Logo Jagobahasa

Contoh Pidato Bahasa Inggris untuk Anak SD dan Terjemahannya

Contoh Pidato Bahasa Inggris untuk Anak SD dan Terjemahannya

Ketika belajar bahasa Inggris, salah satu skill yang harus dikuasai termasuk oleh young learners adalah speaking skill. Ada berbagai cara belajar mengasah kemampuan berbahasa Inggris, salah satunya adalah belajar berpidato bahasa Inggris.

Kegiatan pidato dalam bahasa Inggris membuat belajar lebih efektif. Anak-anak tidak hanya belajar speaking skill, tetapi juga menerapkan keterampilan lainnya termasuk reading. Untuk mengetahui contoh pidato bahasa Inggris untuk anak SD, alangkah baiknya kita ketahui dulu pengertian pidato.

Pengertian Pidato

Berdasarkan kamus bahasa Indonesia, pidato merupakan cara untuk mengungkapkan pikiran yang telah disusun dalam rangkaian kata dan diutarakan di depan khalayak ramai. Pidato hendaknya dibuat dengan persiapan yang matang.

Jadi, kegiatan berpidato adalah cara mengungkapkan ide, pikiran, dan gagasan yang memang ditujukan pada banyak orang, dengan tujuan tertentu. Selain kemampuan menguasai isi pidato, kamu juga harus menguasai bahasa lisan dengan baik. Juga, rasa percaya diri adalah salah satu faktor penting agar kamu dinyatakan berhasil menyampaikan isi dalam berpidato.

Pidato juga harus mempunyai struktur sederhana yaitu introduction atau pendahuluan, main idea atau inti pidato, dan supporting ideas atau contoh pendukung. Pada bagian akhir pidato disebut conclusion atau penutup.

Berpidato dalam bahasa Inggris harus memperhatikan tenses yang tepat, poin-poin yang disampaikan harus relevan dengan topik serta mampu menjelaskan poin-poin penting tersebut secara singkat. Agar konten pidato bisa spesifik, tentukan terlebih dahulu topiknya dan kuasai panggung. Perhatian audiens atau pendengar dapat diperoleh dengan membuka pidato yang mampu menarik perhatian.

Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Pendidikan

Berikut adalah contoh pidato untuk anak-anak SD (Sekolah Dasar):

Good morning, ladies and gentlemen.

First of all, let’s pray

and give thanks to Allah SWT, because of his blessings, we can meet in this

place without any troubles and obstacles. It is a great honor for me to stand

here in front of you all to give my speech about the importance of knowledge

and education.

Furthermore, I would like

to say thank you for the opportunity to stand here.

Education has an important

role that can develop our personality. Education is the first weapon for us to

shape what we think and what we see in our life. It also helps us to solve problems

properly. Even Francis Bacon stated that knowledge is power.

As Moslems, we have to

seek knowledge and then practice it. We can see this obligation from our

Prophet, Muhammad SAW. Allah, our God has promised that if His servants seek

knowledge in His way, He will increase their level.

Having a good education is

more than just obtaining a certificate or a high salary. But it also helps us

know what is good and bad in our life. So, there is no excuse to stop

increasing our level in front of Allah by seeking knowledge and education.

Ladies and Gentlemen, that is all about my speech today. Again, knowledge is the best investment in our future. Hopefully, what I say can be beneficial for us. Thank you very much.

 

Berikut adalah terjemahan dari contoh pidato di atas:

Selamat pagi, para hadirin.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena rahmatnya, kita semua dapat berkumpul di tempat ini tanpa ada masalah dan kendala apapun. Adalah sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa berdiri disini, di hadapan semuanya untuk berpidato tentang pentingnya pengetahuan dan pendidikan.

Selanjutnya, saya juga ingin mengucapkan terimakasih atas kesempatan untuk berdiri disini.

Pendidikan mempunyai peran penting yang dapat membantu mengembangkan kepribadian kita. Pendidikan adalah senjata utama yang membantu kita membentuk pola pikir dan cara pandang terkait kehidupan. Pendidikan juga membantu kita memecahkan masalah dengan baik. Bahkan Francis Bacon menyebutkan jika pengetahuan adalah kekuatan.

Sebagai Muslim, kita semua harus menuntut ilmu dan menerapkannya. Kita bahkan bisa melihat kewajiban mencari ilmu dari nabi kita, Muhammad SAW. Allah, Tuhan kita telah berjanji jika siapa saja hambaNya yang mau mencari ilmu di JalanNya, maka akan dinaikkan derajatnya.

Mempunyai pendidikan yang baik lebih dari sekedar mendapatkan ijazah atau memperoleh gaji tinggi. Tetapi, juga membantu kita membedakan mana yang baik dan yang buruk untuk kehidupan kita. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti meningkatkan derajat kita di hadapan Allah dengan mencari ilmu dan pendidikan.

Hadirin semua, itulah pidato saya hari ini. Sekali lagi, pendidikan dan ilmu adalah investasi terbaik di masa depan kita. Semoga, apa yang saya katakan bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak.

Nah itu tadi pengertian beserta contoh pidato bahasa Inggris, semoga membantu yaa..

Agar anak makin jago berpidato bahasa Inggris, yuk gabung kelas English for Kids Jagobahasa! 

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan