Logo Jagobahasa

Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Sejak Dini Dengan Permainan Ice Breaking “I SPY”

Belajar Vocabulary Bahasa Inggris Sejak Dini Dengan Permainan Ice Breaking I SPY

Mempelajari vocabulary dalam bahasa Inggris memang bukan hal yang mudah terutama bagi anak-anak. Bagi Anda sebagai orang tua atau guru, tentu perlu menyediakan media pembelajaran yang menyenangkan sehingga vocabulary anak semakin meningkat. Salah satunya menggunakan variasi permainan atau ice breaking bahasa Inggris. Permainan I SPY bisa menjadi salah satu referensi untuk bantu memperkaya vocabulary.

Apa Itu Permainan “I SPY”?

Permainan I SPY merupakan salah satu permainan yang cukup populer, tidak hanya pada jenjang sekolah namun juga banyak dimainkan untuk berbagai kalangan. Permainan ini bahkan tidak membutuhkan banyak peralatan dan dapat dimainkan di mana saja. Dengan minimal pemain sebanyak dua orang, Anda dapat memainkan game yang dapat mengatasi kebosanan.

Terdapat sejumlah sumber yang menjelaskan asal-usul permainan ini. Seperti The Oxford English Dictionary (OED) yang menyebutkan bahwa permainan ini pertama kali ada dalam karya sastra dari Rosamond Lehmann pada tahun 1946 berjudul “The Gipsy’s Baby”. Permainan ini juga dilaporkan sudah ada sejak tahun 1937 melalui publikasi di negara Kanada.

Jika dilihat dari konsepnya, permainan ini diyakini berasal dari spy-mania yang marak selama masa Perang Dunia II. Bahkan pada tahun 1985, salah satu artikel game menggambarkan permainan ini sebagai varian dari The Detective Game.

Hal ini terlihat dari apa yang para pemainnya sampaikan “I spy something, the color is …. Can you guess what I spy?” atau jika diterjemahkan “Saya memata-matai sesuatu yang berwarna …. Bisakah kamu menebak apa yang saya mata-matai?”

Manfaat Bermain “I SPY”

Secara umum, pemberi teka-teki atau yang disebut dengan Spy tidak dapat mengubah objek yang dipilih sehingga pastikan Anda memilih objek yang tidak banyak bergerak. Objek yang bergerak seperti tanda jalan tertentu bisa saja hilang dari pandangan para penebak. Lantas, seperti apakah manfaat dari permainan ice breaking I SPY ini?

1. Merangsang nalar anak-anak dalam memecahkan teka-teki

Secara tidak langsung, permainan I SPY banyak dipakai untuk melatih nalar seseorang dalam memecahkan sebuah pertanyaan, bahkan dapat membuat anak-anak tidak mengganggu orang tua mereka sejenak. Tidak mengherankan game ini banyak dimainkan anak-anak yang sedang dalam perjalanan jauh di mobil.

2. Anak lebih jeli tentang dunia di sekitarnya

Permainan seperti I SPY juga dapat digunakan untuk membuat anak lebih jeli terhadap hal-hal yang ada di sekitar mereka. Anak-anak dapat belajar mengenai warna, bentuk bahkan tekstur suatu benda sekaligus dapat menggunakan logika untuk menarik kesimpulan.

3. Menambah perbendaharaan kosakata

Meskipun terkesan sederhana dengan melakukan berbagai pengulangan, permainan I SPY justru dapat menumbuhkan kosakata anak-anak. Permainan ini juga dapat berfungsi sebagai selingan di waktu luang. Semakin banyak orang yang bergabung dalam ice breaking ini, permainan juga dapat dilakukan dalam beberapa putaran.

Cara Bermain Permainan “I SPY”

I SPY merupakan permainan tebakan yang sangat menyenangkan dan ramah keluarga. Permainan ini bahkan dapat dimainkan di hampir semua usia serta memiliki berbagai manfaat penting selain hanya untuk mengisi waktu luang. Lantas, bagaimana memainkan game yang satu ini?

1. Mengumpulkan para pemain

Langkah pertama, pastikan Anda sudah mengumpulkan minimal dua pemain untuk memainkan game ini. Tidak ada batas maksimal berapa banyak orang yang dapat memainkan permainan ini. Yang terpenting pastikan semua orang memiliki pemahaman yang sama terhadap dunia sekitar.

Anda juga dapat membagi beberapa orang dalam beberapa kelompok jika dalam satu ruangan terdapat jumlah anggota yang begitu banyak. Sebagai contoh jika dalam satu ruangan terdapat 40 orang, maka bisa dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing berisi 5 orang anggota.

2. Menentukan mata-mata pertama

Pada setiap putaran I SPY, akan ada satu orang yang akan menjadi mata-mata. Tentu saja orang tersebut harus memilih sebuah objek dan membuat pemain lain menebak objek apa berdasarkan petunjuk yang akan diberikan nantinya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi mata-mata pertama dalam permainan ice breaking tersebut. Sebagai contoh Anda dapat mengacaknya menggunakan kartu, memilih mata-mata berdasarkan urutan abjad, hingga memilih berdasarkan urutan tempat duduk.

3. Memilih objek yang akan ditebak

Sebagai mata-mata, Anda bertugas memilih sebuah objek dari lingkungan sekitar yang dapat dilihat oleh semua pemain. Meski begitu, ketika Anda sudah menentukan objek yang akan ditebak, jangan langsung katakan nama benda apa itu.

Sebagai gantinya, pikirkan objek tersebut untuk Anda sendiri, kemudian buat sejumlah karakteristik yang membuat objek tersebut patut menjadi perhatian. Ada baiknya jika Anda tidak menentukan benda yang bergerak dengan cepat sehingga objek tersebut tidak lewat begitu saja sebelum pemain lain sempat melihatnya.

4. Memberi petunjuk pertama

Langkah selanjutnya, pemain lain harus dapat menebak objek yang sudah Anda pilih. Untuk itu, Anda harus memberi informasi mengenai objek yang bersangkutan. Adapun beberapa petunjuk yang dapat digunakan seperti warna, tinggi, tekstur, bahan, berat, dan sebagainya.

Anda juga harus memberikan petunjuk dengan kalimat yang khas dalam permainan I SPY ini, yakni “Saya memata-matai dengan mata kecil saya, sesuatu yang …”. Jangan lupa menyelesaikan kalimat petunjuk tersebut dengan kata sifat yang menggambarkan keadaan objek tersebut, misalnya jika Anda memilih topi berwarna ungu, maka Anda dapat melanjutkan dengan kalimat “… berwarna menarik.”

Saat Anda mengucapkan petunjuk ice breaking tersebut, pastikan Anda menyampaikannya dengan keras dan jelas, namun jangan sampai Anda melihat langsung ke objeknya. Variasikan juga kalimat petunjuk tersebut, misalnya “Saya memata-matai sesuatu dan benda itu dibuat untuk membuat Anda hangat.”

5. Biarkan setiap pemain menebak

Petunjuk tersebut sudah pasti harus disampaikan satu kali terlebih dahulu. Selanjutnya, biarkan pemain lain menebak benda apa yang Anda deskripsikan. Jika mendekati benar, maka Anda dapat mengatakan “Hangat” hingga “Panas”, namun jika tidak Anda bisa katakan “Salah” atau “Dingin”.

6. Beri petunjuk lain jika diperlukan

Apabila para pemain tidak dapat menebak dengan benar pada petunjuk pertama, buatlah petunjuk lain yang lebih spesifik dengan satu kalimat tambahan. Sebagai contoh jika petunjuk pertama merupakan warna, maka petunjuk kedua dapat Anda sampaikan mengenai ukuran.

7. Pemain yang menebak dengan benar menjadi “Spy” berikutnya

Apabila ada satu pemain yang mampu menebak petunjuk tersebut dengan benar, maka orang inilah yang akan menjadi Spy berikutnya. Untuk mempersingkat waktu supaya lebih efisien, Anda juga dapat menggunakan stopwatch untuk menentukan berapa lama tebakan akan dilakukan.

Demikian beberapa informasi mengenai definisi dan cara memainkan game ice breaking I SPY ini. Ada baiknya Anda memilih benda yang tidak terlalu sulit dan masih rasional untuk ditebak. Nah, semoga bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang sedang mencari cara menambah kosakata Bahasa Inggris pada anak-anak.

Mau belajar bahasa Inggris secara mudah dan menyenangkan? 

Yuk gabung program English di Jago Bahasa!

Daftar Newsletter

Share:

Tinggalkan Balasan