Logo Jagobahasa

Home » blog

Yuk Simak Kelebihan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Yuk Simak Kelebihan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris adalah skill yang harus diasah untuk menghadapi zaman globalisasi seperti sekarang ini. Untuk itu, tidak heran jika banyak orang tua mengajarkan bahasa Inggris kepada anak mereka semenjak usia dini.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Bun, belajar bahasa Inggris memiliki banyak manfaat untuk anak loh:

1. Mengembangkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, semua aspek utama kemampuan berbahasa anak (speaking, reading, listening, dan writing) akan dilatih sedemikian rupa. Jadi, kemampuan komunikasi anak bunda, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa lain, akan berkembang karena keempat aspek kemampuan berbahasa mereka terbiasa terlatih.

2. Membuka lebar akses ilmu pengetahuan

Lebih banyak buku dan materi belajar yang menggunakan bahasa Inggris dibanding dalam bahasa lain. Dengan belajar bahasa Inggris, sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang bisa diakses oleh anak bunda akan semakin banyak dan luas.

Mereka juga bisa lebih mudah mengikuti perkembangan dunia keilmuan. Hal ini juga secara langsung memberikan dampak positif pada kemampuan akademik mereka.

3. Memberikan perspektif baru untuk anak

Bun, tahu tidak?

Anak tidak hanya belajar struktur kalimat, grammar, atau vocabulary saja loh ketika mereka belajar bahasa Inggris. Secara tidak langsung, mereka juga belajar budaya penutur asli bahasa Inggris.

Itu artinya, belajar bahasa Inggris akan membantu mereka memahami sudut pandang baru. Imbasnya, pikiran mereka akan lebih terbuka dan mereka bisa lebih berempati dan menghargai orang lain.

4. Menghadapi masa depan dengan lebih matang

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Dengan kata lain, hampir segala bidang kehidupan, mulai dari pendidikan sampai bisnis menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni akan membuka lebih banyak peluang dan pilihan hidup untuk si kecil di masa depan.

Mana yang Lebih Baik: Les atau Belajar Sendiri?

Jika bunda bingung memilih apakah si kecil harus belajar bahasa Inggris sendiri atau daftar ke tempat les, di bawah ini ada list kelebihan dan kekurangan belajar sendiri dan les. Bunda bisa mempertimbangkan daftar ini untuk memilih keputusan yang terbaik bagi anak bunda.

Kelebihan belajar sendiri:

  • Waktu dan tempat belajar lebih fleksibel karena si anak sendiri yang bisa menentukannya
  • Bisa memilih materi pembelajaran sendiri
  • Bisa lebih santai
  • Menghemat biaya

Kekurangan belajar sendiri:

  • Mudah hilang fokus karena akan ada banyak distraksi ketika belajar sendiri
  • Kegiatan belajar bisa tidak konsisten karena tidak dijadwal
  • Proses dan hasil belajar bisa tidak optimal karena tidak ada partner yang membantu atau mentor yang membimbing dan mengawasi
  • Kesulitan mendapat materi belajar yang tepat

Kelebihan belajar bahasa Inggris di tempat kursus:

  • Anak dibimbing oleh teacher yang ahli dan berpengalaman
  • Anak bisa konsisten untuk belajar karena kegiatan belajar sudah dijadwalkan
  • Materi belajar sudah tersedia sehingga anak hanya harus fokus belajar bukan mencari materi belajar sendiri
  • Terdapat fasilitas di tempat kursus yang tidak bisa didapatkan oleh anak ketika ia belajar sendiri (misal: kelompok belajar, sertifikat English Fluency, tes kemampuan bahasa Inggris, dan sebagainya)

Kekurangan belajar bahasa Inggris di tempat kursus:

  • Jadwal les yang bisa membebani anak
  • Anak bisa stress
  • Membutuhkan biaya lebih

Hambatan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak

Berikut ini adalah beberapa kendala yang bisa muncul ketika anak belajar bahasa Inggris. Dengan mengetahui hambatan ini, bunda bisa mencari solusi tepat agar hasil belajar anak bisa maksimal dan mereka bisa terus enjoy belajar bahasa Inggris.

  • Anak tidak begitu berminat belajar bahasa Inggris
  • Anak tidak pede untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggrisnya
  • Anak kehilangan motivasi karena materi yang terlalu susah
  • Lingkungan belajar yang tidak nyaman
  • Guru yang tidak kompeten
  • Fasilitas belajar yang tidak menunjang

Program Bahasa Inggris untuk Anak

Bunda selalu bisa mendaftarkan si kecil ke tempat kursus bahasa Inggris. Jagobahasa adalah salah satu tempat les bahasa Inggris yang menyediakan program khusus belajar anak.

Melalui Program English for Kids Jagobahasa, anak akan belajar bahasa Inggris secara intensif dan menyenangkan. Mereka akan dibimbing oleh teacher yang sudah ahli dalam mengajar anak-anak.

Selain itu, metode khusus yang digunakan di program ini memungkinkan anak untuk speaking in English secara aktif dengan guru dan teman sebaya mereka. Adapun beberapa fasilitas yang akan anak bunda terima ketika mengikuti program ini adalah sertifikat bahasa Inggris, 50+ materi pembelajaran yang bisa diakses selamanya secara gratis, kelas intensif dengan durasi 60 menit/ pertemuan, dan masih banyak lagi.

Biaya Program English for Kids

Tenang saja, Jagobahasa menawarkan berbagai macam kelas English for Kids dengan harga yang beragam. Jadi, bunda bisa memilih kelas untuk anak bunda dengan mencocokkan budget yang bunda miliki.

Adapun biaya program English for Kids dikategorikan berdasarkan jenis kelas dan durasi program. Untuk kelas reguler, biaya yang harus bunda keluarkan mulai dari Rp 325.000. Sementara untuk kelas private, biayanya mulai dari Rp 959.000.

Yuk daftarkan anak bunda di English For Kids Jago Bahasa sekarang juga, sebelum kehabisan kuota!

Kamu Ingin Merasakan Serunya Belajar di Jagobahasa?

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo