Logo Jagobahasa

Home » blog

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan

Tips Belajar Bahasa Inggris Sambil Bekerja

Kemampuan menggunakan bahasa Inggris sangat penting untuk di dunia kerja, terutama jika kamu bekerja di perusahaan asing. Dengan bekerja menjadi karyawan, kamu juga perlu belajar bahasa Inggris supaya dapat berkompetisi di dunia kerja.

Seorang karyawan yang punya keterampilan berbahasa Inggris adalah aset berharga bagi perusahaan. Akan tetapi, bagaimana jika kamu punya kesibukan yang sangat tinggi, kamu wajib meluangkan waktu agar kamu dapat belajar bahasa Inggris otodidak.

Sebuah masalah baru jika kamu harus mengatur waktu untuk bekerja sambil belajar Bahasa Inggris padahal, waktu kamu benar-benar sangat kurang. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika sudah bekerja tapi ingin belajar bahasa Inggris.

Tips Business English: Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan

Apa saja tips belajar bahasa Inggris dengan mudah meskipun sudah bekerja? Berikut beberapa cara efektif agar mahir bahasa Inggris untuk para pekerja:

1. Sesekali gunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi di kantor

Berinteraksi menggunakan bahasa Inggris, walaupun hanya satu atau dua kalimat pendek saja, sudah terbilang efektif. Itu artinya, kamu punya kemauan untuk praktek bahasa Inggris.

Sesibuk apapun di kantor, gunakan bahasa Inggris ketika bercakap dengan mitra kerja. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Tidak perlu malu bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Apabila melakukan kesalahan, kamu sedang belajar. Jadi, itu bukan hal yang buruk.

2. Manfaatkan jam istirahat untuk mendengarkan podcast berbahasa Inggris

Sedang Istirahat? Kamu bisa memanfaatkan Podcast sebagai metode efektif untuk melatih keterampilan mendengarkan. English is habit, hanya dapat dipelajari dengan cara membangun kebiasaan berbahasa inggris dengan rajin mendengarkan kata, frasa, hingga teks bahasa Inggris.

Mendengarkan podcast membuat kamu terbiasa mencerna berbagai makna dalam teks. Dengarkan berulang kali tentang topik tertentu dan catat beberapa kata yang menurut kamu sulit.

Kamu juga bisa meningkatkan kemampuan mengucapkan atau pemaknaan dalam bahasa Inggris. Podcast juga membantu agar kamu berhasil mendengarkan tes bahasa Inggris mulai dari IELTS, TOEFL, hingga TOEIC.

Rekomendasi Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Selain untuk media entertainment, Podcast bahasa Inggris juga membantu meningkatkan keterampilan conversation, dan listening. Juga membantu agar kamu punya banyak wawasan dengan ragam topik. Berikut adalah kumpulan podcast berbahasa Inggris:

  • All Ear English Podcast
  • Better at English
  • The English We Speak
  • Ted Talks daily
  • The British Culture Club
  • 6 Minute English

3. Bergabung dengan komunitas bahasa Inggris

Walaupun kamu punya kesibukan yang luar biasa padat, tidak ada salahnya mencari waktu luang untuk belajar bersama komunitas belajar bahasa Inggris online. Ada banyak komunitas online tersebut yang membantu memperluas interaksi.

Biasanya, komunitas seperti ini menyediakan tips atau materi terkait bagaimana cara memperkenalkan diri. Atau, kamu juga dapat mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum kamu pahami.

Pembahasan topik menarik menggunakan bahasa Inggris juga sering menjadi salah satu bahan diskusi di komunitas bahasa Inggris online. Komunitas online juga seringkali mempunyai member native speaker yang senang berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait bahasa Inggris.

Jadi, manfaatkan media gratis seperti ini untuk menjalin pertemanan bahkan dengan native speaker agar kemampuan berbahasa kamu lebih meningkat.

4. Belajar bahasa Inggris melalui kursus online

Bagi karyawan, mengatur waktu untuk bekerja dan kursus bahasa Inggris tidaklah mudah. Oleh karena itu, mengikuti kursus online menjadi cara efektif untuk belajar bahasa Inggris, Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Ada banyak tempat kursus bahasa Inggris online untuk karyawan, salah satunya Jagobahasa. Di sana ada program yang tersedia untuk karyawan, seperti English for General Business dan English for Job Interview. 

Tidak hanya kedua program tersebut, ada program English for BUMN Test untuk Anda yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi tes kepegawaian, seperti BUMN. Anda akan belajar materi dan contoh soal tes bahasa Inggris BUMN secara mendalam bersama tentor selama 2 jam. Alhasil, Anda bisa lebih percaya diri dalam mengerjakan tes bahasa Inggris BUMN.

Yuk daftar program English for BUMN Test sekarang!

Are You Ready !
Taklukkan Soal Sussah jadi Mudah
dan Raih nilai seleksi maksimal dengan ENGLISH Test For BUMN

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo