Logo Jagobahasa

Home » blog

Contoh Homonim, Homofon, dan Homograf beserta penjelasanya!

Pengertian dan Contoh Materi Homonim, Homofon, dan Homograph

Homonim, homofon, dan homograf dalam bahasa Indonesia pasti sudah sering dibahas. Bagaimana kalau ketiga hal ini berlaku dalam bahasa Inggris?

Yuk simak artikel berikut ini agar Anda lebih mengetahui homonim, homofon, dan homograf dalam bahasa Inggris!

Homonim

Homonim secara etimologi ternyata berasal dari bahasa Yunani loh, kata ini berasal dari dua kata yaitu homo dan anoma. Homo artinya sama dan anoma artinya nama. Jadi dapat diketahui definisi dari homonim itu sendiri merupakan sebuah kata yang memiliki pelafalan atau ejaan yang sama namun maknanya berbeda.

Jadi pada homonim untuk mengetahui makna dari kata tersebut, Anda harus mengetahui konteks kalimatnya secara utuh terlebih dahulu. Hal tersebut karena baik pelafalan maupun ejaannya sama jadi ketika Anda melihat sebuah kata, Anda tidak bisa langsung memutuskan makna dari kata yang berhomonim namun Anda harus mengetahui kalimatnya terlebih dahulu secara lengkap.

Contoh Homonim

Berikut ini contoh kalimat homonim yang bisa kamu pelajari

1. Menggunakan kata “bank”

  • The bank is located right next to the river
  • I need to deposit some money in the bank

Kata “bank” pada kalimat pertama artinya tanah yang terletak di pinggir area sungai, sedangkan pada kalimat kedua artinya tempat menyimpan uang.

2. Menggunakan kata “bat”

  • I saw a bat hanging upside down in the cave
  • Please hand me the baseball bat, we’re going to play a game

Kata “bat” pada kalimat pertama artinya kelelawar (nama hewan), sedangkan pada kalimat kedua artinya alat pemukul baseball.

3. Menggunakan kata “pen”

  • She used a pen to write a letter
  • he farmer built a pen to keep his livestock secure

Kata “pen” pada kalimat pertama artinya pulpen (jenis alat tulis), sedangkan pada kalimat kedua artinya kandang.

Homofon

Homofon sama seperti homonim yang berasal dari bahasa Yunani. Homofon juga berasal dari dua kata yaitu homo dan foni, homo artinya sama sedangkan foni artinya bunyi atau suara. Jadi yang disebut homofon merupakan sebuah kata yang memiliki tulisan huruf yang berbeda namun pelafalan dan membacanya sama.

Sama halnya dengan homonim, homofon juga memiliki arti yang berbeda dua kata tersebut. Hampir mirip juga dengan homonim, untuk membedakan kedua kata yang berhomofon jika tidak dituliskan atau diucapkan dalam kalimat yang lengkap Anda akan cukup kesusahan untuk mengidentifikasinya.

Contoh Homofon

Berikut ini contoh homofon dalam kalimat

1. Bee vs Be

  • I saw a bee buzzing around the flowers
  • Please be careful not to spill your tea

Kata “bee” pada kalimat pertama artinya lebah (nama hewan), sedangkan kata “be” kalimat kedua adalah to be (kata bantu).

2. Knight vs Night

  • The knight rode on a white horse
  • The night sky was filled with stars

Kata “knight” pada kalimat pertama artinya ksatria, sedangkan kata “night” kalimat kedua artinya malam hari.

3. Principal vs Principle

  • The principal addressed the students during assembly
  • The principle of honesty is important in life

Kata “principal” pada kalimat pertama artinya kepala sekolah, sedangkan kata “principle” kalimat kedua artinya prinsip.

Homograf

Homograf, secara etimologi juga berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata homo dan grapho. Artinya homo adalah sama dan grapho artinya tulis. Jadi istilah yang ketiga ini memiliki tulisan yang sama namun cara pengejaannya yang berbeda.

Dari ketiga istilah tadi, homograf merupakan kata yang sangat mudah dibedakan satu sama lain jika dibandingkan dengan homonim dan homofon. Hal tersebut karena jika disebutkan secara langsung, Anda sudah langsung mengetahui arti atau makna yang dimaksud karena pelafalannya yang berbeda.

Contoh Homograf

Berikut contoh kalimat homograf

1. Menggunakan kata “bass”

The bass in the lake was so big that it snapped my fishing line.

Kata “bass” bisa diartikan sebagai jenis ikan atau alat musik. Untuk konteks kalimat di atas adalah “bass” yang merupakan jenis ikan.

2. Menggunakan kata “lead”

The pencil contains a small amount of lead

Kata “lead” bisa diartikan memimpin atau timbal (unsur kimia). Untuk konteks kalimat di atas adalah “lead” yang merupakan unsur kimia, yaitu timbal.

3. Menggunakan kata “refuse”

Please dispose of the trash properly in the refuse bin

Kata “refuse” bisa diartikan akan menolak atau sampah. Untuk konteks kalimat di atas adalah “refuse” yang berarti sampah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ketiga istilah ini memang memiliki perbedaan yang cukup mencolok dan sangat mudah untuk dibedakan. Perbedaan lainnya dari ketiga istilah tersebut yaitu terdapat pada pelafalan, ejaan dan makna.

Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa pada ketiga istilah tersebut kata yang dimaksud pada homonim, homofon, homograf selalu memiliki makna yang berbeda. Hanya saja jika pada homonim dan homofon memiliki pelafalan yang sama lalu pada homonim dan homograf memiliki ejaan atau tulisan yang sama.

Nah, buat Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut soal pelafalan, yuk ikut kelas Jago Speaking! Lancar speaking English dengan cara yang menyenangkan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo