Logo Jagobahasa

Gerund: Pengertian, Macam, dan Contohnya

Gerund adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berperan menyampaikan informasi secara lebih akurat dan ekspresif dari sebuah tindakan atau aktivitas. Penggunaannya sangat umum dalam kalimat kompleks buat menyatakan aktivitas maupun tindakan yang sedang berlangsung atau berulang.

Apa Itu Gerund?

Gerund merupakan bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang diubah menjadi bentuk kata benda dengan memberikan akhiran “-ing”. Dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat, objek dari preposisi, atau bagian dari frasa verbal.

Penting buat kamu memiliki pemahaman dasar mengenai gerund karena sangat membantu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kamu akan lebih mengerti bagaimana menguasai struktur kalimat termasuk penggunaannya sesuai konteks yang dibutuhkan.

1. Gerund adalah kata kerja yang memiliki fungsi, salah satunya sebagai subjek kalimat. 

Contoh penggunaannya dapat ditemukan dalam kalimat, seperti “Swimming is my favorite sport”. Kata “swimming” di sini berperan sebagai subjek yang menunjukkan penggunaan ekspresi terhadap suatu kegiatan atau aktivitas.

2. Gerund juga berperan sebagai objek dalam suatu kalimat. 

Contohnya dalam kalimat “She likes singing”. Kata “singing” berfungsi sebagai objek, di mana menunjukkan penggunaan gerund yang bisa menggantikan peran objek dalam kalimat.

3. Gerund juga seringkali ditemui setelah beberapa kata kerja tertentu, seperti “enjoy”, “avoid”, “admit”, dan sebagainya. 

Contohnya dalam kalimat “He admitted closing the door”, gerund digunakan setelah kata kerja buat mengekspresikan tindakan maupun aktivitas terkait.

4. Gerund adalah bentuk kata kerja yang juga menjadi objek preposisi dalam suatu kalimat.

Contoh dalam kalimat “I am interested in learning guitar”, gerund muncul setelah preposisi “in” yang menunjukkan keterhubungannya dengan preposisi.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam menyusun kalimat gramatikal dan bermakna setelah memahami penggunaan gerund. Ini juga membantumu menjadi lebih ekspresif ketika berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Macam-macam Gerund dan Contohnya

Gerund adalah kata kerja yang diakhiri “-ing” dan digunakan sebagai kata benda dalam kalimat dengan konteks yang berbeda-beda. Kamu perlu mengenal macam-macam gerund buat menghindari kekeliruan saat berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

1. Gerund sebagai Subjek

Gerund sebagai subjek membantu menjelaskan topik yang menjadi fokus pembicaraan. Selain itu juga memberikan kesan umum dari suatu pernyataan. Penggunaannya menjelaskan kegunaan umum dari suatu aktivitas tanpa harus menjelaskan secara spesifik.

Seringkali, Gerund sebagai subjek digunakan untuk mengekspresikan suatu ide, konsep bersifat umum, dan pernyataan yang memiliki cakupan lebih luas. Kamu bisa terbantu buat memberikan kejelasan atau penekanan pada aktivitas dalam kalimat yang disampaikan.

Contohnya:

  • Writing is her passion.
  • Dancing brings joy to people of all ages.
  • Cooking can be enjoyable experience.
  • Learning a new language can be challenging.
  • Reading in free time is pleasant.

Setiap contoh di atas menggunakan kata kerja yang diakhiri “-ing” digunakan sebagai subjek utama yang menunjukkan aktivitas tertentu. Penggunaannya memberikan penekanan pada aktivitas tersebut sebagai fokus utama dari kalimat yang memungkinkan kamu menyampaikan informasi secara jelas.

2. Gerund sebagai Objek

Gerund sebagai objek dalam kalimat berperan khusus buat membantu merinci atau menjelaskan suatu tindakan yang berkaitan dengan kata kerja. Kamu terbantu buat merincikan aktivitas yang sedang dilakukan dengan memberikan kejelasan dari suatu tindakan.

Gerund membuat kalimat menjadi lebih rinci dengan memberikan informasi tambahan tentang kegiatan yang sedang dilakukan. Selain itu juga membantu menekankan bagaimana aktivitas berlangsung pada situasi dan kondisi tertentu.

Contohnya:

  • She enjoys reading in her free time.
  • I appreciate your helping me with this decoration.
  • His favorite hobby is playing guitar in his room.
  • They are interested in learning new subject.
  • We started planning the event months in advances.

Penggunaannya pada contoh memberikan kejelasan dan rincian tambahan tentang aktivitas, tindakan, atau kejadian terkait dengan kata kerja, preposisi, atau kata benda tertentu dengan struktur kalimat beserta informasi lebih detail.

3. Gerund sebagai Preposisi

Gerund sebagai preposisi mengacu pada penggunaan kata hubung dalam kalimat. Ini berperan membantu kamu menyatakan hubungan antar kata benda dengan aktivitas atau tindakan tertentu.

Terlebih lagi, Gerund sebagai preposisi bisa menggambarkan konteks lebih lanjut tentang cara atau metode yang digunakan buat mencapai suatu tujuan. Secara keseluruhan penggunaannya tidak hanya menyediakan informasi tambahan, tapi juga menentukan hubungan di antara unsur kalimat, membuat kalimat menjadi lebih kontekstual.

Contohnya:

  • She is talented at singing.
  • They are passionate about dancing.
  • I am interested in learning a new language.
  • They are experienced at handling event.
  • He is focused on completing homework.

Contoh di atas merupakan gerund yang diikuti oleh preposisi membentuk konstruksi yang menyatakan keahlian, minat, atau fokus terhadap suatu aktivitas atau tujuan tertentu. Penggunaannya memberikan konteks tambahan dan detail tentang hubungan antara kata benda dengan aktivitas yang dijelaskan.

4. Gerund Setelah Kata Kerja Tertentu

Dalam konteks gerund sebagai kata kerja tertentu merujuk pada gerund sebagai objek langsung dari kata kerja dalam kalimat. Bedanya, pada kalimat ini kamu terbantu buat lebih ekspresif menyampaikan informasi secara lebih spesifik tentang aktivitas.

Contohnya:

  • She enjoys cooking for her mother.
  • He finished renovating the house yesterday.
  • She suggested watching a concert for the evening.
  • He started running every morning for better health.
  • I admit making a mistake in my job.

Penggunaan pada contoh di atas gerund sebagai objek langsung dari kata kerja tertentu dengan memberikan rincian atau informasi lebih lanjut tentang aktivitas atau tindakan yang berkaitan dengan kata kerja.

5. Gerund Setelah Kata Sifat Tertentu

Gerund setelah kata sifat tertentu digunakan menyatakan karakteristik atau sifat yang berkaitan dengan aktivitas. Kamu bisa menggunakannya buat menyampaikan informasi tambahan tentang sifat dengan menghubungkannya secara langsung dengan sebuah aktivitas atau tindakan.

Penggunaannya memberikan nuansa dan detail tambahan dalam kalimat dengan mengaitkan sifat dengan aktivitas. Kalimat menjadi lebih deskriptif dan memungkinkan pembaca atau pendengar memahami lebih baik dalam konteks emosional atau keterampilan yang terlibat.

Contohnya:

  • He is good at solving problems.
  • She is interested in learning traditional dance.
  • He is skilled at repairing devices.
  • I am terrible at remembering people’s name.
  • She is passionate about helping animals in need.

Kalimat di atas merupakan contoh penggunaan gerund setelah kata sifat tertentu buat memberikan rincian atau konteks lebih lanjut mengenai karakteristik atau sifat subjek yang berkaitan dengan suatu aktivitas atau tindakan tertentu.

6. Gerund Setelah Kata Benda Tertentu

Gerund setelah kata benda tertentu menunjukkan hubungan erat antara suatu objek dan aktivitas. Gerund mengikuti kata benda dengan menghubungkan objek secara langsung dengan suatu aktivitas.

Beberapa kata benda juga menggunakan gerund sebagai pelengkap buat mengekspresikan suatu aktivitas yang terkait dengan objek tersebut. Secara keseluruhan penggunaannya membantu memberikan informasi lebih lanjut mengenai keterlibatan objek.

Contohnya:

  • The company’s commitment involves constantly improving its product.
  • My passion for photography resulted in my capturing stunning landscapes.
  • Her encouragement led to his pursuing a career in art.
  • His interest in science fiction sparked his writing a novel in that genre.
  • My friend’s talent for singing results in her performing at local events.

Gerund digunakan setelah kata benda tertentu buat memberikan informasi tambahan tentang aktivitas yang berkaitan langsung dengan objek tersebut. Penggunaannya membantu menghubungkan kata benda dengan kegiatan spesifik yang dilakukan oleh objek.

7. Gerund dalam Frasa Klausa

Gerund dalam frasa klausa memberikan keragaman kalimat dengan menyajikan dua tindakan atau kejadian yang terjadi secara bersamaan atau berurutan. Penggunaannya sering digambarkan dalam dua kejadian atau aktivitas yang terjadi bersamaan.

Gerund juga menyiratkan urutan waktu antara dua kejadian dengan membantu mengatur dan merinci serangkaian aktivitas. Selain itu juga membantu memberikan aspek deskriptif pada kalimat.

Contohnya:

  • He left the party, slamming the door behind him.
  • She spent the afternoon, reading a novel in the park.
  • After finishing his work, John went for a jog to clear his mind.
  • She sat on the porch, watching the sunset and sipping her tea.
  • The kids played in the yard, laughing each other.

Secara keseluruhan penggunaan gerund dalam frasa klausa membantu memperkaya struktur kalimat dengan menyajikan aktivitas secara bersamaan atau berurutan, menambahkan kejelasan, dan memberikan deskriptif lebih pada kalimat.

8. Gerund dalam Ungkapan Tetap

Gerund dalam ungkapan tetap menciptakan frasa atau frasa kata yang memiliki artian khusus dan seringkali tidak bisa dipisahkan ataupun diubah tanpa mengubah artinya. Seringkali penggunaannya membantu merincikan dan memfokuskan kalimat dengan struktur yang muda diingat.

Tidak hanya itu, jenis gerund ini juga berperan menyampaikan suatu artian atau makna dan nuansa tertentu dan menciptakan ekspresi yang khas dari orang yang menyampaikan. Penggunaannya juga lebih dekat dengan gaya bahasa dan komunikasi sehari-hari.

Contohnya:

  • It’s worth trying.
  • He is good at playing chess.
  • She is fond of reading mystery novels.
  • I’m considering going to the concert.
  • She is used to waking up early.

Contoh kalimat di atas merupakan penggunaan gerund dalam ungkapan tetap buat menyampaikan ide atau situasi tertentu dengan gaya bahasa yang khas. Gerund juga membentuk ungkapan dengan memberikan maksud lebih mendalam dari kalimat.

Gerund menjadi bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari buat membuka kesempatan berkomunikasi lebih baik menyesuaikan dengan setiap konteks. Kamu bisa memperdalam pemahaman terkait gerund dan penggunaannya dalam aktivitas setiap hari secara tepat dengan belajar bersama Jagobahasa.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan