Logo Jagobahasa

Home » blog

Direct dan Indirect Object: Pengertian dan Contohnya Lengkap

Direct dan Indirect Object Pengertian dan Contohnya

Direct dan Indirect object menjadi salah satu materi grammar yang wajib dipelajari. Secara umum direct object adalah kalimat langsung, sedangkan indirect object adalah kalimat tak langsung. 

Nah, agar kamu memahami materi satu ini, yuk simak penjelasan lengkap beserta contoh penggunaan dalam kalimat bahasa Inggris di bawah ini!

Direct Object 

Direct object adalah sebuah kata benda (noun), kata ganti atau (pronoun), noun substitute pada sebuah kalimat yang menerima aksi atau termasuk sasaran dari kata kerja (verb). Kata kerja ini adalah salah satu action verb dan juga termasuk transitive verb.

Jika tidak ada direct object dalam sebuah kalimat, maka makna pada kalimat dengan transitive verb menjadi tidak masuk akal, atau tidak lengkap. Secara sederhana, ketidakhadiran direct object membuat kalimat menjadi tidak make sense.

Biasanya direct object digunakan untuk menjawab pertanyaan terkait whom atau what yang mana posisinya diletakkan setelah action verb dalam sebuah kalimat transitif atau kalimat yang memang membutuhkan sebuah objek.

Contoh Kalimat Direct Object (DO)

Untuk lebih jelasnya, maka kamu bisa melihat beberapa contoh direct object yang letaknya setelah kata kerja atau verb berikut ini:

  • Marsya teaches math > teaches what?- math (Marsya mengajar matematika > mengajar apa?)
  • We have read the journal > have read what? – the journal (Kita sudah membaca jurnal > telah membaca apa?)
  • He called her father > called whom?- her father (Dia menelepon ayahnya > menelpon siapa?)
  • Fauzi buys some flowers > what does Fauzi buy? – some flowers (Fauzi membeli beberapa bunga > apa yang Fauzi beli?)
  • I eat cake > what do you eat? – cake (Saya memakan kue > Apa yang kamu makan?)

Jika diambil salah satu contoh di atas pada nomor 1, maka bisa kita jabarkan dan buktikan jika direct object adalah complement dari sebuah transitive verb dan merupakan sebuah kalimat pernyataan (declarative sentence) umumnya mengikuti verba. Berikut penjabarannya:

“Marsya teaches math”

Kalimat diatas jika berperan sebagai subjek bentuk kalimat pasif, menjadi:

“Math is taught by Marsya”

Kalimat di atas juga bisa digunakan sebagai sebuah jawaban dalam sebuah kalimat pertanyaan, yaitu:

“What does Marsya teach? Math”

Selain contoh direct object yang terletak setelah kata kerja atau verb, inilah beberapa contoh lainnya yang bisa kamu ketahui:

  • The family hugged their cat
  • Don’t forget what your father said
  • My Mother has two sisters and one brother
  • He still loves you
  • I would love a cup of coffee
  • I have lost my money
  • Does she like apple?
  • She doesn’t know them very well
  • I got $20 from my father
  • Pour some water into the glass

Noun Substitute dalam Direct Object

Selain dalam bentuk umumnya, ada pula bentuk noun substitute yang merupakan kata, bentuk clause, maupun phrase yang bisa berperan sebagai kata benda, dimana diantaranya berupa noun clause, gerund, and infinitive.

Contoh yang bisa kalian temukan adalah sebagai berikut:

  • We want to know how he destroy our table (Kita ingin tahu bagaimana dia menghancurkan meja kita – noun clause)
  • She hate waiting (Dia benci menunggu – gerund)
  • The students are learning to read (Murid-murid itu sedang belajar membaca – infinitive)

Umumnya pada bentuk English sentence akan menempatkan direct object dengan posisi tepat setelah verb. Hanya saja, ada juga waktu dimana indirect object harus berada di antara keduanya. Oleh karena itu, kita akan melanjutkan pembahasan direct dan indirect object khusus indirect object.

Indirect Object

Indirect Objek adalah noun, pronoun, maupun noun substitute yang bisa menjelaskan untuk siapa atau untuk apa sesuatu tersebut dilakukan oleh action verb. Objek inilah yang akan menjawab pertanyaan dari “to/for whom ; to/for what”.

Saat sebuah kata kerja bisa diikuti indirect object hanya saat mempunyai direct object. Kedua objek tersebut yang nantinya akan berupa selalu orang, tempat, benda, binatang, ataupun hal yang berbeda. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • You gave her an apple: gave termasuk verb
  • Her merupakan indirect object, berbentuk orang
  • An apple merupakan direct object

Contoh Kalimat Indirect Object

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini akan diberikan beberapa contoh terkait indirect object, yaitu:

  • The boss gave him a lesson > Gave a lesson to whom? – him (Bos memberi dia pelajaran > memberi pelajaran kepada siapa?)
  • My Husband donated his money to the church> Donated his money to what? – to charity (Suami saya mendonasikan uangnya untuk gereja > Donasi uang dia untuk apa?)
  • I gave Marsya the new laptop > Who do you give the new laptop? – Marsya (Saya memberikan marsya laptop baru > siapa yang kamu berikan laptop baru?)

Posisi dari Indirect Object

Indirect object mempunyai posisi yang bisa diletakkan sebelum direct object ataupun setelah dengan menambahkan preposition “to” atau “for”. Kombinasi ini nantinya akan membentuk prepositional phrase.

Setelah mengetahui direct dan indirect object secara satu persatu. Saatnya kita melihat contoh kalimat gabungannya, yaitu:

  • Gabungan indirect-direct object

She will give me all the money = she will give all the money to me

Artinya: Dia akan memberikan semua uang itu kepada ku

  • Gabungan direct-indirect object

Before Yuli went to Bali, she informed it to us

Artinya: Sebelum Yuli pergi ke Bali, dia menginformasikan itu kepada kita

Ternyata direct dan indirect object biasa digunakan secara bersama-sama pada sebuah pola kalimat sederhana yaitu Subject + Verb + Object 1 + Object 2 (SVOO). Hanya saja, saat verba mempunyai dua objek maka objek pertama adalah indirect object dan kedua adalah direct object. Namun jika posisinya direct object berada lebih dulu, maka preposisinya terdapat to atau for yang harus ditambahkan setelah direct object.

Jika ingin belajar mengenai direct and indirect object dan materi grammar lainnya dengan mudah, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Sebab, hal ini sangat penting agar kemampuan bahasa Inggris terutama penguasaan grammar meningkat.

Untuk mendukung proses belajarmu, Jagobahasa punya program spesial agar kamu makin jago ngomong bahasa Inggris. Di Jago Speaking by Jagobahasa, Kamu bisa belajar grammar dengan mudah, sehingga makin lancar speaking like a native, dalam waktu yang singkat!

Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan dirimu, dan mulai lancar speaking English sekarang juga!

Kamu Ingin Merasakan Serunya Belajar di Jagobahasa?

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo