Logo Jagobahasa

Home » blog

Tips Lulus Tes TOEFL dengan Mudah Meski Belajar dari Rumah

Tips Lolos Test TOEFL dengan Mudah Walau Belajar di Rumah

Apabila kamu ingin kuliah untuk mengejar gelar sarjana atau pascasarjana, salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu sertifikat tes TOEFL sesuai syarat skor universitas pilihan. Tidak hanya untuk pendidikan, sekarang banyak pilihan karir yang mengharuskan calon karyawannya memiliki keahlian bahasa Inggris dengan bukti hasil sertifikat tes TOEFL.   Sertifikat tes TOEFL diperoleh jika kamu sudah mengikuti tes bahasa Inggris tersebut. 

Sebelum mengetahui tips lolos tes TOEFL dengan mudah, alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu TOEFL terlebih dahulu di bawah ini!

Apa Itu Tes TOEFL?

Tes TOEFL merupakan tes yang diselenggarakan ETS, berupa ITP dan iBT. Keduanya punya fungsi yang sama, yaitu menguji kemampuanmu dalam menguasai bahasa Inggris baik secara tertulis maupun lisan.

TOEFL sudah dikenal hingga di 130 negara, bahkan lebih, dan terdapat lebih dari 7,500 college maupun institusi pendidikan lainnya di berbagai dunia menggunakan TOEFL. Nilai tes tersebut adalah syarat agar kamu bisa mengambil berbagai program berbahasa Inggris yang ditawarkan oleh universitas pilihan, termasuk untuk mengurus beasiswa hingga imigrasi.

Perlu diingat bahwa setiap universitas atau beasiswa memiliki syarat skor TOEFL berbeda. Namun, secara umum mereka menetapkan skor minimal 400 untuk TOEFL ITP, sedangkan skor 30 untuk TOEFL iBT.

Kapan dan di Mana Tes TOEFL Dilaksanakan?

Tes TOEFL diselenggarakan oleh pusat tes resmi ETS. Di dunia, terdapat hingga lebih dari 3.000 pusat tes TOEFL. Untuk TOEFL iBT, tes ini dapat dilakukan di rumah dan biasanya pendaftaran dibuka setiap 5-6 bulan sebelum hari H.

Tips Lulus Tes TOEFL

Berikut adalah persiapan yang harus kamu lakukan agar kamu lulus tes TOEFL:

1. Konsisten Belajar

Belajar dan disiplin adalah kiat yang wajib kamu jaga. Tidak ada orang yang bisa berhasil dengan nilai tinggi tanpa melakukan usaha secara maksimal. Paling tidak, kamu membutuhkan waktu belajar satu jam minimal setiap harinya agar dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris.

2. Listening Practice

Latihan mendengarkan menjadi cara untuk memahami percakapan pada listening section TOEFL. Kamu juga bisa belajar listening test melalui lirik lagu atau film tanpa subtitle.

3. Meningkatkan Kosakata

Reading section menjadi bagian tes TOEFL. Pada soal ujian, terdapat bacaan dengan kosakata berbeda dari percakapan sehari-hari. 

Cara agar kamu bisa menghadapi reading section adalah dengan rajin baca berbagai buku akademik, artikel, dan berita dalam bahasa Inggris.

4. Belajar Baca Cepat

Dalam bahasa Inggris, metode ini disebut sebagai skimming. Bacaan panjang pada reading section membuat kamu harus menemukan poin-poin penting dengan cepat. 

Alhasil, dengan latihan baca skimming, akan membuat kamu bisa paham apa maksud sebuah bacaan tanpa baca seluruh kalimat.

5. Buat Poin dalam Writing

Pada writing section, sebaiknya gunakan waktu dengan memikirkan apa isi tulisan, cara dan susunan penulisan yang tepat. Salah satu strateginya adalah dengan membuat sejumlah poin penting agar dapat membuat tulisan secara terstruktur dan sistematis, sehingga tidak terkesan berbelit-belit.

6. Ikut Kursus Persiapan Tes TOEFL

Ikut kursus persiapan TOEFL bisa membantumu untuk mempelajari materi yang ada pada tes ini. Namun, memilih tempat kursus terbaik bukan hal yang mudah. 

Berikut adalah beberapa tips memilih lembaga kursus persiapan TOEFL agar tidak salah pilih:

  • Kelengkapan TOEFL

Kelengkapan materi TOEFL adalah hal penting yang harus kamu pastikan terlebih dahulu ketika memilih lembaga kursus. Pastikan kamu akan menerima materi empat aspek mulai dari tes listening, structure, reading, hingga writing. Pembelajaran yang ditawarkan harus mencakup pengucapan, kosakata, dan tata bahasa.

  • Akses Mudah

Akses mudah pada pembelajaran akan memudahkan kamu meninjau seluruh materi yang dibutuhkan beberapa kali. Jadi, kamu tinggal memilih lembaga kursus TOEFL yang tidak memberikan batasan terkait akses materi.

  • Kualitas Pembelajaran

Kursus TOEFL yang punya kualitas pembelajaran tinggi dapat dilihat dari kurikulum, metode pembelajaran dan tingkat TOEFL. Penggunaan kurikulum akan mempengaruhi apakah materi pembelajaran diberikan secara terstruktur, jelas, dikenal dan target-oriented.

Metode kelas kecil sangat membantu untuk pembelajaran lebih personal. Kamu bisa bebas mendapatkan informasi terkait TOEFL lebih lanjut dari tutor. Level TOEFL tinggi artinya materi mempunyai level kosakata dan tata bahasa sama seperti tes TOEFL resmi.

  • Biaya

Kualitas materi atau pelajaran sangat mempengaruhi biaya. Pastikan bahwa kamu telah mengeluarkan biaya kursus TOEFL yang imbang dengan kebutuhan. Kamu juga harus tahu apa tujuan ikut kursus TOEFL dan buat pilihan spesifik di tempat kursus TOEFL manakah kamu akan belajar nanti.

Program Intensif Persiapan TOEFL di Jagobahasa

Punya target skor TOEFL tinggi? Semua itu bisa kamu capai dengan belajar bareng JagoBahasa!

Kamu bisa langsung daftar di program TOEFL Preparation Jagobahasa. Dengan pengalaman belajar menggunakan metode unggulan, di bawah bimbingan teacher berpengalaman dan bersertifikat.

Program intensif persiapan TOEFL ini ditawarkan dalam tiga kelas, yaitu reguler, private, dan private weekend. Masing-masing mempunyai scoring intensive dan gratis prediction test untuk menguji kemampuan kamu.

Kursus juga berjalan secara intensif, yaitu 90 hari per pertemuan dari Senin sampai Jumat atau weekend dengan bimbingan certified teacher yang sudah punya skor di atas 570. Supaya kamu bisa belajar di luar jam pertemuan, kamu dapat memanfaatkan diskusi Telegram untuk kuis dan grup selama 24 jam non-stop!

Tunggu apa lagi? Raih skor TOEFL terbaikmu dengan persiapan yang maksimal bareng TOEFL Preparation dari Jagobahasa. Wujudkan mimpimu dengan mudah dan murah di sini. Buruan daftar sekarang!

Kamu Ingin Merasakan Serunya Belajar di Jagobahasa?

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo