Logo Jagobahasa

Home » blog

Cara Jitu Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

Kemampuan bahasa Inggris harus ditingkatkan setiap hari karena kebutuhan penggunaan bahasa Inggris yang semakin meluas pada era modern seperti saat ini. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua negara di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, salah satunya Indonesia.

Lantas bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris? Penasaran apa aja? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cepat

Berikut ini cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang Jagobahasa rangkum spesial buat kamu:

1. Menentukan Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Tentukan tujuan belajar bahasa Inggris. Tanpa tujuan yang jelas dan spesifik, kamu hanya akan terombang-ambing tak karuan selama proses belajar bahasa Inggris.

Bukannya malah meningkatkan kemampuan, tapi jika tujuan kamu belajar belum ada justru malah buang-buang waktu saja. Oleh karenanya sangat penting sejak awal sebelum kamu belajar tentukan dulu tujuan kamu berbahasa Inggris.

Misalnya saja kamu ingin belajar bahasa Inggris fokus pada speaking saja karena memang ingin jago dan pintar ketika ngomong Inggris. Maka yang rencana yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar minimal 2 jam sehari untuk praktek dan belajar bagaimana cara pengucapan atau pronunciation yang baik.

2. Pahami Jenis-jenis Metode Self-Learning Bahasa Inggris

Memahami jenis-jenis metode self-learning adalah cara jitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Salah satu jenis self-learning yang sudah terbukti dan banyak diterapkan adalah metode self-regulated learning. Metode yang satu ini juga sangat memungkinkan untuk diterapkan dalam proses belajar bahasa Inggris.

Self-regulated learning adalah sebuah metode pembelajaran yang mana diri kamu sendirilah yang bertanggung jawab. Dengan kata lain, kamu harus memiliki kemampuan dalam mengaktifkan serta mendorong pemikiran, perasaan, dan tindakan yang telah direncanakan sebelumnya menjadi sebuah hasil akhir yang diinginkan.

3. Mencari Partner Praktik Terbaik 

Partner atau teman yang se-frekuensi sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Jika kamu memiliki partner yang baik, maka kamu bisa langsung mempraktekan apa saja yang sudah kamu pelajari dalam bahasa Inggris secara bersama-sama.

Dengan begitu kamu pun menjadi memiliki teman diskusi yang bisa saling mengoreksi dan menyemangati untuk terus belajar bahasa Inggris. Sehingga tidak heran jika hal ini menjadi cara jitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu lainnya yang harus kamu miliki.

4. Memberanikan Diri untuk Ngobrol Atau Berbicara Dengan Bahasa Inggris

Salah satu hal yang membuat kemampuan bahasa Inggris seseorang tidak berkembang adalah karena ia enggan atau malu untuk mempraktekannya. Padahal kunci dari belajar bahasa itu adalah harus sering-sering praktek karena bahasa memang diciptakan sebagai alat untuk berkomunikasi. 

Jika tempat tinggal kamu seperti Bali yang dekat dengan berbagai lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Tak ada salahnya untuk kamu memulai menyapa mereka duluan untuk kemudian berbincang-bincang dalam bahasa Inggris.

Namun jika tempat tinggalmu tidak memungkinkan untuk melakukan hal itu, maka kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bisa menyambungkan kamu dengan orang asing sehingga bisa mengobrol dalam bahasa Inggris.

5. Rekomendasi Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Inggris

Cara jitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu yang selanjutnya adalah dengan sering-sering menonton Youtube. Serius, saat ini banyak sekali channel youtube yang bisa kamu subscribe dan manfaatkan untuk belajar hal-hal baru seputar bahasa Inggris.

Daripada waktu dan kuota kamu dihabiskan untuk menonton sesuatu yang tidak jelas, mulai sekarang lebih baik digunakan untuk menonton channel edukatif yang akan meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Ada banyak sekali channel yang bisa kamu jadikan media untuk terus meningkatkan bahasa Inggris.

Berapa channel yang direkomendasikan untuk kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Jagobahasa
  2. English With Lucy
  3. BBC Learning English
  4. Speak English With Vannesa
  5. Linguamarina

6. Tambah Vocabulary Setiap Harinya

Harus diakui bahwa vocabulary (kosakata) menjadi salah satu hal yang harus kamu perbanyak ketika akan berbicara dalam bahasa Inggris. Semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang kamu ketahui apa arti dan maknanya, maka akan semakin mudah kamu memahami apa yang sedang dibahas ataupun dibicarakan. Lalu bagaimana cara menambah kosakata ini setiap harinya?

Kamu bisa mulai menuliskannya di buku khusus 2-5 kosakata baru yang belum kamu ketahui artinya. Agar lebih paham, buatlah 1-2 kalimat dari masing-masing kosakata tersebut.

Jika ini dilakukan dengan konsisten, berarti setiap bulannya kami akan memiliki 50-150 vocabulary baru. Inilah salah satu cara jitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu yang layak untuk kamu coba.

7. Mengikuti Les Bahasa Inggris yang Mendukung Kebutuhanmu

Belajar dengan berbagai fasilitas pendukung seperti yang disediakan tempat les tentu saja akan berbeda dibandingkan jika belajar hanya dilakukan secara otodidak. Walaupun keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi jika kamu memiliki uang berlebih sangat disarankan untuk mengikuti les bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Mungkin tidak bisa memetik hasilnya dalam waktu dekat. Namun suatu saat nanti kamu pasti akan bersyukur dengan keputusanmu yang memberanikan diri untuk ikut les tambahan agar skill bahasa Inggrismu terus meningkat.

Ngomongin soal tempat les bahasa Inggris, Jagobahasa punya banyak program yang bisa kamu pilih dengan segudang manfaat, salah satunya untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris.

Mulai harga 299k aja, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan intensif bersama tutor yang berpengalaman dan fleksibel karena diadakan secara online. Alhasil, kamu bisa belajar bahasa Inggris kapanpun dan di manapun. 

Tunggu apa lagi? Yuk gabung program Jagobahasa sekarang. Belajar mudah, menyenangkan dengan hasil yang maksimal hanya di sini!

Share:

Tinggalkan Balasan

Logo Jagobahasa Inspira

Kantor Pusat

Jl. Langkat No.99, Pelem, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64213.

Individual Program

Elementary School

Pre Teens

© 2024 Jagobahasa. All Rights Reserved PT Kreasi Media Solusindo