Logo Jagobahasa

Home » blog

English Specific Purpose: Kursus Bahasa Inggris untuk Pramugari dan Pilot

Punya Cita-Cita Jadi Pilot Atau Pramugari? English Specific Purpose Solusinya

Saat ini bahasa Inggris bukanlah hal yang istimewa lagi, dahulu sebagai orang Indonesia bisa berbicara bahasa Inggris mungkin merupakan hal yang dianggap luar biasa. Kini memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris merupakan kebutuhan dan keperluan yang wajib jika kamu menginginkan untuk bekerja di perusahaan terkenal.

Hal ini terjadi karena sudah banyak perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia dengan pengantar bahasa Inggris bahkan saat ini juga kamu dapat dengan mudah menemukan sekolah atau kursus bahasa Inggris termasuk kursus bahasa Inggris untuk pramugari.

Manfaat Program English Specific Purpose untuk Sekolah Penerbangan

Salah satu materi yang ditekankan dalam kursus adalah English Specific Purpose, tahukah kamu apa itu English Specific Purpose?

English Specific Purpose adalah sebuah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan untuk mempelajari kajian-kajian khusus sesuai dengan kebutuhan seseorang untuk fokus terhadap suatu bidang ilmu maupun profesi.

Jadi misalnya kamu akan mempersiapkan salah satu profesi yang  diinginkan misalnya pramugari, maka kamu bisa langsung mempelajarinya khusus untuk bidang kajian untuk pramugari saja. Sebab, hal ini dinilai sangat efektif dan efisien sekali.

Berikut ini manfaat bergabung dalam program English for Specific Purpose untuk mendukung profesi yang akan kamu tuju:

1. Pembelajarannya selalu berorientasi pada tujuan

Salah satu ciri dari pembelajaran bahasa Inggris yang satu ini adalah pembelajarannya akan selalu berorientasi pada tujuan termasuk kursus bahasa Inggris untuk pramugari. Seperti yang diketahui ketika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris, salah satu hal yang harus dipahami adalah grammar dan berbagai struktur yang ada pada bahasa tersebut. Tidak hanya itu saja, tetapi juga biasanya akan mempelajari mengenai budaya dan bisa memahami apa yang dimaksud dari bahasa tersebut.

Nah berbeda dengan kursus atau pembelajaran bahasa Inggris pada umumnya, kursus yang dilakukan pada ESP ini diawal pembelajarannya sudah mengetahui tujuan dari pembelajaran tersebut. Jadi pembelajaran ini hasil akhirnya adalah mencapai tujuan yang dimaksud. Contoh ketika kamu akan kursus bahasa Inggris untuk pramugari maka cakupan yang dipelajari hanya terfokus pada tata bahasa Inggris yang digunakan untuk profesi pramugari saja.

Pembelajaran ini tentunya sangat efisien sekali meskipun kamu tidak mengetahui pelajaran bahasa tersebut secara luas namun ESP ini memang dikhususkan kursus yang dilakukan untuk pengambilan konsentrasi profesi saja.

2. ESP itu sendiri dirancang dengan konsep analisis kebutuhan

ESP ini memang dirancang dengan pendekatan konsep analisis kebutuhan yang dikhususkan digunakan untuk bidang profesi saja.

3. ESP lebih ditujukan untuk orang dewasa dibanding untuk anak maupun remaja

Karena ESP ini untuk bidang konsentrasi profesi maka materi bahasa Inggris yang satu ini lebih ditujukan pembelajarannya untuk orang dewasa yang akan mengambil bidang profesi saja. Jadi bagi anak-anak dan remaja disarankan untuk mengambil tingkatan lain yang cakupannya masih lebih luas dibanding ESP itu sendiri.

Ternyata manfaat dari ESP memang sangat banyak sekali ya! Dengan bergabung dengan ESP ini, kamu menjadi lebih fokus lagi terhadap bidang kajian yang sedang ditekuni.

Hal tersebut karena program ESP ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi secara efektif sesuai dengan kebutuhan bidang yang ingin dikuasai. Salah satu contohnya yang sudah disebutkan tadi misalnya kursus bahasa Inggris untuk pramugari. Ada lagi misalnya English for Marketing, English for Medical Professionals hingga English for Academic.

Jadi jika kamu ingin menjadi pramugari sangat disarankan untuk mengikuti kelas ESP terlebih dahulu. Hal ini juga pastinya akan diwajibkan sebagai persyaratan untuk bisa bekerja di perusahaan-perusahaan penerbangan.

Seperti yang diketahui ketika kamu sedang naik pesawat, sebelum terbang pasti akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai cara penyelamatan darurat, menggunakan sabuk pengaman, hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama penerbangan dan lain sebagainya.

Nah hal inilah yang biasanya akan dipelajari pada ESP untuk profesi pramugari. Jika kamu menggunakan penerbangan domestik, maka akan dijelaskan dengan dua bahasa. Namun sebaliknya, jika kamu sudah menggunakan penerbangan internasional maka pengantar penjelasan tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Materi English for Aviation (Sekolah Penerbangan) dari English Specific Purpose

Ketika kamu bekerja di industri penerbangan memiliki kemampuan bahasa Inggris merupakan suatu kewajiban yang harus dikuasai. Mengapa? Hal tersebut karena setiap harinya ketika kamu bekerja akan dituntut untuk selalu berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Seperti yang diketahui baik itu penerbangan domestik maupun internasional, beberapa dari penumpang pasti akan kamu temukan yang berasal dari luar negeri. Nah untuk mengetahui penjelasan dari kamu, tentunya harus menjelaskannya dalam bahasa Inggris bukan?

Contohnya di suatu kondisi misalnya ada komplain dari penumpang maupun pertanyaan yang timbul dari penumpang dari luar negeri, untuk bisa mengatasi hal tersebut tentunya kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik bukan?

Itulah salah satu alasan mengapa jika kamu bekerja di industri penerbangan,  harus mempelajari English for aviation. Jadi, jika ingin menjadi pramugari ataupun profesi lain yang ada di industri penerbangan, kamu harus mengikuti kursus bahasa Inggris untuk pramugari terlebih dahulu.

Adanya bahasa ini juga ditujukan agar bisa terhindar dari adanya miskomunikasi antara pilot maupun pengatur lalu lintas udara. Jadi penerbangan bisa berjalan dengan lancar dengan adanya komunikasi yang baik dari dua arah.

Materi bahasa Inggris yang ditujukan di dunia penerbangan atau English for Aviation ini berguna untuk menunjang pekerjaan tersebut. Contohnya seperti meminta bantuan dari tim lain, membaca petunjuk dalam bahasa Inggris atau kondisi-kondisi lain yang mengharuskan kamu untuk bisa menguasai bahasa Inggris.

Nah sebelum mengenal tentang materi tersebut, kamu juga harus mengetahui kata kerja apa saja yang akan sering digunakan selama menjadi pramugari maupun pilot. Contohnya seperti airfare, aisle seat, captain, cockpit, emergency exit, jet lag, land, overhead bin, gate, excess baggage, dan lain sebagainya.

Sedikit tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa memahami atau menghafal kata-kata yang sering dipakai di dunia penerbangan ini adalah dengan menonton berbagai film atau video yang berkaitan dengan penerbangan namun yang menggunakan pengantar bahasa Inggris.

Jadi dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan pada kursus bahasa Inggris untuk pramugari ini, kamu bisa memahami secara tidak langsung kata-kata tersebut dan otomatis langsung hafal karena terserap dengan cara yang menyenangkan.

Cara tersebut dinilai bisa menambah vocabulary agar miliki lebih banyak lagi sehingga kamu menjadi lebih memahami kemampuan bahasa Inggris dengan baik. Kamu juga bisa mengikuti program English Specific Purpose dari Jago Bahasa.

Kemampuan bahasa Inggris bagi karyawan seperti pilot dan pramugari itu sangat penting apalagi di era globalisasi seperti sekarang. Jangan khawatir, kamu dapat mengikuti kursus Bahasa Inggris di Jagobahasa dengan waktu yang fleksible. Jagobahasa menyediakan program English for Specific Purpose Jagobahasa!

Tunggu apa lagi? Yuk luaskan peluang karir Anda dengan gabung Jagobahasa sekarang juga. Tidak ada kata terlambat buat jago bahasa Inggris!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo