Logo Jagobahasa

Penjelasan tentang News Item Text dalam Bahasa Inggris

News item text berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dengan menyajikan informasi terkini tentang peristiwa global maupun lokal. Sebagai pembaca kamu sangat terbantu memahami situasi sosial terkini, tapi apakah kamu sudah memahami seperti apa news item text itu sendiri? Simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan berikut!

Apa Itu News Item Text?

News item text adalah suatu jenis teks yang menyajikan informasi terkini atau berita mengenai peristiwa aktual yang sedang terjadi. Jenis teks ini dibuat untuk menginformasikan peristiwa secara jelas dan singkat. Mulai dari bagian paling penting sampai diikuti detail pembahasan pendukungnya.

Tujuan dari news item text adalah menyampaikan fakta secara objektif dan memberikan pemahaman yang cepat dan efisien kepada pembaca. Kamu bisa menemukan jenis teks ini di surat kabar, situs berita online atau media cetak.

Jenis teks ini menyajikan banyak informasi dengan berbagai sudut pandang dengan topik-topik tertentu sesuai ketertarikanmu. Penggunaannya sangat bermanfaat dalam banyak aspek, seperti:

1. Informasi terkini

News item text membantu memberikan informasi terkini yang membantu pembaca semakin up to date dengan perkembangan terbaru. Pembaca bisa lebih mudah mendapatkan wawasan tanpa kesulitan memahami informasi, mulai dari politik, ekonomi, olahraga, dan lainnya.

2. Pemahaman konteks

Pembaca dibantu lebih mudah memahami konteks dari suatu peristiwa, karena news item text seringkali menyajikan tulisan dengan menyertakan latar belakang, kronologi, dan penjelasan terjadinya suatu peristiwa.

3. Membangun kesadaran global

Menikmati isi bacaan dari berbagai sumber, pembaca dapat membangun kesadaran global. Melalui isi yang beragam akan lebih banyak referensi informasi seputar perbedaan budaya, masalah global, dan tantangan yang dihadapi oleh berbagai komunitas di seluruh dunia.

4. Memantau pasar dan ekonomi

News item text ikut andil dalam membantu seorang pebisnis memantau perkembangan terkini soal kondisi pasar, tren ekonomi, dan perbubahan legislatif yang bisa mempengaruhi keputusan bisnis. 

5. Pengambilan keputusan yang informatif

Pembaca juga dibantu membuat keputusan yang informatif melalui news item text. Melalui pemahaman yang dimiliki soal peristiwa terkini, kamu bisa mengambil keputusan secara bijak, baik dalam urusan sehari-hari, keputusan bisnis, dan politik.

6. Mengembangkan keterampilan membaca

Jelas dipastikan news item text membantu meningkatkan keterampilan pembacanya dalam memahami teks dengan tepat. Teks jenis ini juga lebih mudah dipahami dengan pengemasan bahasa yang jelas dan ringkas, sehingga keterampilan pembaca lebih terasah.

7. Memahami isu sosial dan politik

News item text seringkali membahas isu sosial dan politik terkini. Kamu bisa terbantu memahami berbagai sudut pandang dan memperluas wawasan seputar isu dan topik yang sedang hangat dibicarakan.

Dapat disimpulkan penggunaan news item text merupakan sebuah sarana penting dalam meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan pemahaman tentang dunia sekitar. Terbiasa menikmati sajian bacaan seputar peristiwa terkini memberikan dalam kepentingan sehari-hari.

Ciri-ciri News Item

News item text biasa dijumpai sebagai jenis teks berita umum pada surat kabar, situs berita, maupun media sosial. Buat mempermudah kamu membedakan news item dengan jenis teks lain bisa diketahui melalui ciri-cirinya, sebagai berikut:

1. Berisikan fakta dan informasi penting

Menyajikan informasi secara singkat dan jelas dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai peristiwa yang terjadi, news item text juga berisikan fakta dan informasi penting yang bisa dibuktikan kebenarannya.

2. Memiliki struktur inverted pyramid

Informasi dalam teks disusun dengan struktur piramida terbalik, di mana informasi diurutkan dari atas mulai dari bagian paling penting sampai penting. Hal ini membantu memudahkan pembacanya menangkap maksud berita secara tepat. Setiap informasinya dipisahkan menjadi paragraf berbeda.

3. Mengandung jawaban dari pertanyaan 5W+1H

Informasi secara lengkap dicantumkan tanpa mengurangi persepsi dengan isi teks yang mengandung jawaban 5W+1H. Ketika teks berita dipetakan, kamu bisa mengetahui isinya mengandung jawaban dari what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (kapan) dari peristiwa yang diungkapkan.

4. Penggunaan gaya bahasa formal dan netral

Menyampaikan suatu peristiwa secara umum, news item menggunakan bahasa yang formal dan netral tanpa mengekspresikan opini pribadi penulis. Ini digunakan buat menghindari penggunaan bahasa yang berlebihan atau emosional. Karena, jenis teks ini menyajikan fakta, bukan opini pribadi penulis.

5. Penggunaan tenses

Ditulis menggunakan kaidah bahasa Inggris sesuai peristiwa yang sudah terjadi, kamu akan menemukan isi teks ini dengan pemilihan bahasa menggunakan past tense (masa lampau).

6. Pelibatan sumber terpercaya

News item text berisikan fakta akurat yang didukung kutipan langsung dari sumber terpercaya atau hasil dari wawancara dengan narasumber yang terlibat dalam suatu peristiwa. Isi berita tidak mengandung keberpihakan pada pihak tertentu dan analisis mendalam atau pendapat penulis.

7. Penggunaan headline menarik

Membantu pembaca menangkap secara cepat isi yang dimaksudkan dalam bacaan, penggunaan headline atau judul merupakan hal yang sangat diperhatikan. Headline perlu dipilih penggunaan katanya yang menarik perhatian pembaca sekaligus memberikan gambaran isi berita.

Mengenali ciri-ciri khusus dari news item text membantu kamu lebih mudah membedakannya dengan jenis berita lain sekaligus mengetahui cara menyajikan informasi dalam pembuatannya.

Struktur News Item Text

Struktur news item text disusun dengan menjelaskan berita secara sederhana agar lebih mudah dipahami isinya oleh pembaca. Dalam penulisannya diatur secara rinci menggunakan struktur sebagai berikut:

1. Heading

Heading atau judul merupakan bagian teratas dari berita yang ditulis secara singkat dan menarik. Judul harus dikemas semenarik mungkin dan tetap mencerminkan isi berita buat mempengaruhi minat pembaca.

2. Lead Paragraph

Lead paragraph merupakan paragraf pertama yang berisikan pokok informasi berita. Pada paragraf pertama akan dijelaskan secara ringkas isi bahasan berita yang meliputi 5W+1H (who, what, when, where, why, dan how).

3. Body

Bagian body atau badan berita berisikan paragraf-paragraf yang mengembangkan informasi lebih lanjut. Body menyajikan fakta penting yang secara berurutan berdasarkan tingkat kepentingannya.

4. Quotes

Quotes berisikan kutipan langsung dari sumber terkait atau orang-orang yang terlibat. Isi berita dipastikan akurat karena memberikan sudut pandang langsung atau pendapat dari pihak yang terkait dengan peristiwa.

5. Background Information

Background information merupakan informasi latar belakang yang memberikan konteks dan informasi tambahan buat mendukung pemahaman pembaca. Informasi ini bisa mencakup sejarah, statistik, dan fakta lain yang relevan.

6. Closing

Bagian closing atau penutup merupakan paragraf terakhir yang merangkum kembali informasi penting. Bagian ini juga memberikan penjelasan singkat mengenai dampak dari sebuah peristiwa.

7. Byline

Byline biasanya ditulis dengan kata “oleh” yang merujuk pada nama penulis atau sumber berita. Byline seringkali ditempatkan di bawah judul berita atau pada bagian akhir.

Struktur ini selain membantu kamu buat menulis news item text secara berurutan, juga memudahkan pembaca memahami isi berita secara lebih sederhana. Beberapa berita memungkinkan ditulis secara bervariasi mengikuti kebijakan redaksi.

Perbedaan News Item dengan Report Text

Penyajian berita dalam teks tidak hanya tersedia dalam news item, tapi juga ada report text. Namun, keduanya memiliki struktur dan tujuan berkomunikasi yang berbeda. Kamu bisa melihat perbedaan rincinya sebagai berikut:

1. Tujuan komunikasi

News item text bertujuan memberikan informasi singkat dan faktual dari peristiwa yang baru saja terjadi. Sedangkan report text bertujuan memberikan informasi mendalam tentang topik atau masalah tertentu.

2. Struktur umum

News item text memiliki tiga struktur umum, yaitu lead, body, dan closing dengan informasi detail dari background information dan quote dari narasumber terkait. Sedangkan struktur pada report text meliputi pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan.

3. Gaya kepenulisan

News item text ditulis secara objektif menggunakan gaya kepenulisan yang jelas dan singkat. Sedangkan pada penulisan report text cenderung lebih formal, objektif, dan mendalam.

4. Waktu peristiwa

News item text berfokus pada peristiwa yang baru atau sedang terjadi. Berbeda dengan report text yang lebih tidak terbatas pada peristiwa terkini, karena bisa membahas topik apapun yang relevan.

Meskipun news item text dan report text memiliki kesamaan dalam menyampaikan informasi, tapi memiliki tujuan, struktur, dan gaya bahasa yang berbeda. Kamu bisa mengenali jenis teks berita dan konteks pembahasannya melalui perbedaan tersebut. 

Contoh News Item Text dalam Bahasa Inggris

News item text perlu ditulis secara rinci menggunakan struktur yang tepat agar memudahkan pembaca menangkap maksud berita. Berikut contoh penulisan news item text beserta susunan strukturnya:

 

(headline)

Landslide Devastates Mountain Village, Rescue Operations Underway

 

(lead paragraph)

Mountain Village, December 15, 2023 – A catastrophic landslide struck the remote mountain village of Green Highland yesterday, leaving a trail of destruction in its wake. Rescue operations are currently underway as authorities rush to find survivors buried beneath the debris.

 

(body)

The landslide, triggered by incessant rainfall over the past week, occurred at approximately 2:00 PM local time. The village, nestled in a valley surrounded by steep slopes, was ill-prepared for the sheer force of the landslide. Initial reports indicate that several homes were swept away, and a section of the main access road has been completely blocked.

Rescue teams, comprising local emergency services and military personnel, are working tirelessly to reach the affected areas. The challenging terrain and continued threat of secondary landslides have hampered their progress. “Our priority is to reach survivors and provide medical assistance,” stated Saniya, the head of the emergency response team.

 

(Quotes)

Local resident, Jema Adam, who narrowly escaped the landslide, recounted the terrifying experience, “It felt like the whole mountain was coming down. We grabbed what we could and ran for our lives.”

Saniya emphasized the need for support, stating, “We’re facing significant challenges, and assistance from neighboring regions is crucial. We appreciate the outpouring of solidarity we’ve received thus far.”

 

(Background Information)

Green Highland, with a population of around 500, is known for its picturesque setting but has long been susceptible to landslides due to its topography. The village had experienced minor slides in the past, but the recent heavy rainfall exacerbated the risk.

The regional government had issued warnings about the precarious conditions, urging residents to relocate temporarily. However, the isolated nature of the village and limited resources made mass evacuation difficult.

 

(Closing)

As the rescue efforts continue, the exact number of casualties remains unknown. The situation is evolving, and updates will be provided as new information emerges. Authorities are urging residents in neighboring areas to remain vigilant and be prepared for potential evacuation orders.

 

(Byline)

Reported by Ema Turner

 

Contoh di atas bisa membantu kamu menyusun lebih mudah memahami bagaimana struktur penulisannya secara tepat. Perlu kamu perhatikan penulisannya juga biasa menggunakan past tense karena menceritakan peristiwa yang sudah terjadi. Buat mempelajari penggunaan past tense pada news item text kamu bisa belajar langsung bersama Jagobahasa.

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan