Logo Jagobahasa

Home » blog

Apa Saja yang Diperlukan Guru saat Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini?

Hal-hal yang Diperlukan Guru Saat Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Kekhawatiran terhadap tumbuh kembang anak termasuk kemampuan berbahasa selain bahasa ibu kadang menjadi hal yang begitu meresahkan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua sekaligus guru yang hendak mengajarkan bahasa Inggris kepada mereka.

Di masa sekarang bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk dipelajari jika ingin maju dalam berbagai hal. Di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura, hampir semua siswa tampak fasih dalam hal mempelajari bahasa Inggris.

Sebaliknya, Indonesia yang sistem pendidikannya dianggap kurang mumpuni dalam hal mengajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Namun, terus-menerus menyalahkan sistem pendidikan tidak akan banyak membantu kemajuan belajar anak.

Peran orang tua dalam mendukung keberhasilan anak terutama dalam berbahasa sangatlah penting karena orang tua adalah lingkungan utama dalam pertumbuhan anak.

Bahasa Inggris bisa mulai dipelajari anak ketika memasuki usia 3 atau 4 tahun. Menggunakan metode yang cocok bagi anak karena usia tersebut adalah masa emas bagi anak. Usia tersebut termasuk dalam fase keemasan bagi perkembangan belajar anak, meski banyak orang beranggapan bahwa anak di usia tersebut anak harus bahagia dan bermain.

Namun, pemilihan atau penggunaan metode ajar yang tepat tentu akan sangat membantu dalam mengasah kemampuan anak dalam berbahasa Inggris. Guru sekolah dan kursus juga sangat dianjurkan untuk memiliki kemampuan profesional yang terlatih dan kredibel dibidangnya ketika mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak.

Kenapa bahasa Inggris perlu diperkenalkan kepada anak sejak usia dini?

Bahasa Inggris perlu diperkenalkan kepada anak sejak usia dini agar di kemudian hari anak sudah terbiasa mendengar maupun melakukan percakapan bahasa Inggris.  Mulai dari level yang paling dasar (basic).

Salah satu alasan bahasa Inggris perlu diperkenalkan kepada anak sejak usia dini karena pembelajaran tersebut memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tumbuh kembang anak. Proses belajar bahasa Inggris secara bertahap dan berkesinambungan pasti akan membawa manfaat bagi anak-anak sebagai berikut:

1. Anak  lebih cepat dalam belajar suatu hal

Anak-anak yang tumbuh di lingkungan multibahasa cenderung belajar bahasa asing lebih cepat daripada anak-anak lain yang hanya belajar satu bahasa di sekolah. Selain itu, anak-anak yang tumbuh di lingkungan multibahasa memperoleh keterampilan komunikasi dengan lingkungannya lebih cepat dibandingkan anak yang hanya belajar satu bahasa.

2. Anak cenderung lebih terbuka terhadap dunia

Ketika anak mulai berbicara bahasa Inggris, maka hal itu juga akan memicu rasa ingin tahu anak terhadap dunia di sekitarnya. Menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi di sekolah juga dapat membantu anak dari segi akademis dan profesional kelak di masa depan.

Kemampuan guru untuk mengajari anak bahasa Inggris

Anak-anak memiliki ingatan yang kuat.  Sebab itu, metode atau cara yang digunakan harus membuat anak senang sehingga dia mudah menyerap materi yang disampaikan. Sebagai guru bahasa Inggris, tentu kamu ingin semua siswa bisa belajar dengan riang dan menyenangkan.  Maka kamu perlu beberapa keahlian khusus agar anak menyukai proses belajarnya.

Ada berbagai cara dan metode untuk mengajari anak bahasa Inggris dengan menyenangkan dan sesuai usia anak. Penasaran apa aja keahlian yang dibutuhkan? Yuk disimak!

Berikut ini adalah keahlian yang diperlukan guru saat mengajar bahasa inggris:

1. Bernyanyi

Kemampuan bernyanyi menjadi salah satu keahlian yang diperlukan guru saat mengajar anak bahasa Inggris karena dianggap akan lebih menyenangkan jika belajar menggunakan metode bernyanyi . Kamu tentu masih hafal dengan lagu “Twinkle Twinkle Little Star”, bukan?

Lagu bahasa Inggris itu diajarkan saat masih kecil dan kamu masih mengingatnya hingga dewasa.  Artinya metode belajar bahasa Inggris dengan lagu masih sangat efektif untuk anak-anak. Anak kecil lebih mudah mengingat irama lagu karena lebih menyenangkan.

Terdapat ratusan lagu berbahasa Inggris yang dapat diajarkan kepada anak-anak untuk menunjang proses belajar bahasa Inggris. Melalui lagu, anak tanpa sadar akan menguasai beragam keterampilan seperti pelafalan bahasa Inggris, kosa kata, intonasi, dan dasar-dasar tata bahasa sambil menikmati lagunya.

Beberapa lagu yang direkomendasikan untuk diajarkan pada anak dalam proses belajar bahasa Inggris diantaranya seperti Twinkle Twinkle Little Star, You Are My Sunshine, ABC Song, dan Humpty Dumpty, lagu angka dan lagu finger family.

2. Mengolah permainan menjadi pembelajaran menarik

Keahlian yang diperlukan guru saat mengajar anak bahasa Inggris yang paling disukai oleh anak adalah mampu mengolah permainan menjadi pembelajaran yang menarik. Mengenali terlebih dahulu karakter anak untuk menentukan metode yang cocok digunakan dalam proses belajar seolah menjadi cara yang terus berkembang.

Sikap dan suasana hati anak yang cenderung berubah dengan cepat menuntut guru untuk menciptakan kelas yang menyenangkan salah satunya dengan masuk ke dunia anak melalui permainan yang diolah menjadi pembelajaran yang menarik bagi anak. Berbagai media bisa digunakan untuk melakukan proses mengajar pada anak, contohnya seperti menggunakan buku yang berisi gambar-gambar hewan maupun buah untuk pengenalan materi animals dan fruit dalam dasar bahasa Inggris untuk anak.

Di rumah pun, orang tua dapat memberikan game di handphone seperti Duolingo atau Bumblebee Touchbook. Kedua games tersebut bisa menunjang belajar anak menjadi lebih menyenangkan.

3. Bercerita

Keahlian yang diperlukan guru saat mengajar bahasa Inggris adalah kemampuan bercerita. Tidak dipungkiri lagi, mayoritas anak suka mendengarkan cerita atau dongeng yang dibawakan oleh guru maupun orang tuanya. Hal ini berguna untuk anak agar terbiasa dengan bahasa Inggris secara lisan. Sekaligus secara tidak langsung anak juga belajar kosa kata dan ekspresi dalam bahasa Inggris.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan cara bercerita dalam mengajarkan anak bahasa Inggris diantaranya dengan memilih cerita pendek. Sebab, anak mempunyai rentang perhatian yang cenderung rendah, sehingga fokus pada cerita pendek yang berdurasi kurang dari 10 menit adalah solusi terbaik agar anak menyerap pelajaran dengan maksimal.

Pemilihan tema cerita juga menjadi hal penting saat mengajarkan anak bahasa Inggris melalui cerita. Pastikan memilih tema yang sesuai dengan lingkungan dan minat anak yang mengandung kosa kata berguna bagi anak. Anak akan fokus dan senang ketika guru membacakan cerita dengan sikap yang ekspresif. Dengan cara itu anak akan menganggap cerita yang disampaikan guru seperti benar-benar terjadi.

Contohnya guru dapat menirukan suara hewan seperti mencicit saat memperagakan tikus. Berbagai keahlian yang dimiliki oleh guru dalam mengajarkan bahasa Inggris, tetap memerlukan satu kunci yakni kesabaran. Jangan sampai membuat anak tidak nyaman karena ketidaksabaran kita.  Hingga akhirnya, anak tidak mau lagi belajar bahasa Inggris, bahkan membencinya.

Setiap pembelajaran adalah proses yang tidak sebentar dan butuh waktu. Karena sebagai guru atau orang tua, kita tidak bisa menilai kemampuan anak dalam jangka pendek sehingga anak perlu dibimbing secara teratur dan konsisten. Sebab setiap anak memiliki kecepatan dan cara belajar masing-masing, khususnya dalam mempelajari bahasa asing.

Ingin anak memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris sejak dini?

Yuk kepoin English Whizz Kids by Jago Bahasa!

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo