Logo Jagobahasa

Home » blog

8 Jenis Tanda Baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)

Jenis-Jenis Tanda Baca Atau Punctuation

Dalam bahasa Inggris, punctuation adalah tanda baca. Tanda ini keberadaannya sangat penting karena digunakan untuk mengeja dan memudahkan bacaan. Bayangkan, kamu membaca suatu bacaan yang tidak memiliki tanda baca?

Nah, melalui tanda ini nantinya suatu tulisan atau bacaan dapat terlihat dengan jelas mengenai bagaimana struktur dan organisasinya. Jika dalam membaca bersuara, maka tanda akan memudahkan orang untuk menentukan jeda dalam membaca suatu tulisan. Dengan demikian, dapat menghindari kesalahpahaman terhadap suatu bacaan.

Punctuation juga akan membuat pembaca mengerti dan memahami mengenai bagaimana kondisi, situasi, suasana, keadaan, hingga konteks suatu bacaan. Hal ini bertujuan agar bacaan tidak salah ditafsirkan sehingga tidak akan merubah kalimat. Tanda baca juga dapat membantu proses komunikasi menjadi lebih efektif.

Dalam bahasa Inggris tanda sangat diperlukan untuk membentuk susunan kalimat atau kata yang indah dan nyaman dibaca. Memahami tanda bukan hal yang instan. Namun kamu harus berlatih secara konsisten agar dapat menempatkan tanda sebagaimana mestinya.

Jenis – Jenis Punctuation dalam Bahasa Inggris

Tanda baca atau punctuation dalam bahasa Inggris memiliki jumlah yang cukup banyak. Hal ini serupa dengan tanda baca yang ada dalam bahasa Indonesia. Setiap jenis tanda akan memiliki fungsi dan peruntukannya masing-masing sehingga tidak bisa disalahgunakan karena dapat merubah makna. Berikut merupakan jenis tanda baca yang perlu kamu ketahui dalam bahasa Inggris:

1. Tanda Titik/Full Stop (.)

Jenis punctuation pertama yang wajib diketahui adalah tanda titik (.). tanda ini hampir selalu ada dalam setiap bacaan dan bersifat wajib untuk memisahkan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Tanda ini terletak pada akhir kalimat sehingga pasti memiliki fungsi sebagai penanda mengakhiri sebuah kalimat.

Penggunaan tanda titik terjadi pada hampir semua kalimat asalkan kalimat tersebut bukan merupakan kalimat Tanya atau pun seruan. Namun, ternyata ada beberapa kondisi khusus yang dapat menggunakan tanda titik (.) meskipun tidak terletak di akhir kata.

Salah satu kondisinya adalah untuk menggambarkan singkatan. Misalnya jika terdapat dua buah kata maka dapat menggunakan tanda titik (.) sebagai pemisah serta sebagai penutup. Contohnya adalah atas nama yang kemudian ditulis menjadi a.n..

Berbeda antara dua dan tiga huruf di mana untuk singkatan yang memiliki tiga huruf maka tanda titik (.) cukup digunakan pada akhir kalimat. Selain itu, tanda titik digunakan untuk membatasi singkatan gelar pada nama seseorang serta penulisan daftar pustaka. Aturan ini tidak hanya berlaku dalam bahasa Inggris namun juga telah berlaku di beberapa bahasa lainnya seperti bahasa Indonesia.

2. Tanda Tanya/Question Mark (?)

Tana dalam bahasa Inggris yang juga sering digunakan adalah tanda tanya. Tanda ini tentu tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai fungsi yang diberikan dalam bacaan. Fungsinya adalah untuk menunjukkan kalimat Tanya atau kalimat yang bersifat interogatif.

Selain itu, tanda tanya juga bisa digunakan untuk menanyakan sebuah jawaban beserta penjelasannya. Biasanya tanda tanya juga akan digunakan untuk menyatakan suatu kalimat yang kurang bisa dibuktikan kejelasan atau kebenarannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya ambiguitas pada suatu kalimat.

3. Tanda Seru/Exclamation Mark (!)

Tanda lain yang juga terdapat dalam bahasa Inggris adalah tanda seru. Tanda ini digunakan pada sebuah kalimat yang berisi ungkapan atau pertanyaan berupa seruan atau pun perintah. Tanda ini menggambarkan adanya kesungguhan, rasa emosi yang kuat, hingga rasa ketidakpercayaan.

4. Tanda Koma/Comma (,)

Keberadaan tanda koma (,) juga hampir sebanyak dengan tanda titik. Kehadirannya digunakan untuk memisahkan bagian dalam suatu kalimat. Tak hanya itu tanda ini juga digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat.

Tanda ini juga bisa digunakan sebelum tanda penghubung. Terdapat beberapa tanda penghubung dalam bahasa Inggris yang harus didahului dengan tanda koma seperti although, but, except, which, dan masih banyak lagi.

5. Tanda Titik Koma/Semicolon (;)

Tanda ini memiliki fungsi untuk memisahkan antara kalimat yang sejenis dengan setara.

6. Tanda Hubung/Hyphen (-)

Tanda ini digunakan untuk menghubungkan kata yang terpenggal karena adanya pergantian baris. Tak hanya itu tanda ini juga digunakan untuk menghubungkan beberapa kata yang digunakan secara berulang.

7. Tanda Petik/Apostrophe (‘..)

Tanda satu ini memiliki fungsi untuk memisahkan kalimat yang bermakna konotatif atau tidak sebenarnya.

8. Tanda Kutip/Quotation Mark (‘‘…’’)

Tanda ini berfungsi untuk menunjukkan kata-kata yang diucapkan oleh seseorang. Biasanya tanda ini juga digunakan untuk menspesifikkan sesuatu yang bersifat janggal.

Contoh-contoh Punctuation dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui masing-masing tanda baca dalam bahasa Inggris untuk memberikan pemahaman lebih lanjut maka harus menggunakan contoh. Berikut masing-masing contoh penggunaan tanda baca:

1. Tanda Titik

Untuk mengakhiri suatu kalimat:

  • He is going to have a birthday party 2 hour later.
  • He asked where his suitcase was.

2. Tanda Koma

  • Untuk mengganti kata dan. He is strong, healthy man.
  • Untuk menjelaskan bagian-bagian: There is such a fruit like banana, apple, mango, and strawberry.
  • Memisahkan tanggal, bulan, dan juga tahun: John met me on April 2, 2020, in Bali.
  • Memisahkan pernyataan dan pertanyaan: I can go, Can’t i?
  • Untuk mengontraskan kepunyaan: That is my money, not yours

3. Tanda Titik Koma

  • Untuk memisahkan dua kalimat namun tidak menggunakan konjugasi
  • Call me tomorrow; I will give you my explanation.
  • Untuk memisahkan kalimat awal dengan kalimat rincian: As we discussed, you will bring two items; fruit and vegetable.

4. Tanda Titik Dua

  • Untuk mengurai suatu daftar, contoh:

I want the following items: butter, flour, and sugar.

  • Untuk mengurai daftar dengan nomor, contoh:

The followings are required:

  1. Wool sweaters for cold weather
  2. Wetsuits for snorkeling
  3. Introduction to the local dignitaries

Mengenal tanda baca akan sangat membantu kamu dalam memahami setiap bacaan. Nantinya kamu tidak perlu meraba-raba terkait apa makna dan penjelasan suatu kalimat serta tidak meraba pemberhentian saat membaca suatu kalimat. Namun, kamu akan mampu memahami dan membacakannya sesuai dengan jeda dan makna yang sesungguhnya.

Tak hanya tanda baca, hal lain yang perlu kamu pelajari agar bisa membuat kalimat yang efektif adalah grammar. Salah satu grammar paling dasar dalam bahasa Inggris adalah tenses. Walaupun dasar, tapi banyak yang kesulitan loh untuk memahaminya. Namun, jangan khawatir, karena ternyata ada tips khusus belajar tenses supaya mudah dipahami.  Yuk simak caranya dengan membaca artikel Belajar Tenses Jadi Mudah Dengan Tips Ini.

Pelajari sekarang agar kemampuan bahasa Inggrismu semakin sempurna!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo