Logo Jagobahasa

Home » blog

Pahami Apa Itu Adjective Clause? Definisi, Macam, Relative Pronouns, dan Contohnya

Adjective Clause_ Definisi, Macam, Relative Pronouns, dan Contohnya

Mempelajari bahasa Inggris, berarti kamu akan mengenal banyak grammar. Aturan ini dibuat agar memudahkan kamu dalam memahami konteks waktu yang digunakan dalam satu kalimat. Dalam bahasa Inggris, juga ada beberapa jenis grammar dan jenis kata.

Adjectives merupakan salah satu jenis kata yang ada dalam bahasa Inggris. Adjectives merupakan kata sifat. Sama seperti Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris juga terdapat kata benda, kata sifat, dan kata kerja.

Dalam bahasa Inggris, ada juga yang disebut dengan adjective clause. Lalu, apa itu adjective clause? Apakah sama dengan adjective?

Yuk, kita bahas bersama di sini!

Definisi Adjective Clause

Adjective adalah kata sifat dalam bahasa Inggris. Sama seperti bahasa Indonesia, kata sifat dalam bahasa Inggris merupakan kata yang menggambarkan sifat atau keadaan suatu benda. Contohnya adalah big (besar), hot (panas), sick (sakit), far (jauh) serta short (pendek). Ini adalah kata-kata yang termasuk dalam adjective biasa. Lalu, ada juga yang disebut dengan adjective clause. Apa maksudnya?

Adjective clause merupakan kata yang berbeda dari adjective biasa. Dalam hal ini, adjective clause adalah salah satu dependent clause. Artinya, adjective clause tidak bisa berdiri sendiri.

Klausa ini adalah salah satu klausa yang paling penting dalam bahasa Inggris tertulis maupun lisan. Lalu, apa saja yang perlu dipahami tentang adjective clause?

Mengenal Jenis Adjective Clause

Adjective clause bisa kamu pelajari dengan mudah. Sesungguhnya, kamu juga bisa mempelajari tentang adjective clause lewat berbagai cara. Ada dua jenis adjective clause yang perlu kamu ketahui. Dalam hal ini, kamu bisa memahami adjective clause jenis restrictive dan non-restrictive.

Mau tahu lebih lengkapnya? Ini dia dua jenis adjective clause yang harus kamu pahami:

1. Restrictive Adjective Clause

Kalimat ini adalah kalimat dependent dan independent yang saling terikat. Dalam hal ini, restrictive clause memiliki fungsi untuk identifikasi kata benda atau noun yang sedang dibahas dalam kalimat.

Biasanya, kalimat ini menggunakan relative pronouns that untuk menjelaskan hubungan antar noun. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

I prefer to stay at a hotel that has many facilities.

Di sini, kamu bisa melihat penggunaan kata ‘that’ yang berfungsi untuk menjelaskan noun dalam kalimat, dalam hal ini adalah hotel di main clause.

2. Non-Restrictive Adjective Clause

Tidak seperti restrictive adjective clause, non-restrictive adjective clause ada dan digunakan untuk menyambung kalimat. Kebalikan dari restrictive adjective clause, non-restrictive adjective clause ini tidak terlalu diperlukan. Biasanya, non-restrictive hanya menggunakan tanda koma sebelum relative pronoun. Contohnya adalah sebagai berikut:

My company, which has been acquired by a bigger company, starts new employee recruitment.

Kalimat di atas masih bisa dipahami bahkan ketika kalimat ‘which has been acquired by a bigger company’ bisa saja dihapus tanpa mengubah makna dari kalimat yang ada. Ada beberapa contoh lain dari adjective clause yang bisa kamu temui sehari-hari. Berikut ini beberapa kalimat yang mungkin kamu temui:

  1. I can remember the time when computers didn’t exist.
  2. Camille, who is from France, will enroll in law school this semester
  3. The red-haired boy, whose car is getting repaired, is getting a new car for his birthday.

Mempelajari bahasa Inggris merupakan salah satu keutamaan untuk sekolah, kuliah, serta bekerja. Kamu yang memahami bahasa Inggris memiliki peluang lebih besar mendapatkan nilai baik dan pekerjaan yang menjanjikan.

Adjective clause merupakan salah satu jenis adjective yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris kamu bisa menemukannya baik di percakapan lisna maupun di tulisan seperti buku, artikel, sampai konten sosial media.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, adjective clause merupakan kalimat yang membutuhkan penjelasan. Oleh karenanya, ada penyambung yang membantu menjelaskan kata di main clausenya. Kunci utama dalam mempelajari adjective clause adalah memahami konteks kalimatnya. Kalimat dengan adjective clause menjelaskan keterangan tempat, waktu, atau keadaan.

Rumus Adjective Clause

Berikut ini rumus adjective clause yang harus kamu pahami:

Rumus 1

Relative Pronoun + S + V

Catatan:

Relative pronoun seperti who, which, dan that bisa dianggap sebagai subject. Hal ini berlaku apabila tidak ada subject lainnya. Dalam kalimatnya, adjective clause selalu mengikuti noun serta pronoun yang sedang diterangkan dalam kalimat tersebut.

Noun atau pronoun dalam sebuah kalimat, terutama yang ada pada main clause bisa juga dianggap sebagai subject, object, maupun subject complement yang ada di setiap kalimat.

Rumus 2

Relative adverb + S + V

Catatan:

Relative adverb seperti when, why, serta where bisa juga digunakan berdampingan dengan adjective clause. Fungsi relative adverbs adalah untuk menerangkan noun atau kata benda sebagai keterangan waktu serta tempat. Relative adverbs juga berfungsi untuk menjelaskan alasan.

Dalam penggunaan grammar, kalimat dengan adjective clause disesuaikan dengan kondisi dan konteks kalimat tersebut. Karena penggunaan grammarnya disesuaikan dengan kondisi dan konteks, maka jenis verb yang digunakan dalam sebuah kalimat juga disesuaikan dengan grammar yang digunakan.

Jika kamu ingin lebih memahami penggunaan adjective clause, maka kamu bisa mencari buku atau tulisan lain dalam bahasa Inggris. Biasanya, adjective clause banyak digunakan dalam naskah dan produk tulisan.

Kamu yang ingin memahami secara menyeluruh tentang adjective clause bisa juga mengikuti les atau kursus bahasa Inggris. Dengan mengikuti kursus, kamu akan belajar langsung dari ahlinya. Tidak hanya itu, adanya teman lain yang ikut belajar bersama juga akan membuat pengalamanmu semakin menyenangkan.

Jadi, belajar bahasa Inggris tak lagi membuat kamu pusing dan khawatir, bukan?

Ada kabar gembira nih buat kalian yang mau belajar bahasa Inggris. Kini kamu bisa belajar secara komprehensif cukup dari rumah. 

Ada banyak tempat kursus Bahasa Inggris yang menawarkan berbagai program. Yuk simak rekomendasi  kursus online bahasa Inggris dengan biaya terjangkau agar kamu nggak bingung lagi mau kursus di mana. Tunggu apa lagi? Cek sekarang juga yuk!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo