Logo Jagobahasa

Home » blog

Materi Belajar Membaca Bahasa Inggris untuk Anak TK

Belajar Membaca Bahasa Inggris untuk Anak TK

Belajar membaca bahasa Inggris untuk anak TK tentu memiliki banyak manfaat teruntuk tumbuh kembang otak dan untuk pembelajarannya dapat dimulai dari materi dasar. Salah satu alasan yang mendorong untuk mempelajari bahasa Inggris yang dimulai sejak dini adalah demi meningkatkan keterampilan kognitif anak .

Meskipun demikian, banyak yang mengatakan bahwa masa kanak-kanak itu merupakan masa bermain, bukan berarti anak-anak tidak mempelajari suatu hal yang bermanfaat termasuk belajar bahasa Inggris.

Hal tersebut tentu tergantung pada metode maupun materi ajar yang disampaikan kepada anak dalam mempelajari bahasa Inggris. Berikut ini beberapa materi belajar membaca bahasa Inggris untuk anak TK yang mendasar dan sangat sederhana. Materi ini dapat dipelajari, baik di rumah maupun di tempat kursus.

Alphabet Bahasa Inggris

Jika sebelumnya anak telah mempelajari cara membaca alphabet menggunakan bahasa Indonesia, tentu mempelajari bahasa Inggris dengan materi alphabet dapat diajarkan pula kepada anak.

Di bawah ini merupakan cara membaca alphabet dalam bahasa Inggris:

[wpdatatable id=120]

Bagi anak, terdapat beberapa cara efektif mempelajari alphabet bahasa Inggris, di antaranya seperti menyanyi lagu alphabet bahasa inggris, mengeja nama, dan letter by letter.

1. Menyanyi lagu alphabet bahasa Inggris

Lagu anak maupun video anak berbahasa Inggris tentu saat ini makin mudah ditemukan.  Belajar melalui lagu menjadi salah satu cara yang menyenangkan bagi anak sehingga anak cepat menyerap ilmu. Di bawah ini merupakan lirik lagu alphabet bahasa Inggris:

A B C D E F G

H I J K L M N O P

Q R S T U and V

W X Y and Z

Now I know my A B C’s

Next time won’t you sing with me?

2. Mengeja nama sendiri

Mengeja adalah cara yang efektif teruntuk anak dalam belajar bahasa Inggris secara mandiri. Anak pasti telah sering mendengar namanya karena panggilan orang-orang di sekitarnya. Orang tua atau pun tutor dapat membantu anak-anak belajar mengeja nama mereka sendiri dengan cepat dengan melakukan ini berulang kali.

3. Letter by letter

Maksud dari cara belajar letter by letter yaitu membuat anak belajar secara perlahan sehingga dapat menyerap setiap huruf yang dipelajari.

Misalnya A untuk Apple, B untuk Banana, C untuk Car dan seterusnya dapat diajarkan pada anak.

Greetings

Ketika anak telah memahami materi alphabet dalam bahasa Inggris, orang tua atau tutor dapat mengarahkan anak untuk mempelajari materi ringan seperti greetings.

Mengajarkan greeting dengan bermain peran bersama anak tentu akan lebih mudah dan mengasyikan sehingga anak akan mengingatnya dengan mudah.

Di bawah ini merupakan contoh basic greeting yang dapat diajarkan kepada anak:

Contoh 1:

A: Hello, how are you?

(Halo, apa kabarmu?)

B: I am fine, thank you.

(Aku baik-baik saja, terimakasih)

Contoh 2:

A: Hello, how are you?

(Halo, apa kabarmu?)

B: I am fine, how about you?

(Aku baik-baik saja, bagaimana denganmu?)

A: I am fine, thank you.

(Aku baik-baik saja, terimakasih)

Contoh 3:

A: Hi! My name is Nana. What is your name?

(Hai! Nama saya Nana. Siapa namamu?)

B: My name is Ali. Nice to meet you, Nana.

(Nama saya Ali. Senang bertemu denganmu, Nana)

A: Nice to meet you too, Nana.

(Senang bertemu denganmu juga, Josh)

Contoh 4:

A: Good Morning, Mommy.

(Selamat Pagi, Ibu)

B: Good morning, Son.

(Selamat Pagi, nak)

Selain greeting di di atas, sapaan berikut ini juga perlu diajarkan pada anak:

  1. Good Afternoon (Selamat Siang)
  2. Good Evening (Selamat Sore)
  3. Good Night (Selamat Malam)
  4. Goodbye (Sampai Jumpa)
  5. See you (Sampai Jumpa)

Colors

Anak akan sangat gembira saat belajar materi colors ketika materi tersebut disajikan dengan menggunakan gambar yang menarik di mata anak. Di bawah ini merupakan nama-nama warna dalam bahasa Inggris:

Terdapat metode lain untuk anak dalam hafalkan warna yaitu diantaranya dengan melakukan tebak-tebakan warna benda yang ada di sekitar rumah, menebak menebak warna dan memilih pakaian anak dengan warna berbeda.

Animals

Tak dipungkiri lagi hewan menjadi salah satu objek menarik yang dipelajari anak terkhusus dalam dasar berbahasa Inggris. Terdapat hewan-hewan peliharaan yang berada di lingkungan rumah seperti kucing, ikan, kelinci, burung, kura-kura, hingga anjing.

Di bawah ini merupakan contoh nama-nama hewan dalam bahasa Inggris:

English Indonesia
Dog Anjing
Cat Kucing
Fish Ikan
Bird Burung
Turtle Kura-kura
Rabbit Kelinci
Mouse Tikus
Elephant Gajah
Giraffe Jerapah
Tiger Harimau

Terdapat banyak cara mudah untuk mengetahui nama-nama hewan dalam bahasa Inggris di antaranya melalui video, buku cerita, maupun mengunjungi kebun binatang.

1. Mengenalkan Hewan Melalui Video

Cara mengenalkan hewan melalui video disertai audio yang menarik tentu menyenangkan bagi si anak-anak karena hal tersebut juga dapat menjadi salah satu cara mendidik anak di era digital saat ini.

2. Mengenalkan Hewan Melalui Buku Cerita

Buku cerita terkadang sudah dianggap tidak zaman, tetapi sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapat oleh anak melalui buku cerita di antaranya yaitu mengetahui nama-nama hewan beserta gambar yang terdapat dalam buku cerita.

3. Mengenalkan Hewan dengan Mengunjungi Kebun Binatang

Sangat diperlukan untuk melihat hewan secara langsung dengan mengunjungi kebun binatang bukan hanya sebagai hiburan saja, melainkan menjadi wisata edukasi bagi anak

Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

Mengajak anak untuk belajar mengenai anggota keluarga dalam bahasa Inggris juga hal yang tak kalah penting dalam dasar belajar bahasa Inggris anak. Selain itu, anak juga mampu mengetahui siapa saja anggota keluarganya dan cara memanggil keluarganya dengan benar menggunakan bahasa Inggris.

Di bawah ini merupakan tabel anggota keluarga dalam bahasa Inggris:

 

English Indonesia
Parents Orangtua
Mother Ibu
Father Ayah
Sister Kakak/saudara perempuan
Brother Abang/saudara laki-laki
Grandparents Kakek nenek
Grandmother Nenek
Grandfather Kakek
Uncle Paman
Aunt Bibi
Cousin Saudara sepupu

Itulah materi belajar membaca bahasa Inggris untuk anak TK sebagai dasar dalam mempelajari atau mengasah keterampilan bahasa Inggris anak sejak dini.

Selain pembahasan di atas masih banyak materi belajar membaca bahasa Inggris yang bisa diajarkan pada anak di usia dini dengan cara yang mengasyikkan sehingga anak semangat untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bahasa Inggrisnya.

Oh iya Jago Bahasa juga punya program khusus belajar bahasa Inggris untuk anak-anak TK lho. 

Kepoin yuk ada apa di English Whizz Kids Jago Bahasa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo