Logo Jagobahasa

WoW Kata Dalam Bahasa Inggris Ini Berumur 15000 Tahun!

Kata dalam Bahasa Inggris ini Berumur 15000 Tahun

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh Dunia. Itulah mengapa banyak orang yang berbondong-bondong untuk mempelajarinya dengan serius. Dengan menguasai bahasa Inggris secara otomatis akan membuka peluang untuk memiliki karir yang cemerlang di luar negeri maupun dalam negeri.

Dunia kerja yang semakin bersaing ketat dengan kerja sama yang dilakukan dengan pihak asing membuat setiap pekerja harus bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. Namun tahukah Anda bahwa ada Kata Bahasa Inggris Berumur 15000 Tahun?

Mau tau apa saja Kata dalam Bahasa Inggris yang berumur 15000 tahun itu? Simak Ulasan Artikel ini sampai selesai yaa!

Inilah Daftar Kosakata Bahasa Inggris yang Berumur 15000 Tahun!

Jika Anda bertanya tentang siapa yang menemukan bahasa Inggris? Kapan bahasa tersebut ditemukan? Kali ini Kita akan mengulas informasi lengkapnya hanya untuk Anda.

Menurut Ensiklopedi Britannica, suku pertama yang diyakini sudah menggunakan bahasa Inggris adalah suku Jute, suku Angles dan suku Saxon. Awal mula ditemukannya bahasa Inggris adalah ketika tiga suku tersebut sedang melakukan pencarian wilayah yang baru untuk ditaklukkan dengan menggunakan bahasa Inggris kuno yang berdialek Celtic. Sehingga diyakini bahwa ada beberapa Kata Bahasa Inggris Berumur 15000 Tahun yang lalu.

Untuk sejarah bahasa Inggris sendiri diketahui memiliki 3 periodisasi sebagai berikut :

  1. Periode Bahasa Inggris Kuno

Merupakan jenis bahasa yang diperkenalkan oleh Anglo Saxon, sebuah kerajaan yang ada di Inggris. Adalah sebuah periode yang dimulai saat bahasa Inggris primitif muncul di abad ke 5 hingga ke 7. Ada banyak sekali karya yang dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris kuno ini.

Periode ini diakhiri dengan kemunculan bahasa Inggris kuno pada abad ke-10 sampai ke-11.

  1. Periode Bahasa Inggris pertengahan

Pada periode ini, penggunaan bahasa Inggris mulai mengalami keteraturan dan pengembangan, meski masih ada bahasa Latin dan bahasa Perancis yang digunakan masyarakat kala itu. Namun bapak Sastra Inggris yaitu, Geoffrey Chaucher sudah menggunakan bahasa Inggris yang lebih modern dalam membuat karya yang dimilikinya sehingga banyak dipakai oleh masyarakat untuk alat berkomunikasi. Hal itulah yang kemudian menjadikan bahasa Inggris pada periode ini menjadi dasar pembentukan bahasa Inggris yang digunakan saat ini.

  1. Periode Bahasa Inggris Modern

Dan periode yang ketiga adalah yang dimulai dari abad ke 15 hingga abad ke 20. Ada banyak sekali pengembangan kata dan frasa yang dibutuhkan untuk alat komunikasi dalam masyarakat luas. Sehingga sampai saat ini kosakata bahasa Inggris terus bertambah dengan hasil pemikiran para cendekiawan untuk membuat kosakata baru yang memakai bahasa Latin dan Yunani sebagai akar kata.

Banyak yang bertanya, mengapa bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional? Jawabannya adalah karena bahasa Inggris merupakan salah satu jenis bahasa yang paling tua usianya di dunia. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa ada penambahan kosakata pada bahasa Inggris mencapai jumlah 8500 kata per tahunnya. Dan hingga kini, tercatat ada sekitar 1.022.000 kata yang ada di dalam bahasa Inggris.

Untuk jenis Kata Bahasa Inggris Berumur 15000 Tahun adalah termasuk jenis bahasa Inggris Purba yang dipelopori oleh suku bangsa Jermanik meliputi suku Saxon, Frisia, Jute, Frank dan Anglia. Saat itu kegiatan yang dilakukan oleh suku tersebut adalah berdagang dan berperang dengan suku lainnya. Ada banyak sekali bahasa Latin yang masuk sebagai bahasa yang digunakan oleh bangsa Jermanik ini sebelum mereka masuk ke wilayah Britania, berikut daftar kata tersebut.

  • Cook : memasak
  • Dragon : naga
  • Kitchen : dapur
  • Cheese : keju
  • Pound : pon
  • Oil : minyak
  • Noon : siang
  • Table : meja

Kemudian pada masa bahasa Inggris kuno para pendatang yang bermukim berpendapat bahwa ada banyak bahasa jermanik yang berasal dari cabang yang berbeda meski akar kata terlihat mirip satu sama lain. Namun dari segi tata bahasa terlihat sedikit berbeda termasuk di dalamnya untuk awalan, akhiran dan penerapan hukum infleksi.

Dan pada masa bahasa Inggris pertengahan kemudian dikenal bahasa Anglo Norman yaitu bahasa Perancis yang menggunakan dialek Norman. Sementara itu untuk bahasa Inggris tetap digunakan sebagai bahasa rakyat. Namun kemudian bahasa Anglo Norman tersebut dipinjam penggunaannya dalam bahasa Inggris Kuno yang kemudian menghasilkan lebih banyak padanan Kata Bahasa Inggris Berumur 15000 Tahun seperti misalnya :

  • Beef : sapi
  • Sheep : kambing

Dan pada masa bahasa Inggris Modern Awal yang dalam sejarah seringkali disebut sebagai masa Pergeseran Bunyi Besar, dimana pada saat itu banyak sekali diambil kata-kata dari bahasa asing seperti bahasa Latin dan Yunani dari sejak zaman Renaissans berlangsung. Hal itulah yang kemudian menyebabkan ada banyak Kata Bahasa Inggris Berumur 15000 Tahun dan ejaan yang berbeda sehingga beberapa pendapat mengatakan bahasa Inggris tidak memiliki konsistensi yang akhirnya membuat pelafalan yang dilakukan pun sering kali keliru.

Fakta tentang Kosakata Bahasa Inggris

Ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang unik untuk Anda ketahui faktanya.

1. Kosakata terpanjang dalam bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki kosakata terpanjang yaitu Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoniosis yang memiliki arti yaitu satu tipe penyakit paru-paru yang disebutkan oleh abu dan debu.

2. Kata tertua dan paling pendek

Dalam bahasa Inggris, kata I memiliki arti saya. Ternyata kata tersebut merupakan kata paling tua (the oldest word)  yang berusia sekitar 10.000 tahun dan paling pendek dalam bahasa Inggris. Adapun kata “mother”, “bark”, dan “spit” yang berusia hampir 15.000 tahun.

3. Kosakata baru setiap dua jam

Ternyata perkembangan bahasa Inggris memiliki intensitas yang sangat tinggi, diketahui bahwa setiap dua jam sekali setidaknya ada dua kata yang masuk ke dalam Kamus Bahasa Inggris.

4. Kalimat paling pendek

Dalam bahasa Inggris terdapat jenis kalimat yang paling pendek yaitu I Am.

5. Pengaruh bahasa perancis

Ada banyak sekali jenis kata dalam bahasa Inggris yang merupakan serapan dari bahasa lain, di antaranya adalah bahasa Perancis.

6. Ghostword

Merupakan sebuah kata yang ada di dalam bahasa Inggris yang tak mempunyai arti atau padanan kata sama sekali. Sekitar pertengahan abad ke 20, kata dord yang sudah tercetak di dalam kamus terjadi karena kesalahan mesin cetak, tetapi kata ini pernah ada di kamus selama kurang lebih 8 tahun lamanya.

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris untuk Pemula

Itulah beberapa informasi penting tentang kosakata dalam bahasa Inggris. Jika Anda ingin menambah kosakata bahasa Inggris sekaligus menguasainya, berikut ini caranya:

  • Mempelajari kosakata dalam bahasa Inggris

Langkah yang pertama adalah dengan mulai mempelajari kosakata yang ada di dalam bahasa Inggris. Mulailah dengan mempelajari kosakata yang umum digunakan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.

  • Latih pengucapan atau pelafalan

Langkah yang kedua adalah dengan melatih pengucapan atau pelafalan kosakata bahasa Inggris sehingga bisa lebih fasih dan lancar dalam berbicara.

  • Latih pendengaran

Dengan melatih keahlian untuk mendengar pengucapan dengan kosakata bahasa Inggris, maka Anda akan terbiasa untuk menggunakan kosakata dan istilah yang ada di dalam bahasa Inggris dengan sendirinya.

  • Latih kemampuan membaca

Anda bisa mulai melatih kemampuan untuk membaca dari mulai materi bahasa Inggris berupa cerita anak yang sederhana. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan levelnya sehingga Anda semakin mahir dalam keahlian membaca teks bahasa Inggris.

  • Melatih keahlian menulis

Merupakan jenis keahlian yang sangat penting untuk dikuasai, karena Anda bisa menulis riwayat hidup seseorang hingga menulis kontrak kerja dengan menggunakan bahasa Inggris.

Itulah informasi mengenai Kata Bahasa Inggris Berumur 15000 Tahun. Menarik bukan? 

Tak hanya mengerti artinya, Anda harus mengerti juga cara pengucapan vocabulary yang benar. Sebab ada banyak vocabulary yang memiliki tulisan dan arti yang berbeda, tetapi cara membaca yang hampir sama. Nah, Jago Bahasa memiliki program Jago Speaking yang bermanfaat untuk Anda yang ingin menguasai vocabulary.

Yuk daftar sekarang juga di Program Speaking Jago Bahasa!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan