Logo Jagobahasa

Home » blog

Daily Routines: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Membuat teks daily routines merupakan salah satu cara efektif mengajarkan anak bertanggung jawab sejak dini. Di usia pertumbuhannya, anak memiliki kesempatan luas buat mengeksplor kemampuan. Mulai dari menulis, membaca, bercerita, dan mengelola waktu yang bisa diasah melalui belajar memahami konsep daily routines.

Apa Itu Daily Routines dalam Bahasa Inggris?

Daily routines atau rutinitas harian merupakan rangkaian aktivitas yang dilakukan secara berulang setiap hari. Aktivitas yang dilakukan mulai dari bangun tidur, mandi, sarapan, pergi ke sekolah, olahraga, beribadah, mengerjakan tugas, dan lain seterusnya. 

Membuat rincian aktivitas harian membantu anak belajar mengelola waktu secara lebih efisien. Mereka akan terbiasa mengatur skala prioritas pada tugas mana yang harus diselesaikan lebih dulu. Ini membantunya membangun rutinitas yang lebih teratur dan produktif sejak dini.

Membiasakan belajar mengelola waktu dalam daily routines membuat anak lebih fokus pada setiap tugas yang dimiliki. Merupakan sebuah kebiasaan baik yang perlu dikembangkan sejak usia dini agar lebih siap menghadapi banyak tantangan di usia-usia selanjutnya.

Anak jadi lebih mudah mengendalikan berbagai macam tanggung jawab tanpa perlu merasa cepat stres. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik berpengaruh pada kemungkinan penyelesaian risiko jangka panjang dengan lebih paham harus membagi seberapa besar fokus terhadap sesuatu.

Struktur dan Cara Membuat Teks Daily Routines

Membuat teks daily routines tidak sulit buat dipraktikkan. Struktur teks disusun dari beberapa bagian yang menyusun kegiatan sehari-hari secara sistematis. Poin yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Introduction, berisikan pengenalan singkat mengenai pentingnya rutinitas harian. Pada bagian pembuka ini bisa dijelaskan secara singkat mengenai aktivitas seperti apa yang akan dibahas lebih lanjut.
  • Morning Activities, merupakan gambaran umum mengenai kegiatan di pagi hari. Anak bisa menuliskan aktivitas apa saja yang menjadi rutinitasnya, seperti mulai bangun jam berapa, memiliki kegiatan apa setelah bangun tidur, sampai kapan harus berangkat mandi, menyelesaikan sarapan, dan berangkat sekolah.
  • Afternoon Activities, menjelaskan aktivitas yang sering dilakukan anak saat siang hari. Biasanya tidak jauh dari sekolah, beristirahat, makan siang, sampai mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di luar jam belajar sekolah.
  • Evening Activities, dapat dijelaskan tentang rutinitas di siang hari. Seperti, jam berapa pulang sekolah, kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang sekolah, sampai apa yang dikerjakan di sore hari, baik melakukan hobi atau mengerjakan tugas.
  • Night Activities, berisikan kegiatan saat malam hari. Dapat dijelaskan apa saja yang dilakukan sebelum tidur, seperti kapan makan malam, menonton tv, membersihkan tangan dan kaki, gosok gigi, sampai beristirahat.
  • Closing, setelah menyelesaikan rutinitas sehari-hari, teks daily routines perlu ditutup dengan ringkasan singkat mengenai aktivitas yang dilakukan oleh anak. Bisa ditekankan juga sebuah kesimpulan mengenai pentingnya menjaga rutinitas yang bisa bermanfaat buat masa depan anak.

Teks sederhana yang bisa dibuat oleh anak melalui struktur dan cara pembuatan cukup mudah tersebut memberikan dampak jangka panjang yang menguntungkan. Mulai biasakan anak buat mengelola waktu pribadinya agar lebih terbantu mengatasi kemungkinan stres di masa depan.

Contoh Teks Daily Routines dalam Bahasa Inggris

Teks daily routines bisa ditulis secara khusus mengikuti fokus yang ingin dibahas. Tidak hanya aktivitas yang berlangsung setiap harinya, tapi juga aktivitas tertentu yang hanya bisa terjadi dalam kurun waktu tertentu. Berikut contoh teks yang mengenalkan kegiatan anak dalam mengelola aktivitas hariannya:

 

Introduction

Hello! My name is Tia. I am a student in elementary school. Every day, I follow a routine that helps me stay organized and enjoy my activities. Let me share my daily routine with you.

(Halo! Namaku Tia. Aku adalah murid di sekolah dasar. Setiap hari, aku memiliki rutinitas yang membantuku tetap teratur dan menikmati aktivitas. Ayo aku ceritakan rutinitas harianku.)

 

Morning Activities

I woke up at 6:00 AM. First, I brush my teeth and wash my face. Then, I get dressed in my school uniform. After that, I eat breakfast with my family. At 7:00 AM, I leave for school with my backpack ready for the day.

(Aku bangun pukul 6.00 pagi. Pertama, aku menggosok gigi dan mencuci muka. Lalu, aku mengenakan seragam sekolah. Setelah itu, aku sarapan bersama keluarga. Pukul 7:00 pagi, aku berangkat ke sekolah dengan tas ransel yang sudah siap untuk hari itu.)

 

Afternoon Activities

School ends at 1:00 PM. I come home and have lunch. After lunch, I usually do my homework. At 3:00 PM, I go to a tutoring class to improve my math and English skills. The class ends at 5:00 PM, and I return home.

(Sekolah berakhir pukul 1.00 siang. Aku pulang dan makan siang. Setelah makan siang, aku biasanya mengerjakan PR. Pukul 3.00 sore, aku pergi ke kelas les untuk meningkatkan kemampuan matematika dan bahasa Inggris. Kelas berakhir pukul 5.00 sore, dan aku pulang kembali ke rumah.)

 

Evening Activities

In the evening, I have some free time. I often spend this time on my hobbies. I like to draw, read books, or play outside with my friends. Sometimes, I also help my parents with household chores. At 7:00 PM, we have dinner together as a family.

(Di sore hari, aku memiliki waktu luang. Aku sering menghabiskan waktu ini untuk hobiku. Aku suka menggambar, membaca buku, atau bermain di luar dengan teman-teman. Kadang-kadang, aku juga membantu orang tua dengan pekerjaan rumah. Pukul 7.00 malam, kami makan malam bersama keluarga.)

 

Night Activities

After dinner, I take a shower and get ready for bed. I usually watch a little TV or read a storybook. At 9:00 PM, I go to bed. Before sleeping, I say my prayers and think about all the good things that happened during the day. Then, I close my eyes and fall asleep.

(Setelah makan malam, aku mandi dan bersiap untuk tidur. Aku biasanya menonton sedikit TV atau membaca buku cerita. Pukul 9.00 malam aku pergi tidur. Sebelum tidur, aku berdoa dan memikirkan semua hal baik yang terjadi sepanjang hari. Kemudian, aku menutup mata dan tertidur.)

 

Closing

This is my daily routine. It helps me balance my studies, hobbies, and family time. Every day is filled with learning and fun. I hope you enjoyed learning about my day!

(Inilah rutinitas harianku. Ini membantuku menyeimbangkan belajar, hobi, dan waktu bersama keluarga. Setiap hari penuh dengan pembelajaran dan kesenangan. Aku harap kamu menikmati mendengarkan tentang hari saya!)

 

Teks di atas merupakan contoh daily routines yang ditulis buat membantu anak terbiasa mengelola waktunya sejak dini. Buat Bunda yang ingin anak belajar lebih lanjut mengenai daily routines agar lebih siap menerima tantangan di masa depan. 

Buat Anda yang masih bingung berkaitan dengan cara mengajarkan bahasa Inggris pada Anak, tidak perlu risau karena di Jagobahasa ada program khusus anak pre school (3-5 tahun) English Whizz Kids dan program English for Kids untuk anak usia 6-12 tahun. 

Diajarkan langsung oleh para tutor profesional, membuat proses belajar berjalan dengan interaktif dan efektif untuk si kecil. Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan putra-putri Anda sekarang juga di Jagobahasa!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo