukkan bagaimana caranya menyusun sebuah teks diskusi yang sesuai dengan kaidah kebahasaan.

  1. Generic participant, dalam hal ini adalah isu yang akan dibahas pada sebuah teks. Sebagai contoh, topik yang akan dibahas adalah tentang penggunaan internet pada anak dan remaja. Topik ini bisa berubah-ubah disesuaikan dengan topik apa yang sedang ramai.
  2. Pakai thinking verb. Dalam hal ini, teks diskusi menggunakan kata-kata seperti hope, feel, dan believe. Artinya, lebih banyak kata yang mengedepankan perasaan dibandingkan dengan logika. Tentunya, hal ini karena kamu sedang membangun argument.
  3. Menggunakan koneksi additive, contrast, serta casual, yang merupakan sebuah cara untuk menjembatani antara dua sudut pandang yang berbeda. Hal ini menunjukkan adanya pendapat lain mengenai topik yang sedang dibahas.
  4. Menggunakan modalities seperti must, could, should, dan may. Hal ini juga menjadi karakteristik dari discussion text.
  5. Menggunakan adverbs of manner, seperti hopefully dan deliberately. Hal ini bisa menguatkan sebuah argumen.

Ciri kebahasaan yang ada di teks ini juga menjadikan teksnya semakin menarik untuk menggali sebuah topik. Pastikan kamu sudah paham dan terbiasa menulisnya ya. Berlatih lebih banyak bisa membuat kamu lebih mahir dalam membuat teks ini.

Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris

Berikut ini contoh yang bisa kamu jadikan patokan saat menyusun teksmu.

The Use of the Internet for Children and Adolescents

The Internet has been an inseparable thing in today’s society. it connects many people through emails, messages, and many more channels. The users are of almost all ages, including children and adolescents.

Internet helps many of them, who are students, to get more info and knowledge they don’t get at school. They also can explore mode ideas and get many inspirations for their work. The internet helps many of them to unveil their potential.

However, not all children and adolescents can filter what they consume in media. They can get exposed to porn, hate speech, and many more. They need to be careful when exploring the internet. Parents should also be aware of the threat, which means parents need to secure the devices.

The internet can give benefits to children but it can also give much harm for them, including how they can get exposed to harm. So, parents need to be ready to keep them safe from any harm on the internet.

Nah, itu tadi contoh discussion text yang bisa kamu tiru. Kamu bisa mencoba banyak topik lain untuk terus berlatih.

Selain discussion text, ada jenis text lain yang bisa kamu pelajari adalah procedural text. Apa itu procedural text? Yuk simak penjelasannya pada artikel Ayo berlatih membuat procedural text. Pelajari sekarang yuk, agar kemampuanmu menyusun teks dalam bahasa Inggris semakin meningkat.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo