Materi “to be” seringkali dipelajari dalam bahasa Inggris. Memang tampak mudah, tetapi kadang-kadang materi ini sangat mengecoh. Misalnya ada suatu kalimat yang seharusnya menggunakan “were” setelah subjek, tetapi menggunakan “was”. Simak penjelasan tentang was dan were melalui artikel berikut!
Perbedaan was dan were
Perbedaan antara was dan were terletak pada subjek yang digunakan. Kata “was” digunakan pada singular subject, seperti I, He, She, It, nama orang, dan singular noun.
Sementara itu, “were” digunakan pada plural subject, seperti They, We, dan plural noun. Meskipun “were” identik dengan jumlah subjek yang banyak (plural), to be tersebut juga bisa digunakan pada singular subject, yaitu You sebagai second person subject.
Adapun “You all” atau “You guys” berperan sebagai second person plural yang turut menggunakan “were” sebagai to be.
Contoh penggunaan was
- She was late for the meeting this morning
- Yesterday, it was raining heavily
- He was the captain of the soccer team in high school
- The movie I watched last night was fantastic
- I was not feeling well, so I stayed home from work
- There was a beautiful sunset at the beach
- It was his birthday, so we threw a surprise party
- The old house on the corner was haunted
- She was the first person to arrive at the event
- When I was a child, I loved going to the zoo
Contoh penggunaan were
- They were playing basketball in the park yesterday
- The students were excited about the upcoming field trip
- We were studying for our final exams all night
- The cats were chasing each other around the yard
- Last week, my friends were on vacation in Hawaii
- The cookies were delicious, and they disappeared quickly
- The mountains were covered in snow during the winter
- The children were singing songs around the campfire
- The keys were on the kitchen counter the whole time
- Were you aware of the changes to the schedule?
If i was atau if i were: mana yang benar?
Semuanya sama-sama benar kok, jadi kamu tidak perlu khawatir jika menggunakan salah satunya, baik “if i was” maupun “if i were”. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya.
1. If i was
If i was disebut juga indicative mood dan digunakan untuk menjelaskan situasi atau kondisi yang telah terjadi di masa lampau. Contoh:
- If I was hungry, I would grab a snack from the kitchen
- If I was feeling adventurous, I once went bungee jumping during a vacation
- If I was stressed at work, I used to take short breaks to relax
- If I was feeling tired, I would take a short nap
- If I was lucky, I would find a parking spot right in front of the store
2. If i were
If i were disebut juga subjunctive mood dan digunakan untuk menjelaskan situasi yang dibayangkan (hypothetical situation), khayalan, imajinasi, dan hal-hal bukan berdasarkan pada kenyataan (tidak pernah terjadi). Contoh:
- If I were a millionaire, I would travel the world
- If I were a superhero, I would save people from disasters
- If I were a fairy tale character, I would be Cinderella
- If I were a judge, I would ensure justice was always served
- If I were a composer, I would create beautiful symphonies that move the soul
Was dan were seringkali digunakan dalam grammar. Nah, jika kamu sedang memulai belajar grammar, kamu bisa membaca artikel Ingin Meningkatkan Kemampuan Grammar Bahasa Inggris ? Coba Tips ini!